Learn to Be A True Muslimah

Tips Menjaga Pandangan Mata

Posted on: 13 Maret 2011

Bismillah..

Ada beberapa tips agar kita bisa menjaga dan menundukkan pandangan mata, antara lain:

1. Membiasakan diri untuk memilih apa yang ada di sisi Allah daripada apa yang ada di sisi manusia.

Jika kita sudah terbiasa dengan kebaikan maka hati tidak akan rela untuk melakukan keburukan. Ia akan memberikan ‘alarm’ yang akan memberikan WARNING atau peringatan. Tergantung seberapa sensitif hati kita.🙂

Sedikit saja noda pada kain putih yang senantiasa dicuci dan dibersihkan, maka noda itu akan terlihat. Tapi jika kain putih itu tidak biasa dicuci, tentu noda-noda itu dianggap biasa dan bukanlah noda/kotoran. Demikian hati kita. Biasakan hati kita untuk dibersihkan dengan banyak berdzikir, istighfar, sujud, membaca Al-Qur’an dsb. Biasakan hati kita untuk memilih ketaqwaan daripada kejahatan / kemunkaran.

2. Merasa tidak butuh.

Apa sih yang akan diperoleh dengan mengumbar pandangan mata? Kenikmatan? Tapi hati-hati, ini kenikmatan yang menipu. Ketahuilah wahai saudariku, yang sebenarnya terjadi adalah bertambah/bertumpuknya dosa yang dilakukan oleh mata. Padahal, apakah engkau tahu? biasanya mata adalah pintu masuk pertama kemaksiatan2 yang lain, maksiatnya tangan, maksiatnya kaki,.. termasuk maksiat / zina hati.

Siapa yang butuh dosa?

3. Yakin bahwa Allah akan mengganti dengan yang lebih baik.

Barangsiapa meninggalkan sesuatu karena Allah maka Allah akan mengganti dengan yang lebih baik. Alhamdulilaah.. berita gembira nih..🙂.

4. Mengingat berbagai  manfaat yang didapat dengan menjaga pandangan mata.

Tahu ndak? Ternyata menjaga pandangan mata itu buanyak buanget manfaatnya lho! Misalnya: lebih mudah menyerap ilmu, menguatkan dan meneguhkan hati, membantu untuk membersihkan hati, membuat wajah dan hatimu menjadi ceria. Mau nggak hatimu selalu senang dan gembira? Mau dong…🙂

Mungkin ini dulu nggih.. Insya Allah disambung lagi.

Kalau ana menemukan tips lagi, insya Allah ana lanjutkan..

= = = = =

Hasbunallah wa ni’mal wakiil..

12 Tanggapan to "Tips Menjaga Pandangan Mata"

Terima kasih atas tip yang sangat bagus ini. InsyaAllah akan diguna pakai dalam kehidupan seharian kelak.

Waiyyakum ukhti fillah..🙂

Waiyyakum ukhti fillah..🙂

Subhanallah semoga bermanfaat

sukron atas tips tips’y…
tp ak sllu gugur ni dalam menjaga pandangan…
pdhl dlam pikiran saya, sy pngin gk terjrumus ke maksia.

sebaiknya pindah ke komunitas orang2 sholeh dan bersahabat dengan mereka

bagus

Syukran jazilan y ukhti..jazakallah khairan..
Ana pengen sperrti itu..tpi usaha dlu lah..mudah-mudahan bisa..

Aamiin.. semoga Allah menjaga kita semua,,

Alhamdulillah…,
makasih ya,mbak.
bantu banget.

iya, sama2 dek..

Subhanallah…
Sangat bermanfaat sekali,insya allah akan saya coba,selama ini ana selalu mengumbar pandangan yg membuat hati jd gelisah,bahkan pada duha dan qiyamul lail sy pernah memohon obat dr penyakit syahwat yg derita,mdhn mdhn ini adlh obat yg mujarab.
Mohon doanya ikhwan smg segera mendpt kesembuhan dr noda yg mengotori hati.

Fb:s satria wijaya/
Ssatriawijaya@ gmail.Com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,001 hits
%d blogger menyukai ini: