Learn to Be A True Muslimah

Arti Namaku: Niken

Posted on: 21 September 2010

Bismillah..

Alhamdulillah, setelah puluhan tahun, akhirnya aku mengetahui arti dari namaku. Aku mengetahuinya dari ustadz yang mengajarku pelajaran Pengantar Ilmu Tafsir di Ma’had ‘Aly, Dr. Muhammad Kholiq Hasan Al-Qudsy. Saat itu ada tugas mengumpulkan makalah dengan tema yang berbeda-beda. Kalau saya amati, sebagian besar temanya hampir sama dengan judul bab di dalam buku ‘Ulumul Qur’an. Waktu itu saya membuat makalah dengan judul “Tafsir, Ta’wil, Perbedaan antara Tafsir dan Ta’wil”.

Alhamdulillah, akhirnya saya bisa mengumpulkan tugas tepat waktu.. meski dengan berbagai kesulitan dan perjuangan yang berat. Kenapa? Karena kami hanya diberi waktu seminggu dan harus menggunakan minimal 10 referensi/kitab. Untuk mendapatkankan referensinya saja butuh 5 hari (Senin-Jumat), 4 hari (Rabu-Sabtu) untuk membaca dan membuat makalah. Selain itu, tugas ini dikerjakan pada saat-saat kritis, yaitu ujian tahfidz di akhir semester. Kuliah Pengantar Ilmu Tafsir dimulai pukul 06.00 pagi pada hari Ahad, sedangkan makalah baru diselesaikan pada malam harinya.. dalam keadaan belum diprint. Awalnya bingung, diprint di mana, rental mana yang dah buka habis shubuh? Akhirnya Allah memberikan jalan keluar, aku mengingat salah seorang sahabatku yang sangat baik. Pagi-pagi jam 05.00 aku ke rumahnya untuk mengeprint tugas itu dan ia menyambutku dengan hangat.

Sekitar pukul 06.00, pelajaran pun dimulai. Ustadz menanyakan tugas pekerjaan kami. Saya dan beberapa teman mengumpulkan tugas. Ustadz meneliti pekerjaan kami secara cepat dengan membuka-buka halaman makalah. Kemudian beliau terhenti ketika memegang makalahku. Aku mengira beliau berhenti karena namaku berbeda dengan nama-nama temanku yang lain. Nama teman-temanku sebagian besar diambil dari Bahasa Arab, sedangkan namaku.. nama biasa.. bukan dari bahasa Arab.. Setelah melihat isi makalahku, beliau bertanya,

“Namamu Niken ya? Tahu ndak kata Niken itu artinya apa, dari bahasa apa?”, tanya ustadz kepadaku.

“Tidak tahu, Ustadz.”, jawabku.

“Nanya ke orang tua, kenapa ngasih nama itu.”, lanjut beliau.

“Orang tua saya juga tidak tahu arti nama saya, Ustadz.”, jawabku dengan rasa malu.

Lalu beliau memberikan jawaban yang selama ini kucari-cari. “Niken itu dari Bahasa Jepang, artinya menulis.”

“Ooo…”, hatiku senang karena akhirnya aku mengetahui arti namaku. Teman-teman banyak juga yang baru tahu saat itu. Kemudian ustadz memberikan penjelasan lebih jauh tentang asal kata ‘niken’.

Di rumah, aku menceritakannya ke ayah dan ibu. Komentar mereka hampir sama, arti namaku sesuai dengan diriku. Bahkan arti namaku sesuai pula dengan aktivitas keluargaku. Ayahku adalah seorang sekretaris RT, sedangkan ibuku juga sekretaris ibu-ibu PKK. Kalau aku sendiri, sering jadi sekretaris juga, termasuk sekretaris di organisasi kemahasiswaan Mahad Tahfidz Al-Manar.

Aku memang sangat suka menulis, tapi masih terbatas ‘mencatat’ dan menulis hal-hal yang kuanggap penting, belum sampai tahap menulis buku. Kalau datang ke kajian, biasanya aku sudah sedia buku dan pena kemudian mendengarkan dengan seksama sambil menulis isi kajiannya. Aku memiliki buku khusus untuk mencatat kajian. Sebisanya kalau ikut kajian maka yang ditulis adalah dalil-dalil apa saja yang dipakai, baik ayat-ayat Al-Qur’an ataupun hadits-hadits sehingga mengikuti kajian juga dapat berfungsi untuk memuraja’ah ilmu/hafalan yang pernah diperoleh dengan cara menuliskannya kembali.

About these ads

11 Tanggapan to "Arti Namaku: Niken"

pengen tau muasal kata niken

Kata ustadz, niken berasal dari bahasa Jepang. Tapi, tentu tidak murni “niken” gitu, tentu ada perubahan huruf atau kata karena masuk ke bahasa indo atau bahasa jawa. Untuk lebih lengkapnya mungkin perlu bertanya pada seorang profesor bahasa.. :)

oh iya, ana ingat, asal kata ‘niken’.. adalah ‘neken’, yang berarti = ‘tanda tangan’.. :)
apakah saya nanti menjadi orang yang banyak dicari tanda tangannya ya?

mbak, apakah anti yang kajian di penumping naik onthel itu, spertinya ana pernah berkenalan dengan anti

bismillah.. shahih, ukhti fillah.. ana memang hobi naik sepeda kalau pergi ke kajian.. :)
salam ukhuwah.. uhibbukum fillah..

hehehe, ini dia sepenggal kisah nan menawan…
ane jd tershibghoh stlh mbc tulisan anti, ane bisa mengatakan bhw anti mmpunyai bakat terpendam dalam hal tulis menulis,
wah, wah, wah… hnya satu kata untuk anti…
“BRILLIANT”

eh, ngomong2 jma’ah penumping juga ya!! ane juga lho!! hehehe

Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah ‘Azza wa Jalla.

saya suka nama niken, jauh sebelum baca blog ini kelak kalau anak saya perempuan tak kasih nama Niken. hehehe

Oh ya?? Semoga nanti putrinya bisa menjadi hafidzah.. Aamiin.. :)

sebetulnya ak sudah lama mencari arti nama niken tapi susah banget.

ortu ku selalu bilang, niken kusumawardani itu diambil dari nma tmen m2 yg pintar dan nama seorang putri majapahit. .
trima ksh atas infonya . . aj baru tahu kalo it arti namaku . . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 245,548 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 61 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: