Learn to Be A True Muslimah

Tentang Niken

Posted on: 11 Juni 2008

Nama : Niken Puspita Sari

 

Hobi : Berkenalan (menjalin persahabatan), mendengarkan nasihat, memberikan nasihat dan motivasi, diskusi dan menulis karya ilmiah, pergi ke perpustakaan, menasihati kalbu, memperhatikan alam…

 

Motto : Dengan doa, keyakinan, kesungguhan dan kesabaran maka sesuatu yang nampaknya tidak mungkin akan menjadi mungkin.

 

Perihal yang disukai : suasana yang tenang, senyuman yang benar-benar keluar dari hati tulus, perilaku dan perkataan yang lemah lembut, kerapian, kebersihan

 

Perihal yang tidak disukai : suasana gaduh, tidak jujur, malas, perilaku kasar dan tidak sopan, tidak mengakui kesalahan, tidak sabar, kurang syukur, ruang yang berantakan

 

Email/Hp : nikenfis@gmail.com, /(no mobile)

15 Tanggapan to "Tentang Niken"

aww. ukhti af1 jddn….
ktk ana lg browsing, ktm ni blog. postinganya menarik n bagus, sebagus cita2 yg buat…(serius ga bercanda).
satu nasehat saja ( ktnya hobi dengerin nasehat..)
kewajiban nutup aurat it beda dgn kewajiban pake jilbab…
so.., berjibablah….(jgn marah ya….)

Na’am, ana pakai jilbab ko…🙂
Jazakumullah khair nasihatnya. Amin

Memang dalam pembicaraan sehari-hari umumnya masyarakat menganggap jilbab sama dengan kerudung. Anggapan ini kurang tepat. Jilbab tak sama dengan kerudung. Jilbab adalah busana bagian bawah (al-libas al-adna) berupa jubah, yaitu baju longgar terusan yang dipakai di atas baju rumahan (semisal daster). Sedang kerudung merupakan busana bagian atas (al-libas al-a’la) yaitu penutup kepala. (Rawwas Qal’ah Jie, Mu’jam Lughah Al-Fuqaha`, hal. 124 & 151; Ibrahim Anis dkk, Al-Mu’jam Al-Wasith, 2/279 & 529).

Jilbab dan kerudung merupakan kewajiban atas perempuan muslimah yang ditunjukkan oleh dua ayat Al-Qur`an yang berbeda. Kewajiban jilbab dasarnya surah Al-Ahzab ayat 59, sedang kewajiban kerudung (khimar) dasarnya adalah surah An-Nur ayat 31.

Mengenai jilbab, Allah SWT berfirman (artinya),”Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min,’Hendaklah mereka mengulurkan jilbab-jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ (QS Al-Ahzab : 59). Dalam ayat ini terdapat kata jalabib yang merupakan bentuk jamak (plural) dari kata jilbab. Memang para mufassir berbeda pendapat mengenai arti jilbab ini. Imam Syaukani dalam Fathul Qadir (6/79), misalnya, menjelaskan beberapa penafsiran tentang jilbab. Imam Syaukani sendiri berpendapat jilbab adalah baju yang lebih besar daripada kerudung, dengan mengutip pendapat Al-Jauhari pengarang kamus Ash-Shihaah, bahwa jilbab adalah baju panjang dan longgar (milhafah). Ada yang berpendapat jilbab adalah semacam cadar (al-qinaa’), atau baju yang menutupi seluruh tubuh perempuan (ats-tsaub alladzi yasturu jami’a badan al-mar`ah). Menurut Imam Qurthubi dalam Tafsir Al-Qurthubi (14/243), dari berbagai pendapat tersebut, yang sahih adalah pendapat terakhir, yakni jilbab adalah baju yang menutupi seluruh tubuh perempuan.

Walhasil, jilbab itu bukanlah kerudung, melainkan baju panjang dan longgar (milhafah) atau baju kurung (mula`ah) yang dipakai menutupi seluruh tubuh di atas baju rumahan. Jilbab wajib diulurkan sampai bawah (bukan baju potongan), sebab hanya dengan cara inilah dapat diamalkan firman Allah (artinya) “mengulurkan jilbab-jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Dengan baju potongan, berarti jilbab hanya menutupi sebagian tubuh, bukan seluruh tubuh. (Taqiyuddin An-Nabhani, An-Nizham al-Ijtima’i fil Islam, hal. 45-46).

Jilbab ini merupakan busana yang wajib dipakai dalam kehidupan umum, seperti di jalan atau pasar. Adapun dalam kehidupan khusus, seperti dalam rumah, jilbab tidaklah wajib. Yang wajib adalah perempuan itu menutup auratnya, yaitu seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, kecuali kepada suami atau para mahramnya (lihat QS An-Nur : 31).

Sedangkan kerudung, yang bahasa Arabnya adalah khimar, Allah SWT berfirman (artinya),”…Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya…” (QS An-Nur : 31). Dalam ayat ini, terdapat kata khumur, yang merupakan bentuk jamak (plural) dari khimaar. Arti khimaar adalah kerudung, yaitu apa-apa yang dapat menutupi kepala (maa yughaththa bihi ar-ra`su). (Tafsir Ath-Thabari, 19/159; Ibnu Katsir, 6/46; Ibnul ‘Arabi, Ahkamul Qur`an, 6/65 ).

Kesimpulannya, jilbab bukanlah kerudung, melainkan baju jubah bagi perempuan yang wajib dipakai dalam kehidupan publik. Karena itu, anggapan bahwa jilbab sama dengan kerudung merupakan salah kaprah yang seharusnya diluruskan. Wallahu a’lam.

Afwan Ukhti… postingannya bagus-bagus boleh copas gratis kan?

Silahkan, tapi untuk kebaikan ya..
Semoga bermanfaat dunia akhirat. amin
Wassalam

Subhanallah , makasih sobatku. Semoga kita menjadi sahabat baik yaa.

Ukhty,,an minta share nya buat manage wordpress dong ukhty…

Ukhty kaifahaluki? komentarku kok ilang ya??^_^ kunjungan baliknya ditunggu ukh n_n

Begini ukhti, komentar yang masuk akan muncul kalau sudah mendapat persetujuan dari pemilik blognya. Ini settingan default dari wordpress. Jadi, kalau ana sudah masuk ke blog lalu menyetujuinya, baru muncul, gitu… hihi…🙂
Tapi ana ke warnetnya ndak tentu, jadi mungkin baru 2 minggu setelah ditulis, baru kebaca sama ana… hihi… afwan ya..

subhanallah walhamdulillah …
lewat kumpulan tulisan ukhti ini … pun cita2 anti …
inspirasikan jiwa ini buat tuntaskan ikhtiar yang sempat redup… syukron jazakillah khairon. Wabarakallahu lakum wafikum.

aslm, ukhti,,, ana boleh minta email atau no. hp nya?

Bismillah, ana tidak punya hp, ukhti. Yang punya adik laki-laki ana. Kalau email: nikenfis@gmail.com

Salam persahabatan..🙂

Assalamualaikum … nice to read your blog

assalamualaikum,berawal dari mencari makna kata niken,smpailah pd halaman ini,dan sepertinya sampean tau,mohon kesediaannya untk berbagi…
trimakasih

Arti kata “niken” bisa dilihat di tulisan ana di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,001 hits
%d blogger menyukai ini: