Learn to Be A True Muslimah

Rumahku Laboratoriumku

Posted on: 26 Maret 2011

Bismillah..

Kita sering mendengar kata “Rumahku Surgaku” di pengajian yang membahas tema keluarga. Bahkan ini menjadi nama suatu program di sebuah radio. Ko bisa ya, rumah seperti surga? Kalau ana dengar sih, rumah seperti surga, salah satunya karena peranan si istri/ibu yang hmm.. shalihah..🙂

Bagaimana dengan “Rumahku Laboratoriumku”? Ini sebuah imajinasi kecil di dalam benak ana. Menciptakan sebuah lab mini di rumah dengan berbagai bidang sains dasar.

Apa saja isinya?

Isinya tumbuh-tumbuhan (karena ana dulu sukaa bangeet sama Biologi), peralatan2 sederhana, dan peralatan2 modern yang sebenarnya tidak terlalu mahal tapi cerdas.

Bagaimana imajinasinya?

Lho, ko imajinasi sih? Iya, biasanya seorang peneliti itu memiliki imajinasi yang tinggi sehingga terciptalah suatu penemuan baru yang bermanfaat bagi banyak orang. Lab mini ini dibuat tujuannya adalah untuk MENJAGA ILMU dan sarana MENGAMALKAN dan MENGAJARKAN ILMU, terutama pada anak2 yang sering berkunjung ke sana.

Ada seseorang berkata, “Komputer, menyala!”, maka menyalalah komputer secara otomatis karena mendengar suara itu. Ko bisa? Iya, karena komputer itu telah dilengkapi dengan suatu program kecerdasan buatan untuk mengenali suara (automatic speech recognition).

Lalu anak-anak disuruh memilih penelitian (kecil) yang akan mereka lakukan hari itu. Mereka bisa memilih apa yang disukainya, misalnya: membuat pelangi buatan, membuat mikroskop dan periskop sederhana, membuat listrik buatan dari buah lemon untuk menyalakan lampu, menggambar bagian dalam dari berbagai macam batang tanaman dengan melihat pada mikroskop, membuat kincir bergerak dengan memanfaatkan perbedaan suhu panas-dingin suatu benda (termolistrik), menguji buah mana yang kandungan vitamin C nya paling banyak, membuat alat elektronik yang bisa mengeluarkan suara yang disukai ikan & bikin ikan2 mendekat, melihat berbagai simulasi fisika dari gerak benda2 langit di alam semesta, mengamati efek elektrostatis dengan generator Van de Graff yang bikin rambut jadi tegak..🙂

= = = = =

Jangan takut bermimpi!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,205 hits
%d blogger menyukai ini: