Learn to Be A True Muslimah

Tasmi’ Akbar 15 Juz

Posted on: 1 Maret 2011

Bismillah..

Ujian paling akhir di mahad tahfidz almanar adalah membaca al-qur’an (dengan hafalan) 15 juz sekali duduk 2 kali selama 2 hari. Pada tanggal 24-25 Februari 2011 kemarin, diadakan tasmi’ akbar. Salah satu teman karibku telah menyelesaikan ujian nihai tiap 10 juz (3 kali) di hadapan ustadzah. Kalau ana lihat nilainya, wew! Semuanya 100 (mumtaz), kecuali 2 juz saja, nilainya 98. Nilai 100 artinya tanpa kesalahan. Meskipun demikian, nilai bukan segalanya, ada tugas lagi selanjutnya: memahami, mengamalkan, mengajarkan, dan mendakwahkan.

Hari pertama tasmi’, dimulai sekitar pukul 05.45 berakhir sekitar jam 11.40. Dalam rentang waktu itu (ba’da shubuh – sebelum dzuhur) ia bisa membaca 12 juz (Subhanallah!). Jadi, setelah shalat dzuhur tinggal membaca 3 juz saja. Belum sampai pukul 14.00, ia sudah selesai hingga juz ke-15. Setelah tasmi’, kami makan bersama, menu istimewanya disiapkan oleh ibunda dari sahabatku tersebut, namanya Ibu Khuzaimah. Kata beliau, Khuzaimah itu ulama yang sangat suka bersedekah, beliau juga ingin memiliki sifat itu.

Pada hari kedua, tasmi’ dimulai pada waktu yang hampir sama, hanya saja sahabatku ini memilih untuk membaca lebih lambat dari hari sebelumnya. Mungkin karena pengaruh orang yang nyimak juga. Salah satu yang menjadi penyimak utama pada hari kedua ini adalah ana. Ia tahu kalau ana tidak suka mbaca cepat2. Pada hari kedua ini, ia menyelesaikan tasmi’ 15 juz yang kedua ba’da ashar.

Para ustadzah dan teman-teman banyak memberikan ucapan selamat padanya. Tentu sangat membahagiakan, bisa memetik hasilnya setelah lama bersusah payah. Ia mengkhatamkan dan melaksanakan ujian lebih cepat dari target (2 tahun). Ia mengkhatamkan hafalan pada semester dua, lalu muraja’ah dan ujian nihai di semester tiga. Alhamdulillah.. Semoga yang lain nanti bisa menyusul (termasuk ana..🙂 ). Amin

= = = = =

Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Ada kenikmatan setelah keletihan. Allaahu Akbar!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,001 hits
%d blogger menyukai ini: