Learn to Be A True Muslimah

Olimpiade Matematika – Klinik Pendidikan MIPA

Posted on: 18 Mei 2011

Bismillah..

Kemarin para guru di sekolah mengadakan acara pelatihan calon guru olimpiade matematika se-Eks Karesidena Surakarta. Pembicaranya adalah Ir. R. Ridwan Hasan Saputra, M. Si. Beliau adalah trainer olimpiade matematika tingkat internasional dan pendiri Klinik Pendidikan MIPA di Bogor. Prestasi beliau sangat banyak, sampai kita sendiri lelah kalau membacanya..🙂 Selain itu, prestasi dari anak-anak didiknya juga luar biasa! Kecil-kecil cabe rawit.. anak-anak usia SD dan SMP bisa mendapatkan prestasi tingkat internasional dalam bidang matematika. (anakku nanti gimana ya? semoga juga pintar dan berprestasi, berakhlak mulia, berbhakti pada ortu, hafidz qur’an sejak kecil.. Amin.. 3x)

Acara ini dihadiri oleh 169 peserta (yang resmi mendaftar pada hari-hari sebelumnya). Ruang aula di lantai 2 sampai penuh! Komposisi peserta sebagian besar adalah para guru matematika, ada juga guru MIPA, atau bahkan orang tua murid. Peserta putra duduk di bagian depan, peserta putri duduk di bagian belakang. Ada dua layar dan proyektor, satu diletakkan di depan, yang lain diletakkan di depan peserta putri menyerong agar peserta putra dan putri dapat melihat dengan jelas.

Acara ini menarik perhatianku. Aku ingin mengikutinya dari awal hingga akhir dari pukul 08.00 s.d 16.30. Hanya saja ana hanya ikut (menjadi panitia) di bagian pertengahan s.d akhir acara. Why? karena di awal acara ada acara lain yang harus ana ikuti di lantai 1, yaitu Pelatihan untuk Trainer Pusdiklat AL-Abror dengan tema utama “Penguasaan Kelas Besar”. Ana tertarik dengan tema ini karena berkaitan dengan teknik atau mengajar di kelas. Dalam satu hari dapat dua jenis ilmu. Amin. Semoga bisa mengamalkan. Amin..

Di akhir acara, ada post test untuk guru2. Dari seluruh peserta yang hadir, hanya diambil 40-60 peserta untuk mengikuti pelatihan selanjutnya yang akan dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 20, 21, dan 22 Mei 2011 di SMP-SMA Insan Cendekia AL-Mujtaba (ternyata yang lolos ada 49 peserta..🙂 ). Coba ana ikut, lolos nggak ya? (obsesi: harus lolos dong!). Ana tidak ikut karena jadi panitia yang membagikan soal-soal test. Soalnya ada 10 soal isian dan 2 soal esay, waktunya 30 menit. Contoh-contoh soal olimpiade matematika dapat dilihat di sini.

Sebelum pulang, peserta (guru2) ditawari untuk mengikuti olimpiade matematika tingkat internasional di Australia. Berikut infonya:

= = =

Australian MAthematics Competition (AMC) akan dilaksanakan Serentak di Seluruh Dunia pada :

Hari/Tanggal : KAmis, 4 Agustus 2011

Waktu : Pukul 14.00 – 16.30

Tempat : SMP -SMA Insan Cendekia Al-Mujtaba Solo

Untuk wilayah Indonesia dilaksanakan juga di kota Bogor, Jakarta, Bekasi, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

– – –

Waktu, Tempat & Biaya Pendaftaran

Waktu : 17-31 Mei 2011

Tempat : SMP -SMA Insan Cendekia Al-Mujtaba Solo

Biaya : Rp. 175. 000,- / siswa

= = =

Siapa mau ikut?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,001 hits
%d blogger menyukai ini: