Learn to Be A True Muslimah

Muslimah Open Source

Posted on: 21 Juni 2008

Pagi ini saya mendapat telpon dari pihak pengelola muslimah open source. Awalnya kaget dan takut, soalnya belum kenal. Beliau menanyakan tentang darimana saya mendapatkan brosur tentang program ini. Saya mendapatkannya dari Puskom UNS. Memang sudah agak lama, tapi di brosur itu tidak tertulis batas waktu pendaftaran. Jadi, saya tetap mendaftar ke nomor akhwat yang tertera di sana, yaitu nomornya Saudari Tyas. Eh, ternyata Saudari Tyas itu sedang menempuh S2 dan kuliahnya di luar kota Solo !

Mengapa tertarik ikut program ini? Saya merasa sangat membutuhkan segala macam ilmu tetang IT, internet, pemrograman, dan lain sebagainya, termasuk open source. Ada beberapa program ke depan yang ingin diwujudkan dengan keahlian di bidang ini. Misalnya :

  1. Membuat software perpustakaan. Perpustakaan adalah gudangnya buku-buku yang merupakan gudangnya ilmu. Kalau bisa nanti dibuat digital library yang online ataupun versi lain yang bisa diakses secara offline.

  2. Membuat software tentang pembelajaran berbagai bahasa di dunia, misalnya Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin, Bahasa Perancis, Bahasa Jerman, Bahasa Rusia, dan lain sebagainya. Diharapkan ini akan memberikan kontribusi kemajuan pendidikan bahasa bagi masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Tentu saja hal ini membutuhkan pihak lain yang mahir dalam bahasa asing, berarti saya akan meminta para sahabat saya yang sudah belajar berbagai bahasa ini.

  3. Dalam bidang sains, saya punya imajinasi membangun sebuah virtual library, dimulai dari laboratorium fisika, lalu ke ilmu-ilmu sains yang lain.

Wah, banyak sekali. Saya sadar ini program besar dan belum berpengalaman di bidang ini karena saya tidak kuliah di jurusan komputer. Tapi ada semangat, memulai dari yang kecil. Bukankah sesuatu yang besar itu dimulai dari hal-hal yang kecil??

Banyak contoh program-program besar yang berhasil yang bisa menjadi motivasi kita di bidang ini, misal : harunyahya dot com, pakdenono dot com, amazon dot com, perusahaan google dan yahoo, dan lain-lain. Nampaknya mereka bersusah-susah dahulu sebelum mencapai keberhasilan. Muslim itu kan optimis, jangan mau kalah di era

Oh ya, beberapa minggu yang lalu saya ikut seminar IT, pembicara yang kedua, yaitu Pak Trans Thamura mengembangkan software open source akuntansi, yang dapat didownload secara gratis di internet. Kemampuan software itu tidak kalah dengan software akuntansi yang sudah ada, bahkan bisa dikatakan lebih baik karena lebih lengkap. Memang ada kelemahan yang mungkin belum terpikir oleh pembuatnya yaitu membuat konversi satuan dari satuan perdagangan bukan SI ke SI atau sebaliknya. Namun, hal ini bisa diatasai dengan melakukan konversi sendiri di luar software.

Saya dengar, peraih nobel fisika di bidang IT juga ada (namanya kurang tahu). Beliau lah yang memulai membuat simulasi-simulasi percobaan dengan animasi. Nah, dari idenya ini, maka berkembanglah pembuatan simulasi-simulasi percobaan sains di seluruh dunia.

Nah, itu beberapa alasannya. Wah, sepertinya garis start sudah di depan mata. Berlomba-lomba dalam kebaikan yuuk… 🙂

3 Tanggapan to "Muslimah Open Source"

assalamu’alaikum…

wah, semangat yang luarbiasa nih mbak. btw, boleh tau ndak ya? link bwt software open source akuntansi – Pak Trans Thamura. jazakillah

wassalam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 821.174 hits
%d blogger menyukai ini: