Learn to Be A True Muslimah

Program Tahfidzul Qur’an untuk Putri

Membuka Pendaftaran Program Tahfidzul Qur’an untuk Putri

Ma’had Abu Bakar Ash-Shiddiq

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Kurikulum:

- dirancang untuk jangka waktu 2 tahun plus materi pendukung

- berbasis faham Salaf As-Sholeh

Syarat Pendaftaran:

  1. menyerahkan Foto copy KTP
  2. foto copy ijazah SMU / terakhir yang dilegalisir
  3. 2 lembar pas foto ukuran 3 x 4
  4. mengisi formulir pendaftaran

Syarat Penerimaan:

  1. Muslimah, taat, semangat mendalami AL-Qur’an, dan berkelakukan baik.
  2. Bisa membaca AL-Qur’an dengan baik.
  3. Diutamakan lulusan SMU & yang sederajat.
  4. Diutamakan tidak sedang menikah.
  5. Siap diasramakan.
  6. Siap mentaati semua peraturan ma’had.

Biaya Kuliah:

Uang Pendidikan          : Rp.150.000,00 (dikembalikan jika lulus ujian akhir)

Uang asrama                : Rp.100.000,00

Uang Pendaftaran         : Rp. 50.000,00

Waktu Pendaftaran:

- setiap waktu selain waktu ujian dan liburan.

Tempat Pendaftaran:

- Masjid Al-Manar Mendungan Rt. 02 Rw. 04 Pabelan Kartosuro 57162 (barat pasar Kleco)

Informasi Pendaftaran:

- (0271) 7011547, 081904542772 (pukul 20.00 – 21.00 WIB)

Waktu Belajar: Senin-jum’at :

Pagi      : 08.00 – 13.00 WIB

Siang    : 13.00 – 19.00 WIB

Fasilitas:

  1. Beasiswa Pendidikan dan Asrama
  2. Mushaf stabdart dan Al-Qur’an Terjemah
  3. Materi pendukung : Ulumul Qur’an, Tafsir, Tauhid, Ushul Fiqh

Kerjasama Asia Muslim Charity Foundation (AMCF)

dengan Pimpinan Pusat Muhammadiyah

= = =

NB: Waktu belajar di mahad al-manar untuk saat ini (2013/2014) pagi semua untuk semua ustadzah, yaitu:

- pukul 07.00 – dhuhur : tahfidz

- dhuhur – pukul 13.00 : durus idhofiyah

148 Tanggapan to "Program Tahfidzul Qur’an untuk Putri"

biayanya itu per bulan apa per tahun?
syukran
http://www.ibnuabuabdillah.wordpress.com

Itu biaya selama dua tahun. Kalau biaya per semester (biaya daftar ulang) hanya Rp10.000,- saja. Ini untuk biaya nasyat/kegiatan.

saya nyari pengajar tahfidz ke rumah untuk anak2 kok susah sekali ya.

bismillah.. kalau mencari pengajar tahfidz ya ke mahad tahfidz atau tempat2 kajian. barangkali ada murid tahfidz yang mau ngajar atau ustadz yang tahu info ini. memang jumlah penghafal quran itu sedikit, apalagi yang perempuan. Berdoa dan ikhtiar, semoga dimudahkan.. Kalau memang belum ketemu, berarti perlu memasukkan anak ke sekolah diniyah yang mengajarkan tahfidz.. atau sekolah Islam yang di sana ada program tahfidz juga.. Sahhalalloh umuurokum. Aamiin..

bismillah. biaya ma’isyahnya brp/bln? lalu apakah ada ikatan tugas sesudah khatam atau bebas saja? usul, guru2 tahfizhnya sangat bagus kalau dicantumkan.

biaya hidupnya sekitar 250ribu-300ribu tiap bulan dengan rincian: (1) 50ribu = biaya listrik, air, dan nasi selama sebulan; dibayarkan pada bendahara asrama (2) 150ribu = beli lauk dan sayur; jika tiap belinya 5ribu rupiah per hari; beli sendiri di warung dekat asrama (3) 50ribu-100ribu = untuk biaya beli sabun, fotokopi makalah pelajaran, dan lain2.

untuk yang biaya diatas itu apa harus segitu atau tergantung tiap individu?

untuk biaya listrik dan air sudah ditetapkan ukhti, kadang 50 ribu, kadang naik atau turun. Sedangkan biaya lain terserah individunya.. :)

Assalamu’alaikum

Mba, saya masih kuliah semester akhir di sebuah perguruan tinggi. masih bisakah setelah lulus nanti, mondok di sana?

Syukran

salam Ukhuwah ^^

Wa’alaikumus salam warahmatullahi wabarakatuh
Ya, insya Allah bisa. Salah satu hal utama: mendapat izin ortu. Baiknya ukhti minta izin ke ortu untuk mondok dengan konsekuensi tidak bekerja dan tidak menikah selama 2 tahun. Apakah itu diperbolehkan ortu ukhti? Kalau ukhti rajin dan tidak ada hambatan dari luar, insya Allah 30 juz bisa selesai di semester ke-3, sedangkan semester ke-4 untuk muraja’ah seluruhnya dan persiapan ujian.
Insya Allah ukhti nanti bisa hafal quran pada usia 25 tahun, sedangkan sisa umur berikutnya utk mengamalkan al-Qur’an.. indah, bukan? :)

Alhamdulillah ^^

ada no Hp akhwat yang bisa saya hubungi mba ??

insya Allah besok ana mintakan no nya ke teman yang tinggal di asrama..

Alhamdulillah, sudah ana kirim ke email ukhti..

asswrwb.Ning Annisa….saya perlu materi dan metode2 untuk menghafal Al-Qur’an, apa ada modul modulnya gitu?bisa di dapat kah?
wasswrwb

Wa’alaikumus salam warahmatullahi wabarakatuh..
Metode tahfidz biasanya sudah ditulis oleh para hafidz dalam bentuk buku. Coba antum pergi ke toko buku Islam, insya Allah bisa mendapatkan banyak judul di sana.

Ukhti,ana jg mnt nmr hp akhwat yg bs dhubungi dunk..ana pengen masuk situ jg..tp ana lulusan kuliah.kirim k email ana ya,,jazaakillah khoir…

thoyyib..

assalaamualaikum,,, afwan ana ingin tanya mahad tahfiz tuk akhwat yg di jakarta…. jga apakah bsa tuk usia 22thn???? tlong kirim informasi nya ke nmr 083890696598 …. sukron

wa’alaikumus salam wr wb. Insya Allah bisa, kan sama2 jaringannya AMCF. Kalau di Jakarta namanya Ma’had Dzu Nurain (pemilik dua cahaya). Silahkan dicoba.

dijakarta atau di tangerang atau didepok dimana alamatnya mba?? apa ada yang pulang-pergi atau tidak mondok?? kalau mondok 2 tahun ya, kalau tidak mondok berapa tahun ya mba kira2??

wah, ana kurang tahu infonya ukhti.. yang ana tahu pondok tahfidz LKID di Bogor, 2 tahun, mondok, gratis.. search aja..

Assalamu’alaykum..
ukhti antum punya informasi tntng ma’had dzu nurain gk?
apa metodenya sama sprti ma’had abu bakar? dan d asrama?
jazakillah khoir,

Wa’alaikumus salam wr wb.. Ana tidak punya infonya, ukhti. Sebaiknya ukhti berkunjung ke asrama tahfidz Dzu Nurain lalu berkenalan dengan salah satu santriwati di sana untuk menjadi sahabatnya. Insya Allah pertanyaan2 ukhti akan terjawab. Itulah yang ana lakukan sebelum ana masuk mahad tahfidz Abu Bakar.. :)

assalamua’alaikum.,
Bagi ikhwan yg mau tahfidz, silahkan daftar ke mahad umar bin khattab surabaya, insya Alloh mahad tahfidz terbaik putra saat ini untuk AMCF. Biaya gratis dan 2 pengajar dgn sanad tinggi dari syiria dan 1 dari kudus.,

Assalamu’alaikum ukhti….saya mau ty kalo utk anak SMA boleh ngg ya ikutan? Anak sy sudah dpt 10 juz, sayang bila SMAnya ngg ada tahfiz. Kira2 SMA di Solo yg ada program tahfiznya ada ngg ya utk putri? Mohon info dan balasan via email ya….Jazakillah

Apa ada beasiswanya? Untk santri dari pulau luar jawa?

Bismillah.. Setiap santriwati yang masuk asrama, otomatis dapat beasiswa, yaitu gratis ‘biaya tempat tinggal’ selama 2 tahun.. Itulah beasiswanya ukhti.. :)

kalau ma bwt putri ada ngggak ya

bismillah tolong diperjelas ukthy,,,mengenai pembiayaannya??

baiklah. biaya yang minim dalam sebulan, perkiraan saya:
(1) 50 ribu = iuran asrama = biaya listrik, air, nasi
(2) 60 ribu = beli sayur dan lauk = pagi seribu, sore seribu
(3) 40 ribu = beli sabun, fotokopi, air galon, dll
kalau qana’ah, insya Allah 150 ribu cukup utk satu bulan. Apalagi teman2 asrama banyak yang bawa makanan / lauk tahan lama / oleh2 khas tempat tinggalnya kalau habis pulang.. yang bisa dinikmati oleh banyak orang.. :)

Assalamualaykum uhktiy…ana dari malaysia..apa boleh jika saya dapatkan emel mu?

Wa’alaikumus salam wr wb. Iya ukhti, email saya: nikenfis@gmail.com
Logat antum logat Indonesia.. Saya juga pernah dapat email dari akhwat di Malaysia -dengan logat khasnya-, ada beberapa kata2 beliau yang kurang saya pahami.. :)

Subhanallah ya…
Semoga Allah mengizinkan ana masuk tahun ini…
Aamiin…

Aamiin.. Semoga Allah memberi kemudahan.. :)

Apakah formulir pendaftaran harus diambil ke Ma’had langsung?
atau bisa via online..??
Syukron..

Ya, kalau mendaftar harus ke ma’had langsung ukhti.. nanti sekalian langsung wawancara dengan Ustadzah Tri Maryani. Beliau yang biasanya melayani pendaftaran..

Ana boleh minta dikirim kontak Ustadzahnya? Info kontak yg tertera sdh tdk dpat dihubungi..
karena ana punya kesulitan, jadi ana agak kebingungan…..

Ini email ana areezhapoetry@yahoo.com
jazakumullah…

No nya masih aktif, ukhti. Kalau smsnya belum dibalas, barangkali lg sibuk trus lupa kl ada sms yg belum dibalas. Coba saja sekali2 sms lg di hari lain atau telfon beliau. Ma’an najah.
Oh ya, kl mau mendaftar tahun 2012 ini, baiknya sebelum Ramadhan agar bisa menyaksikan tasmi’ akbar pada pertengahan Juli nanti, insya Allah.

Ukhti Klo sdh menikah bs msk ndak?kmngkinan besar jg ndak bs ikt tinggal diasrama.gmn kebijakannya?dan adminnya gmn?

Bismillah. insya Allah bisa, ada teman saya yang sama2 di kelas pagi juga sudah menikah. Hanya saja, agar lancar tahfidznya, baiknya dapat dukungan penuh dari suami, misalnya: mau tiap hari ngantar ke ma’had pada hari aktif masuk (Senin-Jum’at), mengutamakan kegiatan tahfidz dari kegiatan lain dll.
Kalau ada pertanyaan lagi, silahkan hubungi no ustadzah di atas, no nya masih aktif. Sebaiknya menghubungi pada hari Sabtu dan Ahad, saat hari libur.. agar ukhti pun bisa mendapatkan jawaban yang memuaskan.. Ma’an najah.. :)

pendaftrannya dibuka kapan?

Kalau untuk mahad tahfdz, dibuka kapan saja pada hari aktif masuk (Senin-Jum’at) selain hari libur nasional, libur ma’had dan waktu ujian. Biasanya beliau ada di ma’had pukul 13.00-19.00 karena mengajar di kelas siang. Jadi, baiknya datangnya siang. Oh ya, baiknya telpon ke no ustadzah di atas dulu sebelum ke ma’had agar bisa bertemu karena kadang beliau masuk pagi kalau ada rapat.

Yassarakumullah….

Aamiin

afwan, klaw anak sma bisa’ gak masuk di ma’had ini….????
soalny,ada adik ana pengen menghafal,,,,,syukran

Sebenarnya menurut aturan tidak diperbolehkan, makanya beberapa waktu yang lalu kalau ada yang ndaftar tapi belum lulus SMA, tidak boleh. Namun, akhir2 ini ternyata ada juga yang tetep ndaftar dan akhirnya diperbolehkan ustadzah. Barangkali karena azzam untuk menghafal al-qur’an kuat dan bersedia tinggal di asrama (fokus tahfidz saja, tidak nyambi kegiatan lain).
Silahkan dicoba, insya Allah bisa karena beberapa murid baru di tahun ini juga ada yang mendaftar dan diterima. Ma’an najah.

afwan,g’ mana aja program harian.y…???
yakni program setoran menghafafa.y, murojaah.y n target-target.y,,,,atau ukhti kirim k email ana…..
syukran wa jazaakillah atas info.y ukhti…..

bismillah
target umum:
1. satu hari setor hafalan 1 lembar (=2 halaman)
2. satu bulan hafal 2 juz
3. satu semester hafal 7-10 juz sesuai kemampuan
metode muraja’ah:
1. satu hari muraja’ah 2 juz di depan ustadzah, berapapun jumlah hafalannya (utk yg sudah 2 juz/lebih)
2. syarat menambah hafalan juz baru: menyetorkan seluruh hafalan yang sudah dimiliki. misal: selesai juz 15, jika akan menambah juz ke 16, maka juz 1-15 harus disetorkan lebih dulu.. (atau bisa juga nambah hafalan juz 16 sekaligus menyetorkan seluruh juz yang dimiliki secara bertahap pada waktu yang sama)

Oleh karena itu, sangat dianjurkan kalau masuk mahad tahfidz, sebaiknya tidak disambi bekerja atau sekolah di tempat lain karena butuh waktu banyak bersama al-qur’an.

Assalamu’alaikum..
Afwan ustadzah, kalau misalnya udh lulus kuliah blh ikt program ini ga ya?
jazakillah.. :)

Wa’alaikumus salam wr wb. Boleh sekali, ukhti. Bahkan ana pun demikian. Asal siap tidak menikah selama dua tahun (=normal waktu tahfidz hingga lulus) dan tidak disambi bekerja atau sekolah.. agar bisa FOKUS shg hafalan kita mantap dan lancar.. :)

Mbak niken, untuk info mahad tahfidz terbaru bisa dilihat dimana nggeh?
jazakillah…

ana kurang tahu ukh.. coba nanti kalau ana balik ke solo lagi, insya Allah ana posting. secara umum, info mahad yag tertulis di sini tidak berubah. untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi no telpon ustdzah..

minta alamat lengkapx ukhty….

alamat lengkapnya sudah tercantum di atas, ukh..

assalamualaykum wr.wb
afwan liburannya sampai ba’da idul fitri sampai kapan d al manar?
jazakumullah.

wa’alaikumus salam wr wb
9 Juli – 10 Juli : tasmi’ akbar 30 juz + daftar ulang mahasantri
11 Juli – 21 Juli : libur akhir semester
23 Juli – 11 Agustus : masuk semester baru di bulan Ramadhan
13 Agustus – 25 Agustus : libur Ramadhan / Idul Fitri
27 Agustus : masuk setelah liburan
Semoga bermanfaat.. :)

afwan,ana boleh minta nomer hp ustadzah atau CP al manar nya?
tlong d kirim d email ana ya jazakumullah…

no ustadzah Tri (kelas siang) : 081904542772
no ustadzah Asni (kelas pagi) : 0271-2056997

jazakumullah,,semoga ana bisa ikut bergabung yaaa

alhamdulillah merupakan nikmat yg BESAR bisa berkumpul dengan temn2 yang berJIHAD serta GHIROH di (asrama)ALMANAR
DItunggu bagi yg mau menyusu^_^

Bismillah, doakan saya bisa menyusul kesana.. aamiin..

Aamiin. Sholat istikhoroh dulu ukh. Jika memang dipermudah oleh Allah (misal: dibiayai ortu, diridhai ortu, ada waktu/kesempatan full untuk menghafal), daftar aja ke sini. Sahhalallah..

assalamu’alaikum..ukh,,mau tanya..ana sudah semster akhir,,mau ikut..masih bisa gak ya??karena rumah Insya Allah masih lumayan dekat dengan ma’had…jika tak ikut asrama boleh tidak ukh??

wa’alaikumus salam wr wb. boleh ukhti

Assalamu’alaikum wrwb. senang sekali ana dapat info tahfidz putri udah lama ana pingin bergabung di pondok tahfidz tapi saat ini ana sedang kuliah di salah satu perguruan tinggi di Gorontalo skarang udah semester akhir insya Allah rencana lulus kuliahnya februari 2013 boleh nggak setelah lulus langsung daftar ke ma’had ini?

Wa’alaikumus salam wr wb. Insya allah boleh ukhti. Banyak juga teman2 yang dari luar Jawa. Hanyas saja semangatnya harus benar2 kuat, karena kebanyakan ingin segera pulang sebelum khatam hafalannya. Silahkan istikhoroh dulu lalu menghubungi ustadzah via telpon atau sms. Semoga dimudahkan urusannya dunia akhirat oleh Allah. Aamiin

ukhti annisa, tolong buka email, terimakasih

Alhamdulillah mbak muya sudah mendaftar dan februari insyaAllah mulai setoran. diakan dipermudah mbak. oya kebetulan muya sekamar sama fifi yang komen diatas. :-)
klo ke solo mampir ke sakan ato ke almanar mbak niken. di tunggu :-)

insya Allah.. :)

ass.wr.wb ukti saya minta tolong biaya keseluruhan?????

Wa’alaikumus salam wr wb. Kira2 biaya keseluruhan untuk bulan pertama jika ukhti baru mendaftar dan tinggal di asrama : Rp.150.000,00 + Rp.100.000,00 + Rp. 50.000,00 + Rp. 300.000,00 = Rp. 600.000,00
Untuk bulan kedua dst sekitar Rp. 300.000,00
Untuk tiap ganti semester, ada biaya daftar ulang Rp. 15.000,00
Insya Allah itu sudah mencukupi..

assalamu’alaikum ukh ana sudah hampir 7 tahun dijogya n kebetulan juga ana tinggal diyogya, ana lagi cari pondok atau ma’had yang bisa untuk fokus hafalan quran, karena dipondok yang saya tempati tidak terlalu fokus, ana sekarang lagi skripsi. ana ingin melancarka hafalan kembali karena hafalan ana banyak yang lupa, jadi ana pengen cari ma’had tahfidz, kalau ikut program 1 tahun bisa g ya? n mohon info pendaftarannya ukh? jazakillah…..

bisa, insya Allah. konsekuensinya ya sedikit istirahat dan sedikit bersenang-senang karena menggunakan sebagian besar waktu kita untuk al-Qur’an.. infonya ada di sini.

untuk pendaftaran tahun ini dimulai kapan ya ukh?

pendaftaran skrng hari senin-jumat sekitar pukul 12.30-18.00, sama ustadzah Tri Maryani (kelas siang)..kecuali pada hari libur dan ujian.. coba sms ustadzah kemudian telpon untuk memastikan.. hanya saja kalau kuota penuh maka baru mau dibuka pada bulan yg ditentukan ustadzah, makanya hubungi ustadzah nggih.. :)
semoga dimudahkan.
aamiin”

‘afwan kalu mau ikut disaat bulan puasa saja bisa g’ ya?

coba hubungi ustadzah lewat telpon pada hari Sabtu atau Ahad yaa ukhtii… karena yang memutuskan adalah ustadzah..

Ukhti, saya berencana ke tahfid setelah ujian semester 2. Saya berniat belajar semoga ada jalan kemudahan..

Aamiin. Semoga dimudahkan, ukhti..

ukhti,,,,,tapi saya dari umum, ibaratnya masalah agama sangat jauh sekali dengan kata bagus,,,,,tp keputusan saya sangat ingin menghafal al-qur’an (30 juz),,,,, apakah ana bisa diterima untuk belajar di sana?

insya Allah, ukhti. Diterima atau tidak biasanya bukan dilihat dari apakah seseorang itu sudah religius (dari pondok pesantren) atau masih awal belajar (dari sekolah umum misalnya), tapi ya dilihat bacaan qurannya, semangat menghafalnya, kemampuan menghafalnya.. dll yang merupakan hal2 yang diminta atau ditanyakan saat tes masuk saat wawancara dengan ustadzah..

kira2 sebelum ana kesana apa saja yang perlu dipersiapkan……?????

mBak Niken Ya?
Farida (Almanar 2008 s.d. 2010)

iyaa.. :)

mbak minta nmr HP nya dong, ana kangen, tlg dikirim ke emailq ya (Farida)

iyaa, alhamdulillah sudah ana kirim ukhti..

Assalamu’alaykum..ukhty.. bisakah kita ikut program tahfidz ini sekalian ikut program bahasa arab dan studi islamnya Ma’had Abu Bakar Ash-Shiddiq? barengan selama 2 tahun gitu? atau programnya ini sendiri2 semacam jurusan gitu? karena saya search di internet http://maba-solo.blogspot.com kok cuma ada info program bahasa arabnya ya.. terimakasih

wa’alaikumus salam warohmatullohi wabarokatuh.. sendiri2 ukhti.. yang dari mahad tahfidz amcf solo (putri) tidak membolehkan ndobel kegiatan, meskipun dengan bahasa arab..

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh,.
afwan kira2 jika ana dari umum apakah bisa belajar disana? bagaimana jika sudah menikah? dan ana masih kuliah di riau, tapi ana ingin tinggalkan kuliah ana untuk bisa belajar ke ma’had. terakhir hafalan ana 1 juz ana sangat ingin bisa menghafal qur’an dipondok lagi,jika dima’had tentu bisa lebih semangat. ana memilih di jawa berhubung suami ana sekarang domisili kerjanya dijawa barat. ana sudah bicarakan ini ke suami dan beliau mengizinkan
syukron atas infonya

Wa’alaikumus salam warohmatullohi wabarokatuh..
iyaa.. silahkan saja ukhti. insya Allah bisa, apalagi sudah dapat izin suami..
silahkan hubungi saja ustadzah.. semoga Allah mudahkan.. Aamiin.. :)

Mbak niken, afwan. nmr ukhty kok belum masuk ke emailq ya…

aslmualaikum,,,
ukhty sya Nurul dri lampung ingin mendaftarkan diri
tpi jrang2 buka internet . bsa mnta tlong infonya di kirim ke no Hp an? (085788245475)

Sebaiknya langsung menghubungo ustadzah aja ukhti (lewat sms atau telpon).. karena ana sudah tidak di mahad lagi.. cuma sesekali berkunjung ke sana..

assalamu’alaikum wr wb. maaf ukhti klo sblm habis masa 2 thn sdah khatam dan siap di tasmi kr 2 bs atau harus menunggu hbsnya wktu?

wa’alaikumus salam wr wb. kalau sudah khatam sebelum 2 tahun maka bisa langsung ujian niha-i.. sedangkan untuk tasmi’ akbar 30 juz selama 2 hari.. dilaksanakan 2 kali dalam setahun sesuai jadwal yang ditentukan ustadzah..

asslamualaikum …..kalok asramanya gratis gak ukhty.dn di tanggung gk perlengkapan ma’hadnya…dan kalu bolh tau bisa gak smbil kita kuliyah disana dan jurusan apa aja yang ada…??/ y kbetuln tiang dari lomok belum tau pasti tentang daerah sana..bisa d jlasin…syukrooon….

wa’alaikumus salam wr wb. untuk asrama, gratis tempatnya saja.. kalau biaya makan, listrik dan air kita bayar sendiri.. tapi cukup terjangkau ko.. insya Allah..
sepertinya tidak bisa ukh, kalau disambi kuliah.. harus fokus ngafal quran saja biar benar2 berhasil.. bi idznillaah.. :)

aslm, mbak..saya niat menghafal qur’an, tp sy kerja n sibuk ngurus rumah (punya baby). ada solusi nggak?

trus…sy pengen ikutkan anak sy yg skrg kelas 6 untuk belajar ngaji, kalo bisa hafal.
ada tempat yang amanah gak y? anak sy, putri.
tlg balas k email sy, mbk y…

syukron jawabannya…

sekarang ibu tinggal di mana dulu? kalau di Solo, ibu dan putri ibu bisa setoran ke Griya Qur’an Istiqomah. Alamat: Kadipiro, Rt 2 Rw 4, Banjarsari, surakarta.. (dekat persimpangan Joglo, ke arah utara, pilih jalan kecil sebelah kiri rel kereta api). Ada hafidzoh yang tinggal di sana dan siap menerima setoran hafalan dari masyarakat (kecuali hari Jumat). Semoga dimudahkan.. Aamiin..

assalamualaikum, kalau mahasiswa ums boleh ikut nyantri disini ? atau tidak ?

wa’alaikumus salam wr wb. iya, boleh sekali kalau sudah lulus.. karena di sini santri tidak boleh nyambi kegiatan lain, baik kuliah atau kerja formal.. semoga dimudahkan Allah ya ukhti.. Amiin.. :)

assalamu’alaykum warahmatullah wabarakatuh .. ‘afwan ukhty, ada informasi tidak, ma’had di jogja yg sistem nya mirip dengan ma’had abu bakar a ??

wa’alaikumus salam warohmatullohi wabarokatuh.. ana kurang tahu ukhti.. yang jaringan AMCF aja, mahad tahfidz putrinya cuma sedikit.. ada 6 mungkin.., 2 di solo, 1 di jakarta, dan kota lain yang ana blm update lagi. kalau nanya ustadzah mungkin tahu.. kalau jogja, setahu ana blm ada mahad tahfidz putri jaringan AMCF..

assalamu’alaikum, kalau untuk bahasa arab juga bisa tinggal di asrama ?

wa’alaikumus salam wr wb. iya bisa, ukhti… tapi asrama tahfidz dan asrama bahasa arab itu beda letaknya. asrama tahfidz dekat masjid al-manar, asrama bahasa arab dekat mahad lughoh..

Assalamualaikum..
ukh mau tanya, kalo kuliahnya di UNS, dan ikut tahfidz juga boleh?

Wa;alaikumus salam wr wb. Iya ukh.., bisa ikut di Ma’had Baitus Salam, cabang AMCF juga, khusus putri..

iya ukhti, sukron ;)

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh. Ukht, boleh dikirimkan no hp akhwat yang bisa dihubungi ke inbox fb saya? Kemudian, kalau misalnya dalam masa pendidikan 2 tahun, apakah diizinkan menikah?

Wa’alaikumus salam warohmatullohi wabarokatuh.. Mulai tahun ini diberlakukan aturan semua santri tidak boleh membawa hp, baik yang asrama maupun non asrama. Semua hp diserahkan pada ustadzah untuk disimpan, dan akan dikembalikan ketika sudah selesai. Jadi, kalau mau sms atau telpon, bisanya langsung ke no ustadzah. Untuk yang masih single WAJIB asrama, yang sudah menikah boleh tinggal di tempat suami dan tidak boleh membawa hp juga..

Ya, bisa saja sebelum 2 tahun itu anti menikah.. hanya saja sebelum menikah sebaiknya dibuat perjanjian dulu dengan calon suami anti untuk mendukung penuh dalam hal tahfidz (misalnya: diizinkan melanjutkan tahfidz di mahad, memberi waktu khusus utk menghafal, bersedia mengantar ke mahad tahfidz, dll) agar benar2 berhasil.. karena menghafal quran hingga selesai 30 juz, ujian nihai dan tasmi’ akbar itu banyak sekali rintangan/godaannya terutamma bagi akhwat yang sudah menikah..

Jazaakillahu khairon…..:-)

Assalamu’alaikum…afwn ana mau tanya kira2 tes untuk tulis.a d ma’had LKID apa sja??jazakallah

Wa’laikumus salam wr wb. ‘Afwan, ana kurang tahu ukhti.. Coba search aja, barangkali bisa ketemu.. Semoga dimudahkan ya ukh.. Aamiin..

assalamualaikum … saya baru lulus SMA thun kmrin … saya sedang mencari sebuah pondok tahfidz al qur’an ..apakah stlah lulus sma ni bsa masuk di tmpt ini.. dan jika ingin daftar .kpn pndaftran di buka dan mulai aktf tahfidz apa tahun ajaran baru. bsa tdk jika bulan2 ini saya sudah bsa masuk disana..terimakasih

wa’alaikumus salam wr wb.. Iya, insya Allah bisa.. langsung aja datang ke mahad untuk mendaftar..

assalamualaikum … afwan ana boleh mnta alamat pondok nya yg lengkap ga?? dan ana bisa minta no ustadzah yg dapat ana bisa hubungin . syukron .

wa’alaikumus salam wr wb.. Iya, ukhti.. alamat lengkap dan no hp ustadzah sudah ada dalam tulisan di atas: di tempat pendaftaran dan informasi pendaftaran..

assalamu’alaikum
kalo dari luar jawa gmn cara daftarnya ukh?

wa’alaikumus salam wr wb. cara daftarnya langsung aja datang ke mahad ukh.. atau ukhti telpon ustadzah dulu, apakah bisa mendaftar dan wawancara lewat telpon.. krn pendaftaran online tidak ada..

assalamu’alaykum,afwan ana mau nanya pendaftaran tahun ajaran baru 2014/2015 penutupan pendaftaran sampai tanggal berapa ?

wa’alaikumus salam wr wb.. setahu ana tidak ada waktu pembukaan dan penutupan ukh.. langsung datang aja pada hari senin-jumat sebelum atau sesudah dhuhur.. sebaiknya telpon dulu, untuk memastikan bahwa ustadzah hadir di mahad saat akan mendaftar dan saat itu tidak libur..

assalamu’alaikum ukh….gini kan ana juga pembimbing di asrama pondok yayasan,,,
klw ana ingin mendaftar, tp ana ndak tinggal d asrama gmn?
krn ana mnimbang juga,,,pembelajaran di sini bnyak dgn al-quran juga tp yg d utamakan aqida bukan tahfidz,,,walaupun tahfidz juka kami tekankan

wa’alaikumus salam wr wb ukhti.. iya, bisa ukh.. ndaftarnya di mahad Baitus Salam (belakang kampus UNS). Masuknya boleh tidak setiap hari tapi targetnya sama dg mahad Al-Manar Kleco: satu bulan hafal 2 juz. Jadi, kalau seminggu masuk 2 hari ya setorannya banyak, langsung 1/4 juz (misal). Untuk alamat lengkap dan informasi lain silahkan hubungi langsung Ustadzah Mukminah (085216670497).. Semoga bermanfaat.. Wassalam.. :)

assalamu’alaikum ukh, bagaimana jika saya masih semester 4, dan jadwal kuliah saya juga bisa terbilang padat, apakah bisa juga ?

wa’alaikumus sala, wr wb.. bisa saja ukhti menghafal quran sambil kuliah tapi sebagai tabungan hafalan dulu aja sebelum masuk mahad tahfidz.. dan hafalan itu perlu disetorkan ke orang lain yang baik bacaannya..
menghafal quran itu harus fokus dan butuh waktu yang cukup (banyak) agar baik hafalannya.. selesaikan dulu satu2.. agar semuanya berhasil dan waktu penyelesaian kuliah di kampus ataupun menghafal quran di mahad tdk terlalu lama..

Asslmkm,,ukhty apakah untuk daftar kesana ada bulan yg di tentukn,,apakh boleh,,kapan saja,,syukron

Wa’alaikumus salam wr wb. Tidak ada bulan yang ditentukan, ukhti.. Kalau mau daftar langsung datang aja ke sana pada hari efektif: Senin s.d Jumat pukul 08.00-13.00.. :)

Assalamu’alaikum…afwan ukhty seumpama mondok di sana trus nggak krasan gitu gimana,,,,?

Wa’alaikumus salam wr wb.. ya, sebaiknya curhat/konsultasi ma ustadzah dulu ukhti.. masalah yang kita hadapi itu apa.. barangkali ustadzah bisa ngasih solusi dan motivasi.. ustadzahnya enak ko diajak bicara..
kalau mau keluar pondok ya bisa aja ukhti fillah.., namun sebaiknya itu adalah pilihan terakhir..
Oleh karena itu, perbaiki niat kita dulu sebelum masuk pondok tahfidz sehingga niat itu benar dan ikhlas. Dengan demikian, menjadi mantaplah hati kita untuk memilih dan melaksanakan yang terbaik dengan selalu memohon pertolongan dan bimbingan Allah.. insya Allah kemudahan itu akan kita dapatkan..
sebaiknya dengan masuk pondok, keluarnya kita sudah mendapatkan ilmu dan kebaikan2 yang kita impikan dan cita-citakan.. :)
Mungkin kita perlu punya motto atau kata2 penyemangat agar kita bisa selalu berpikiran positif, misal: “berangkat membawa niat.. pulang membawa manfaat..” :)

amiin ukhti :)
dan terima kasih banyak buat motivasinya,,,,
..terus gimana caranya ana bisa masuk k pondok situ,,,
apa ada tes terlebih dahulu ukhti…?

iya ukhti, mulailah dengan bismillah dan kemantapan hati, lalu datang ke mahad untuk mendaftar.. tesnya baca quran dan wawancara sebentar.. serta ukhti akan diminta mengisi formulir.. kadang bisa langsung masuk besok harinya.. kadang nunggu pengumuman dulu baru masuk mahad.. untuk soal ini nanya aja langsung ke ustadzah karena beliau yang memutuskan dan yang lebih tahu.. sedang ana sudah tidak di mahad lagi..

sukron ukhti……
….terus ustadzah siapa yang bysa saya hubungi…..
ana mintak emailnya…..atau no.nya… yang aktif :)

Ustadzah Tri Maryani, ukh… no nya: 081904542772
ma’akin najah.. :)

…sukron ukhti.. :)
kalau ana boleh tau sekarang ukhti tinggal d mana,,,??

di Sragen ukh…

sekarang sudah tinggal di Solo lagi ukh.. :)

Assalamu’alaikum wr wb
ukh, sya mahasiswi di solo .. sy ingin sekali menghafal al qur an, tp waktu sy utk tinggal di sana tdk bs, ukh . pagi sampai siang sy kuliah, stlh magrib sampai pkl 8 sy ada kursus bhs ingrris tiap harinya. Adakah hafidzoh yg bisa membantu sy ? sy ada waktu selepas dhuhur sampai maghrib, ukh ..
mohon pencerahannya . trmksh

Wa’alaikumus salam wr wb. Iya, ada solusi ukh.. Anti setoran aja ke Griya Quran Istiqomah di Joglo. Di sana ada ukhti Fida, lulusan Ma’had Tahfidz Fathimah Az-Zahra.

embz,,,,
ukhti mohon do,anya…
insyaallah ana pengendz d ma’had almanar,…
semoga ana mampu…

ya, smg dimudahkan ukhti,, dan sukses hungga akhir, Aamiiin.. :)

assalamualaikum ukh , waktu pendaftarannya untuk tahun ini kapan yah ?

wa’alaikumus salam wr wb. waktu pendaftaran mahad tahfidz abu bakar secara resmi.. biasanya mengikuti waktu pendaftaran mahad bahasa arab abu bakar.. silahkan update saja infonya di internet..
hanya saja waktu pendaftaran mahad tahfidz abu bakar bisa lebih flexibel, bisa tiap hari (Senin-Jum’at, sekitar pukul 08.00 – 13.00).. yang penting bukan waktu liburan atau ujian.. segera aja datang ke mahad ukh.. sampaikan keinginan ukhti, misalnya ingin ikut tahfidz tapi mulai masuk mahad pada bulan tertentu yang akan datang..

Assalamualaikum. Sy ingin mendafatarkan keponakan yg baru sj lulus SMA 2014. Sy ingn tau infrms lbh lanjut. Mohon kirimkan ke email sy my.hunn@gmail.com. barakallah fik..

Sy sdh keliling mencari pondok tahfidz husus putri yg yg shar’i & terjangkau. Ingin tanya bagaimana model kepengasuhanx & bimbinganx, mungkin bs dijelaskan bagmn ustzah pembimbing mengajarkn/mnddk dari kegiatan pertama dimulai/bangun pagi – kegiatan akhir/istirahat malam. Mohon informasix.. alangkah baikx jk kami selaku wali calon santri diperkenankan untuk menghubungi pihak yg bersangkutan untuk konfirms lbh lnjt. Jazakumullah khoiran katsrn..

Ustadzah hanya membimbing kegiatan tahfidz dan pelajaran diniyah di mahad (masjid almanar), sedangkan untuk kegiatan di asrama, mulai bangun tidur, makan, istirahat, piket.. itu diserahkan kepada ketua asrama untuk mengaturnya.. sedangkan ustadzah hanya mengarahkan.. karena mereka sudah dewasa dan sudah bisa mandiri.. lagipula ustadzah tidak tinggal di asrama. begitu pula mahad tahfidz AMCF putra, ustadznya juga tidak tinggal di asrama putra.
Oh ya, murid2 yang menghafal di mahad ini sebagian besar adalah lulusan pondok pesantren yang sudah menjadi ustadzah di pondoknya. Jadi pengaturan cukup diserahkan pada organisasi di asrama.
Untuk konfirmasi lebih lanjut ibu bisa menghubungi no ustadzah yang sudah tertulis di atas.. :)

Assalamualaikum…..saya dari malaysia…saya nak bertanya jika sekiranya ada ke tempat pengajian tahfiz untuk kami menghantar pelajar kami dari malaysia ke Maahad tahfiz disana???terima kasih

Wa’alaikumus salam wr wb.. Ya, insya Allah ada. Silahkan menghubungi ustadzah Tri Maryani saja (081 904 542 772)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 275,774 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 67 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: