Learn to Be A True Muslimah

Mahad Tahfidzul Quran Gratis untuk Putri?

Posted on: 14 November 2009

Bismillah..

Beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan sms berisi pertanyaan mengenai info ma’had tahfidzul quran gratis untuk putri di daerah jawa. Sedangkan yang saya tahu ya mahad yang ada di Solo, yaitu Ma’had Abu Bakar Ash-Shiddiq. Meski tidak gratis 100% tapi amat terjangkau.

Biayanya antara lain:

1. Uang pendaftaran : Rp15.000,00

2. Uang pendidikan : Rp. 150.000,00 (untuk 2,5 thn)

3. Uang nasyat (kegiatan) : Rp. 10.000,-

Nah, jika santri dapat menyelesaikan hafalan quran kurang dari 2 tahun, maka uang pendidikan ini akan dikembalikan.

Sekarang bagaimana dengan asramanya?

Insya Allah juga terjangkau, biayanya antara lain:

1. Uang sakan : Rp100.000,00 (dibayarkan sekali ketika masuk), uang ini digunakan untuk membeli peralatan2 di asrama, misal: rice cooker, rak sepatu, termos, dll yang nanti juga digunkan oleh santri.

2. Biaya makan per bulan : Rp. 40.000,00 – Rp. 50.000,00. Ini untuk biaya masak nasi, air, dan listrik. sedangkan lauknya beli sendiri. Tapi tidak perlu khawatir karena di dekat sakan ada warung yang muraah banget. Nasi plus sayur cuma seribu rupiah, nasinya cukup banyak n sayurnya bisa milih. Sedangkan warung-warung yang agak jauh dari sakan biasanya jualnya 1500 per bungkus / porsi (minimal). Selain itu, temen2 sakan biasanya sehabis pulang itu bawa makanan ke sakan untuk dimakan bareng2.

Untuk biaya tempatnya : gratis.

Untuk mahad tahfidzul quran yang gratis kemugkinan juga ada. ana nanya temen, ada yang gratis tapi untuk anak yatim.

Sedangkan mahad tahfidzul quran khusus putri dari AMCF (Asia Moslem Charity Foundation) yang ana tahu ya baru ada 2, satu di jakarta, dan yang satu ya yang ada di solo (Mahad Abu Bakar Ash-Shiddiq).

Alhamdulillah, mungkin ini yang baru bisa saya ceritakan. Semoga bermanfaat.

= = =

Salam ukhuwah dari Solo

Niken

About these ads

34 Tanggapan to "Mahad Tahfidzul Quran Gratis untuk Putri?"

Trima kasih banyak ats infonya, insyaalloh akan sy diskusikan sm adik dn kluarga, ane sblnya memang pernah dngar ttg ma’had AMCF sjak ane kuliah di surabaya, bahkan ana pernah ke ma’had Umar bin Al Khottob sby, skali lagi ana ucapkan juziti khoiron.

Waiyyakum, kalau mau ndaftar ke sana, Ma’had Tahfidzul Quran Abu Bakar Ash-Shiddiq membuka pendaftaran santriwati baru sekitar tanggal 1-5 Maret 2010. Ma’an najah.

Bismillah, Alhamdulillah terimakasih banyak atas info ukht, insyaallah bermanfaat buat ana dan keluarga.

ane ucapkan JAZAKILLAHU KHOIRON, mudah-mudahan info ttg tahfidz al Qur,an bermanfaat utk ana dan keluara.

Kalau ma’had putri yg dikelola AMCF di Jakarta, ma’had apa namanya dan alamatnya di mana? Ada tdk yg jurusan Bahasa Arab?
Israt, fb: israt damiarto abu saad.

dzunnurain …dekat universitas muhammadiyah jakarta….mahad tahfidnya ada,,lughoh
nya juga ada

Di Jakarta di Ma’had Dzinnurrain UMJ. Di Solo di Ma’had Shobron/Abu Bakar Ash-Shiddiq UMS. Di Sidoarjo di Ma’had Umar bin Khoththob UMS. Semuanya di bawah naungan AMCF

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. “Buat rekan-rekan ssm tahfidz”. Ane lagi kebingungan tuk share/muroja’ah sesama tahfidz di wilayah Jakarta -terutama Jakarta Selatan-. Rekan2 ada yang tahu ga di mana ane bs ktmu Individu atau institusi /lembaga yang bisa membantu ane menyelesaikan program tahfidz ane yg “UDAH BERANTAKAN”. Jujur saya pengen menjalin silaturahmi dengan siapa saja yang sedang berjuang menghafal kalamulloh, sebagai bahan motivasi menuju ridhoNYA. Mohon informasinya. Wassalamu’alaikum. By Muzi firdaus

insya allah ana siap

@ kang Muzi: daerah jaksel ada d jalan bangka 2. Masjid Al-Hikmah. Utk info lbh lanjutnya, silakan datang langsung saja ya ka :)

ukhti,boleh minta info tentang syarat2 pndaftaran? kalau dima’had umar batas usia smp 30th,di ma’had abu bakar gmn? jazakillah khoir

ana lihat di pamflet dulu ya ukhti.. insya Allah akan ana tuliskan lengkap.
iya, 30 tahun.. tapi ada juga yg di atas 30 tahun bisa masuk di sana. tinggal pinter2nya melobi ustadzah.. :) tentunya dengan alasan2 yg kuat dan rasional..

assalamu’alaikum afwan ana ukhti dari sragen ana dan tidak bermaksud apa apa. ana cman ingin minta nomer hp bwt ana cri info lbh lanjut tentang ma’had abu bakar krn ana juga ingin masuk tahfid di ma’had abu bakar.syukron

Bismillah..
Untuk syarat2nya bisa lihat di sini: http://nikenpuspitasari.wordpress.com/2009/06/29/program-tahfidzul-quran-untuk-putri/

Untuk no hp bisa menghubungi no ustadzah yang tertera.

bismillah, mau tnya, untuk ma’had putri di solo alamat lengkapnya mana ya? untuk pendaftaran baru dimulai kapan lagi? jazzakumulloh khoiro

Alamat lengkapnya bisa dilihat di Masjid Al-Manar Mendungan Rt. 02 Rw. 04 Pabelan Kartosuro 57162 (barat pasar Kleco)
Pendaftaran tiap hari \senin-\jum’at pukul 09.00-15.00, selain waktu ujian dan liburan.
Utk lebih jelas bisa datang hari itu atau tidak untuk mendaftar, bisa menghubungi ustadzah di (0271) 7011547, 081904542771 (pukul 20.00 – 21.00 WIB)

untuk angkatan 2012 buka bln apa yaa ukht?

1 November 2012 – 11 Januari 2012. Pendaftaran resmi tiap 6 bulan sekali. Tapi bisa juga mendaftar pada hari2 aktif biasa.. Sebaiknya sebelum memutuskan mendaftar, survei dulu ke beberapa pondok tahfidz, kira2 mana yang paling cocok dan mantap. Jangan lupa sholat istikhoroh dulu, ukhti.. OK! :)

assalaamualaikum
kapan waktu pendaftaran? syukron

Wa’alaikumus salam warahmatullaahi wa baarakaatuh. Antum di Brebes ya? Coba survei dulu di Masjid At-Taqwa, Panti Asuhan Muhammadiyah Batursari, Mranggen, Demak. lebih dekat.. Telp: 0852.9006.5383. Wassalam

kalo untuk k ma’had tahfizh yg d jakarta dzinnurain antum tau bukanya kapan dan programnya bgmna?
jazakillah.. :-D

Barangkali waktu pendaftarannya hampr sama, sekitar bulan Januari dan Oktober. Programnya sama, karena sama2 jaringan AMCF, target: hafal 30 juz dalam 2 tahun. Sedangkan teknisnya, mungkin berbeda karena beda pengajar..

klu mau msk skrg bisa ga ya?trus klu ga tinggal di sakan bisa ga ya?

insya Allah bisa ukhti. tidak harus tinggal di sakan.

bagaimana mengatasi males

amalku adalah sahabatku..

Andi.
mohon saran memilih pesantren tahfizh,???

Silahkan mencari informasi sebanyak2nya dari santri2 yang pernah belajar di suatu mahad tahfidz, misalnya tentang:
1. hari aktif masuk, berapa jam lama waktu setoran/ muraja’ah di mahad
2. bagaimana metode umum utk setoran dan muraja’ahnya.
3. target hafalan tiap bulan minimal berapa juz
4. pengajar tahfidznya menyimak satu orang atau beberapa orang sekaligus
5. apakah ada kegiatan pendukung yg lain selain tahfidz, misal: olahraga, muraja’ah kelompok, tasmi’, kajian dg takmir masjid, dan pelajaran diniyyah yg lain
6. bagaimana kondisi tempat/ma’hadnya. apakah di kota/ di desa, di tempat ramai/tenang.
7. bagaimana kondisi asramanya, berapa biaya hidup per bulan di asrama
8. bagaimana pengalaman santri2 belajar tahfidz di sana, kesan2nya, kisah suka duka, santri yang sukses, santri yang berhenti di tengah jalan, santri yg fokus tahfidz saja, santri yg nyambi kerja, santri yg nyambi sekolah dsb .. karena untuk mendapat kesuksesan banyak hal yang harus dikorbankan..

Oh ya, umumnya santri tahfidz itu sibuk dan menggunakan sebagian besar waktunya utk banyak berinteraksi dg qur’an. Jadi, kl mau berkunjung ke asrama utk mencari informasi ini, baiknya pas hari libur.

Intinya, di tiap ma’had umumnya ada sisi kelebihan dan kekurangan. Tinggal bgmn kita menyikapi dg bijak. Setelah dapat informasi, silahkan sholat istikhoroh agar dipilihkan yg terbaik oleh Allah utk kita. Ma’an najah.

Ada Ma’had tahfiz yg gratis 100% adalah mahad wadi mubarok di Bogor, di bawah naungan syaikh ali basfar nih situsnya….http://www.wadimubarak.com

moga bermanfaat !!

jazakumullah khairan infonya.. semoga bermanfaat bagi para pembaca.. :)

biaya per bulan di maba tahfidz demak berapa ukh ????

saya kurang tahu, mungkin kurang lebih sama dengan mahad tahfidz AMCF di Solo atau di tempa lain.. Untuk lebih jelasnya, datang saja langsung ke pondoknya atau menghubungi via telpon..

assalamu’alaikum ukh. Saya desi sekarang saya kuliah di-UIN Sunan Kalijaga
semisal saya sudah mulai tinggal disana tapi saya msh nunggu wisuda april….kira-kira bisa tidak

wa’alaikumus salam wr wb. Iya, insya Allah bisa, kalau ukhti tinggal di asrama.. Sekarang semua santriwati diwajibkan utk tinggal di asrama (atau boleh ngekost dekat mahad), tidak boleh nglaju dari rumah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 244,874 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 60 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: