Learn to Be A True Muslimah

Ustadzah Luar Biasa

Posted on: 27 Maret 2011

Bismillah..

Pagi ini ana pergi ke tempat asrama tahfidz belakang UNS. Ana bersilaturahmi ke rumah ustadzah untuk membicarakan masalah tahfidz, pengalaman beliau, dan  izin ikut muraja’ah di sana. Aku perlu izin karena tempat tahfidz ana bukan di sana, tapi di Sukoharjo, masjid Al-Manar. Setelah mendapat tambahan ilmu dari beliau, aku berkunjung ke asrama untuk muraja’ah beberapa juz yang telah dihafal. Ustadzah menitipkan kertas yang berisi nama2 dan juz-juz yang harus dimuraja’ah anak2 asrama pada hari itu, nanti beliau menyusul juga ke sana untuk memantau kegiatan. Hari Ahad adalah hari muraja’ah seluruh hafalan yang telah dimiliki oleh anak2 asrama.

Sesampai di asrama, aku berkenalan dengan mereka. Mereka menyambutku dengan ramah. Kami sedikit berbincang lalu melakukan muraja’ah partneran seperti yang tertulis di kertas itu. Tidak terasa sudah sampai dzuhur

“Pokoknya, ustadzah di sini luar biasa!”, kata salah seorang sahabatku yang baru saja kukenal hari itu.

Aku bertanya tentang ustadzah ini, bagaimana mengajarnya, diajari apa saja, sudah sampai mana materinya, bagaimana bentuk pertanyaannya. Selain itu, kelebihan ustadzah ini adalah benar2 memperhatikan kondisi murid-muridnya. Bahkan yang memasak sayur dan lauk-pauk untuk anak2 asrama adalah beliau. Ha?? Komentarku kaget, karena ternyata makanan yang baru saja kumakan tadi adalah masakan ustadzah.

Selain mengajar tahfidz, beliau juga mengajar tahsin, mengajar ketrampilan / kerajinan tangan, memasak, dan menjahit. Pertanyaan ujian tahfidz dari beliau juga berbeda… benar2 istimewa! Bukan hanya melanjutkan ayat, tapi juga ditanya tentang nahwu sharaf (misal: kata ini termasuk jenis maf’ul  (obyek) apa?), tentang tafsir ayat (misal: apa tafsir dari “sibghotallah“?), dan tajwidnya (misal: hati2! bedakan antara idgham bighunnah dengan tasydid!; pada hata ini terdapat huruf isti’la’, apakah itu? sebutkan pula huruf2 isti’la’ yang lain!).

Pertanyaan yang beliau ajukan dalam ujian tahfidz bukan hanya dengan Bahasa Indonesia, kadang beliau juga menanyai muridnya dengan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, dijawab muridnya dengan bahasa yang sama pula.

Subahanallah, keren!

= = = = =

(Beliau adalah ustadzah ana saat semester 1 dulu)

1 Response to "Ustadzah Luar Biasa"

MasyaAllah! syabas buat ustazah yang luar biasa itu. Semoga Allah memberkati segala ilmu yang telah dicurahkan kepada anak2 didiknya dan dengan ilmu itulah nanti akan menjadi makanan dan pelindungnya di alam barzakh nanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,007 hits
%d blogger menyukai ini: