Learn to Be A True Muslimah

Belajar sampai Mimpi – Belajar dalam Mimpi

Posted on: 1 Mei 2011

Bismillah..

Ana mulai menyukai Fisika sejak SMA. Why? Guru Fisika ana sangat pandai! Beliau bisa mengetahui jawaban suatu soal hanya dengan melihatnya. Dan kemampuan ini beliau ajarkan pada murid-muridnya sehingga sebagian murid-muridnya pun memiliki kemampuan ini. Bukan hanya soal-soal pilihan ganda, bahkan soal uraian pun bisa diketahui jawabannya hanya dengan melihat soal, tanpa melakukan perhitungan di kertas. Lho, kok bisa? Iya bisa, karena sudah sangat terlatih dengan ratusan soal.

Ana sangat menyukai fisika, bisa juga dibilang, ana sangat mencintai fisika. Benar2 sejuk.. Karena saking sukanya, ana sering tidak tidur semalaman untuk memahami dan memecahkan persoalan2 fisika. Kalau ada soal yang belum bisa kukerjakan, maka aku akan menghafal soal itu beserta pilihan jawabannya, sehingga di manapun berada, aku bisa mengingatnya untuk dipecahkan/ diselesaikan. Jadi, ketika berjalan pun yang dipikirkan adalah fisika..🙂

Ibu dosen Fisika Kuantum pernah memberi petuah, kalau bisa, belajar fisika itu sampai mimpi. Ya, aku pernah mengalaminya.. Saat itu aku bermimpi sedang mengerjakan soal2 ujian 50 buah, lalu aku mengerjakannya dengan cepat dan bertahap. Alhamdulillah, saat itu aku yakin jawabanku benar. Tapi semakin lama, soal itu makin sulit, maka aku mengerjakannya dengan lebih pelan dan lebih hati2 lagi. Tapi karena aku mengurangi kecepatanku, akhirnya ada 3 soal yang belum terjawab, sedangkan waktunya sudah habis. Tapi jika aku tergesa2, maka kemungkinan jawabannya akan salah. Ya sudah, tidak apa, yang penting benar jawabannya (menurutku). Meskipun agak kecewa, tapi hatiku terhibur dengan pemandangan yang kulihat setelahnya. Setelah itu, aku memandang ke atas, aku melihat beberapa bintang yang gemerlap di langit, indah sekali..🙂

Ada cerita lucu, kadang ana tidak bisa membedakan antara kondisi tidur dan tidak tidur (mimpi atau bukan mimpi). Suatu saat, aku membuka mataku (bangun dari tidur), lalu hatiku bergumam, “Oh, ternyata aku tadi sedang tidur ya..? Kukira aku tadi sedang belajar.” Tapi suatu saat aku bergumam, “Oh, jadi aku tadi sedang belajar ya..? Kukira sedang tidur..”. Hehe.. lucu sekali ya!

= = = =

Dosen dari kalangan wanita yang bergelar doktor, saat ana kuliah dulu, hanya satu orang (kalau sekarang ada dua orang). Beliau juga pernah bilang kepadaku, “Sebaiknya kamu kuliah sampai S3”. Amin.. 2x Ya Rabbal ‘alamin..

2 Tanggapan to "Belajar sampai Mimpi – Belajar dalam Mimpi"

seandainya saya seberuntung anti.

Beruntung dalam hal apa ya?

Tinggalkan Balasan

Arsip

Statistik Blog

  • 513,205 hits
