Learn to Be A True Muslimah

Tips Menghadapi Masalah

Posted on: 8 Februari 2011

Seorang yang akan menghafal al-Qur’an, hendaknya menjauhi masalah yang akan dapat menyebabkan rusak dan beratnya hafalan. Mengapa? karena hal itu jelas akan mengganggu konsentrasi untuk menghafal sertta beratnya untuk bisa muraja’ah yang telah dihafal. Oleh karena itu, orang yang sedang menghafal perlu menghindari perdebatan, menghindari hutang, menghindari banyak musuh, banyak memaafkan dan menganggap orang lain adalah diri kita sendiri karena satu mukmin dengan mukmin yang lain adalah saudara. Maka selayaknya bagi seorang penghafal al-Qur’an untuk mengenali dirinya sendiri dan orang lain sebagaimana ia mengenali dirinya sendiri. Indah sekali ya..🙂

Beberapa tips menghadapi masalah antara lain:

1. Siap menghadapi baik yang cocok atau tidak cocok dengan keinginan kita.

Mengapa? karena hidup ini tidak selamanya cocok dengan keinginan. Buruk menurut kita belu tentu buruk menurut Allah, baik menurut kita belum tentu buruk menurut Allah. Oleh karena itu, tidak perlu banyak kecewa dengan kejadian yang pahit, getir, dan tidak enak bila kita sudah maksimal dalam iktiar, ibadah, dan meluruskan niat.

2. Ridho dengan apa yang telah terjadi.

Kita ini milik Allah. Allah berkuasa akan hamba-Nya. Terserah Allah jika hamba-Nya dibuat sehat, sakit, diangkat, diturunkan, dipuji, dicela, dan sebagainya. Namun, yakinlah bahwa takdir Allah bagi orang beriman itu semuanya baik. Jika diberi nikmat, dia bersyukur maka syukur itu jadi kebaikan. Jika diberi ujian, dia bersabar, maka sabar itu jadi kebaikan.

Kita menderita bukan oleh kenyataan tapi kita menderita karena tidak ridha dengan kenyataan. Kita sengsara karena tidak mau menerima episode yang ada.. padahal hidup ini indah. Mata indah dengan berwarna, telinga merasa indah dengan suara yang berwarna.. dan hidup pun justru menjadi indah dengan berwarna. Ada saat dimudahkan, sulit, dipuji, dicela, siangkat, diturunkan, sakit, sembuh dan seterusnya. Barangsiapa ridho dengan yang Allah berikan, maka Allah pun ridha padanya.

3. Jangan mempersulit diri.

Rumus dari Nabi Muhammad saw, “yassiruu walaa tu’assiruu” Mudahkan urusan! Bukan menyederhanakan atau mengentengkan masalah. Tapi jangan terjebak, mendramatisir, mempersulit, mempertegang, atau memperumit. Sebetulnya kita ini menderita bukan karena persoalannya tapi dramatisasi pikiran kita yang membuat kita sengsara.

Padahal Allah telah mengukur emua masalah yang menimpa kita, laa yukallifuLLAHU nafsan illaa wus’ahaa – Allah tidak mebebani seseorang kecuali sesuai dengan kesanggupan, baik beban dalam perintah agama atau dalam ujian kehidupan. Allah tahu keadaan kita, bahkan lebih tahu daripada kita sendiri. Allah Maha Tahu, Mha Adil, Maha Bijaksana.. tidak mungkin menimpakan pada kita ujian yang di luar kemampuan kita. Untuk itu, hadapilah hidup ini segetir apapun, sepahit apapun, sesulit apapun.. Hadapi, hayati, dan nikmati.. pasti ada hikmah di balik semua kejadian.

Ingatlah badai pasti berlalu, hujan pasti berhenti, malam pasti berganti menjadi siang. Pasti ada saatnya Allah menggilirkan kesulitan dengan kemudahan. Setiap ada masalah pasti ada jalan keluarnya. Mustahil ujian negara dibuat soal tanpa jawabannya. Mustahil Allah menimpakan ujian pada kita tanpa solusinya.

4. Evaluasi Diri.

Tidak kejadian sia-sia. Kaki menginjak paku dengan izin Allah pasti ada rahasianya. Boleh jadi itu adalah teguran dari Allah karena jarang melangkahkan kaki ke masjid, atau bisa jadi kaki ini pernah melangkah ke tempat maksiat. Tidak mungkin paku oleh Allah diizinkan menancap di kaki kecuali pasti ada hikmahmya Tiadalah Allah menciptakan seisi alam berikut dengan kejadiannya sia-sia.

Maka luangkan waktu untuk bertafakur, “Ya Allah, apa hikmahnya Engkau memberikan musibah ini menimpaku?” Makin berani kita membuka mata hati, makin hati kita jujur melihat diri, makin berani mencari tahu dosa dan kesalahan kita. Dengan tafakur dapat membuat kita banyak bertaubat karena semakin banyak melihat kesalahan diri.

Orang yang banyak bertaubat pada Allah inilah yang dijanjikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bahwa barangsiapa yang memperbanyak istighfar maka Allah akan melegakan hatinya, Allah akan memberikan jalan keluar dari kesempitannya, dam Allah mendatangkan rizki dari arah yang tida diduga-duga. Oleh karena itu, ketika masalah menimpa kita, cepat-sepatlah evaluasi apa dosa kita.. apa kesalahan kita. Tidak ada yang menyusahkan diri kita kecuali dosa kita sendiri. Orang lain tidak bahaya, yang berbahaya bagi kita adalah kelakuan kita sendiri, perilaku buruk kita sendiri. Oleh karena itu, marilah kita banyak-banyak menangis pada Allah..

5. Cukuplah Allah sebagai penolong.

Andaikan jin dan manusia bergabung seluruhnya untuk memberikan satu butir beras saja tetapi Allah tidak mengizinkan, maka nikmat itu tidak akan datang pada kita. Dan jika seluruh jin dan manusia bergabung untuk mencelakakan kita sedang Allah tidak mengizinkan, maka tidak akan jatuh sehelai rambutpun menimpa kita tanpa izin-Nya. Hanya Allah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Makin bersandar pada makhluk, makin gelisah. Tapi dengan bersandar pada Allah, akan dicukupi oleh Allah segala kebutuhan kita, dimana Allah yang lebih tahu kebutuhan kita daripada kita sendiri.

Oleh karena itu, makin berat persoalan yang menimpa, makin melilit kusulitan yang menghimpit, jangan lari kepada siapa-siapa. Karena orang lain hanya makhluk ciptaan Allah yang tidak bisa memberi manfaat tanpa izin Allah, tidak bisa memberi kemudahan tanpa izin Allah. Salah satu ciri orang beriman adalah ketika ia melakukan kesalahan, ia segera kembali pada Allah. Makin dekat dengan Allah, maka akan dibukakan jalan keluar oleh Allah. Indahnya..🙂

= = = =

Jarak antara masalah dengan solusinya bagaikan jarak antara kepala dengan tempat sujud kita saat bersujud kepada Allah..

4 Tanggapan to "Tips Menghadapi Masalah"

Assalamualaikum…izin copas ya artikel”nya..seblmnya terima ksh

makasih atas saran yang anda berikan smoga saya bisa merubah smua keburukan yg ada dlam diriku… ..

waiyyakum..

wahai masalah..aku punya ALLAH YANG BESAR🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,007 hits
%d blogger menyukai ini: