Learn to Be A True Muslimah

Jenis Pertanyaan Ujian Tahfidz

Posted on: 24 Juli 2010

Bismillah…

Jenis Pertanyaan ujian tahfidz dari ustadzah bermacam-macam. Biasanya pertanyaan ini akan diberikan setelah kita selesai menyetorkan hafalan ujian 1 juz (juz baru) atau ketika ujian akhir (7/8/10/15/30 juz). Macam pertanyaannya antara lain:

1. Melanjutkan Ayat

Awalnya, ustadzah membacakan ayat tertentu, lalu kita membaca kelanjutan ayat tersebut. Biasanya, kesulitan di sini adalah ketika berpindah halaman, kalau belum hafal betul, harus berhenti bentar untuk mengingatnya. Biasanya kesulitan jenis ini karena seseorang menghafal dari halaman satu ke halaman berikutnya adalah ujung awal halaman saja. solusi : kita mengingat/menyambungkan antara ujung akhir halaman dengan ujung awal halaman setelahnya.

2. Membaca akhir surat

Misal : “Udzkuriy min akhirish shuroh al-qomar!” Biasanya ini adalah untuk pertanyaan ujian 1 juz yang dalam juz tersebut terdapat banyak surat, seperti juz 30, 29, 28, 27..

3. Membaca 2 ayat sebelum atau 2 ayat setelahnya

Salah satu cara agar bisa menjawab pertanyaan jenis ini adalah kita perlu menghafal dengan metode “menghitung“. Yaitu kita mengingat awal kata dari tiap ayat pada tiap halaman. Memang ada halaman yang relatif mudah diingat dengan metode ini. Contohnya pada halaman 68 pada Mushaf Madinah.

4. Membaca seluruh ayat-ayat mutasyabihat dalam juz yang diujikan

Misal pertanyaan ujian pada juz 30 :

-Ustadzah membaca “Innalladziina aamaanuu wa ‘amilush shoolihaati…“, lalu kita menyebutkan 3 ayat yang dimulai dengan ayat itu

-Ustadzah mambaca “Illalladziina aamanuu wa ‘amilush shoolihaati…”, lalu kita diminta membaca 2 ayat yang merupakan kelanjutan ayat tersebut.

5. Membaca ayat tentang kisah Nabi pada surat-surat yang telah dihafal

Biasanya ini untuk ujian 30 juz. Setelah selesai membaca Al-Qur’an bil ghoib selama 1 hari 1 malam (30 juz) atau 2 hari (15 juz), maka hari berikutnya santri akan diberi beberapa pertanyaan oleh ustadzah tentang banyak hal, termasuk tentang ini.

Baru ini yang bisa ana ceritakan. Alhamdulillah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 812.234 hits
Iklan
%d blogger menyukai ini: