Learn to Be A True Muslimah

Sanad Al-Qur’an Tertinggi di Indonesia

Posted on: 29 Juni 2012

Alhamdulillah, beberapa hari kemarin saya pergi ke Kota Batu di Jawa Timur, dekat kota Malang. Di sana pemandangannya sangat indah, sejuk, bersih dari polusi, dan tenang dari bising. Di sana saya bertemu dengan salah seorang hafidzah yang mengajar di SMP IT Al-Izzah. Kami pun berbincang asyik. :)

Alhamdulillah, Allah mendekatkanku dengan cita-citaku. Di sana ada pondok tahfidz yang dikelola oleh seorang hafidz bersanad ‘aly. Kata sahabat yang baru saja kukenal itu, hafidz tersebut memiliki makharijul huruf paling bagus se-Indonesia, namanya Ustadz Sufyan. Lalu ana pun bertanya, beliau punya sanad ke berapa? Saat itu sahabatku tidak bisa langsung menjawab dengan pasti, lalu dia mau menanyakan lebih dahulu kepada sahabatnya yang lain.

“Sanadnya ke-23, ukh.”, kata sahabatku.

“Masak sih, ukh. Setahuku, sanad tertinggi di dunia saat ini adalah sanad ke-27 atau ke-28. Pemilik sanad ke-27 aja sudah sepuh, dan mungkin hampir meninggal dunia.”, jawabku saat itu. (ternyata, pemilik sanad ke-27 di Syiria sudah meninggal tahun ini.. :( )

Ana kira sanad Ustadz Sufyan adalah sanad ke-23 seperti penuturan sahabatku. Namun, alhamdulillah, ada hamba Allah yang mau meluruskan dan inilah maksud tulisan ini ana tulis, untuk mendapatkan jawaban yang benar tentang jawaban sahabatku itu.

Ternyata, sanad Ustadz Sufyan adalah ke-27 atau ke-28, seperti komentar di bawah. Ini termasuk sanad yang sangat tinggi. Ana kira, sanad tertinggi di dunia itu hanya ada di negara Arab atau Timur Tengah. Alhamdulillah, ternyata di Indonesia juga ada hafidz beersanad ‘aly tingkat dunia. Ini artinya, untuk saat ini, Sanad Al-Qur’an tertinggi di Indonesia = Sanad Al-Qur’an teringgi di Dunia… :)

Bagi para hafidz/ah pemburu sanad, sebaiknya datang ke beliau untuk belajar sebelum ilmu itu dicabut. Karena dicabutnya ilmu itu dengan wafatnya para ulama. Memang tidak mudah. Saya berkata pada sahabatku, kalau orang sudah punya sanad itu, tidak ada satu pun kesalahan dalam hafalannya. Sahabatku itu pun membenarkan. Lalu sahabatku itu pun bercerita singkat. Salah satu yang sudah dapat sanad dari beliau adalah putranya.

Dari hafalannya yang 30 juz yang disetorkan ke Ustadz Sufyan itu, beliau hanya salah satuu saja, yaitu di madd-nya. Eh, diminta ngulang lagi dari awal. Padahal kalau kita di mahad tafhidz, biasanya disalahkan kalau itu berupa kesalahan jaliy (kesalahan yang jelas/nampak) saja.. atau pernah juga sebagian kecil dari kesalahan khafiy (kesalahan yang samar).. (tapi ini sangat jarang).

Yah, begitulah. Sangat sulit untuk mendapatkan keutamaan para ahlu qur’an ini, tapi tetap bisa diraih dengan doa, kesungguhan, ketekunan, dan kesabaran.. insya Allah.. bi idznillah.. Amin

About these ads

18 Tanggapan to "Sanad Al-Qur’an Tertinggi di Indonesia"

Salam, semoga Allah memudahkan ana, berkait tulisan anti di atas. Ana berencana menulis email untuk antum.

A Reza Fuadi

Ya, silahkan. Kalau mau membenarkan lagi dengan lebih detail. nikenfis@gmail.com

Alhamdulillah, penulis pernah berkesempatan beristifadah kepada beliau Ustadz Sufyan, dan meminta Ijazah kutubul ahadits, serta membaca Al-Qur`an kepada beliau.

Ana menyarankan tulisan ini untuk dipending (tawaquf), karena menurut ana, data yang antum sajikan salah fatal.

Menurut penuturan beliau kepada penulis, beliau memegang sanad ke 27 dan 28. Dan pada masa ini, sanad dengan thobaqoh seperti ini sudah termasuk `Awali (sanad sanad yang tinggi sekali). Tanpa perlu berlebihan menyebutkan sanad ke 23.

Mohon untuk di fahami,,,!

Alhamdulillah, sebenarnya inilah yang ana tunggu, ada seseorang yang membenarkan tulisan di atas. Karena sebenarnya ana juga ragu dengan jawaban sahabat saya. Untuk lebih jelasnya, insya Allah akan ana tulis ulang kronologi pembicaraan kami.

‘afwan ukhti,,,
mau tanya nie,bsa gak di ma’had abu bakar asshiddiq,,utk melancarkan al-qur’an????saya alhamdulillha sdah khotam,tpi,mau di lancarkan lagi..dan bsa gak di pondok itu sperti itu????waktunya satu tahun,karna tahun depan,saya mau kuliah….
bsa gak mbak sperti itu??????????
mhon jwabannya

‘afwan baru balas.. kalau tidak salah ana pernah menjawab pertanyaan seperti ini di komentar tulisan lain, di blog ini juga..
Iya, insya Allah bisa.. bahkan bisa kurang dari satu tahun, ada teman ana yang membuktikannya..

Namun, ukhti harus benar2 memahami peraturan2 di mahad agar bisa menyelesaikan dan melancarkan hafalan hingga 30 juz, misal:
-setelah setor juz 1-5, maka 5 juz itu harus dibaca sekali duduk baru diizinkan setor juz 6.
-setelah setor juz 6-10, maka harus membaca 5 juz sekali duduk 2 kali
(juz 1-5 dan juz 6-10), setelah itu baru diizinkan setor juz 11, dst..

untuk membuktikan kebenaran brita ini dpt kt liat dr ijazah/piagam sanadx. masing2 pemegang sanad dibri ijazah sanad. spti yg pernah kmi liat di salah sorang ust (snad 30). yg bliau ambil dr syekh Mahir (syria, sanad 29) yg saat ini sdg berkunjung di bbrp ponpes indonesia sblum ke malaysia

yang berkesempatan untuk melihat langsung ijazah sanad Ustadz Sufyan, tentu orang-orang tertentu, misalnya murid2 beliau yang sudah mendapatkan sanad dari beliau.. atau sahabat2 dekat beliau yang beliau izinkan..

afwan ukhti ane dari smp it ARJ jombang. ane mo nanya dimana alamatnya pondok ust sufyan. sukron

Alamat Pondok Darus Salam An-Nashr: JL.Raya Pandan Rejo, Bumi Aji, Batu-MALANG

afwan, tanya itu ust sufyan nur ya?

iya, benar sekali..

memang ada beberapa sanad dikeluarkan oleh mahad/pesantren di Indo yang ternyata kurang akurat, baik itu dari segi urutan maupun nama-nama guru/syaikh. mungkin karena kesalahan penulisan dsb. sudah banyak kajian tentang kritik sanad Al-Qur’an: ada urutan yang terlewat, nama/laqab/kunyah kurang tepat, dll. itu sebabnya terjadi kekeliruan mengenai thabaqat mujaz, menjadi lebih tinggi dari yang seharusnya, atau lebih rendah.

sanad `aliy memiliki banyak kriteria, ini dikupas antara lain oleh Imam Al-Jazari dan Imam As-Suyuthi.

adakah info mencari sanad yang belajarnya lewat skype jarak jauh???

ana belum tahu, ukhti..
kalau untuk belajar tahsin dan tajwid saja sih bisa.. tapi kalau untuk MENDAPATKAN SANAD setahu ana harus bertemu langsung dengan gurunya.. kalau lewat skype memang bisa melihat gerakan mulut, bibir, dan lidah ketika membaca alqur’an atau mengucapkan huruf.. tapi (barangkali) kualitas suaranya akan berbeda dibandingkan jika mendengar langsung dari guru tanpa alat perantara..

afwan, ada kaset atau CD murattal ustd Sufyan?

Ana tidak punya.. Sebaiknya mendatangi beliau secara langsung, baik untuk belajar, mengikuti kajian beliau, atau mendengar lantunan quran beliau ketika sholat..

apakah beliau masih di Batu (Kungkuk)?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 302,092 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 70 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: