Learn to Be A True Muslimah

Hadiah Nobel di Kotak Pensilku

Posted on: 25 Mei 2011

Bismillah..

Hari Ahad kemarin, ana mengikuti training “Revolusi Diri Menuju Sukses” di Islamic Center, pembicaranya adalah Ustadz Muh. Fatahillah Suparman, Lc, S.Pd.I. Dari beliau ana belajar bahwa untuk menjadi sukses, salah satunya adalah kita harus mau membuang  “rantai gajah” yang ada di kepala kita.

“Maaf, saya belum membuang rantai gajah saya.”, kataku setelah mengangkat tangan. Aku belum membuang tulisan yang telah kutulisi hal terbesar yang menghambat kesuksesanku yang akhirnya disebut “rantai gajah” dalam training motivasi ini.

“Mengapa”, tanya beliau.

“Karena dalam kadar tertentu, rantai gajah ini diperlukan. Sedangkan jika berlebihan maka memang dapat menghambat kesuksesan.”, jawabku.

Lalu beliau memberi penjelasan sedikit dan meneruskan training. Beliau menyebutkan orang-orang besar yang berpengaruh di dunia yang telah membuang “rantai gajah” mereka.

Salah satunya adalah Pak B.J Habiebie.. J .. kalau dengar namanya, kita langsung ingat pesawat terbang. ..

= = =

Selain itu, agar dapat sukses, kita harus mau meninggalkan sikap murahan, yaitu 3M dan BEJ.

3 M: (1) malas, (2) menunda, (3) maksiat

BEJ : (1) Blame (menyalahkan), (2) Excuse (beralasan), (3) Justify (Membenarkan bahwa orang lain bias sukses dan membenarkan kenapa kita tidak sukses). Misal: O iya, tentu dia sukses, kan orang kaya, semua fasilitas terpenuhi. Atau: O iya, dia bisa sukses, kan orang miskin, jadi perjuangannya keras. Lha kamu? Saya orang menengah! Jadi ya tidak seperti mereka yang sukses.. (lucu ya.. 🙂 )

= = =

Lalu kita juga harus melaksanakan 3 As

  1. Kerja kerAS : fisik
  2. Kerja cerdAS : pikiran
  3. Kerja ikhlAS : hati

Dengan demikian, kita bias melakukan pekerjaan lebih produktif. Missal: bebannya bertambah dua kali lipat namun waktunya tetap sama, karena dilaksanakan dengan gembira dan penuh keikhlasan.

= = = =

Ada rumus “penumbuh motivasi” yang unik, yaitu:

M = TB x TH x V

M = motivasi

TB : To Be / cita-cita yang akan diraih (kok mirip nama blog ana.. ?? )

TH : To Have (memiliki harta atau kekayaan), di mana TH nanti diubah menjadi 1/TH agar ketika bekerja motivasi kita bukan hanya sekedar mencari harta saja.

V : valensi (total kapasitas diri).

Maksud dari rumus di atas adalah: jika To Be dan Valensi tinggi, maka motivasi akan tinggi dan To Have akan mengikuti.. 🙂

= = =

Dari penejelasan singkat di atas, ada 3 point (yang saya tangkap) agar kita bisa MEREVOLUSI DIRI MENUJU SUKSES, yaitu:

1- mau membuang “rantai gajah” yang menghambat kesuksesan kita

2- meninggalkan sikap murahan: malas, menunda, maksiat, suka menyalahkan, suka beralasan, suka membenarkan suatu keadaan dengan cara yang tidak tepat

3. bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas..

= = =

Dalam pelatihan itu, kami menulis goal terbesar dalam hidup. Saya menulis dua hal. Tapi beliau minta hanya menuliskan satu saja di balon yang nantinya kami tiup. Ya sudah, ana menulis satu hal saja sesuai dengan apa yang telah lama ana pelajari selama ini, yaitu fisika.

Balon itu harus kami tiup sampai meletus, maksudnya adalah untuk menuju kesuksesan harus mengerahkan banyak energi, sebagai simulasinya, energi untuk meraih kesuksesan itu adalah energi untuk meniup balon hingga meletus.

Ternyata tidak mudah! Karena ana tidak biasa meniup balon. Akhirnya dibantu oleh trainer dengan menusukkan bolpoin ke balonku. Meskipun aku tidak bisa meletuskannya dengan ushaku sendiri, tapi ada energi lain yang membantuku untuk meletuskan balon itu.

Balon itu sekarang kusimpan di kotak pensilku. Balon berwarna kuning bertuliskan ilmuwan fisika peraih hadiah nobel. Meskipun kadang aku tidak percaya diri, tapi sang trainer memuji pilihan setting goalku, “Ya, itu bagus, sudah spesifik.” Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah..

= = =

Di akhir acara, kami menuliskan beberapa setting goal kami masing2, beberapa maju ke depan untuk membacakannya di depan semua peserta (semua peserta adalah akhwat / ummahat). Ana termasuk di antara muslimah yang maju. Giliran ketiga, ana membacakan cita-citaku satu-satu, tentu salah satunya adalah hafal al-Qur’an, bisa melaksanakan ujian hafalan qur’an 30 juz dengan nilai mumtaz tahun ini. Aamiin.. Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin.

Memang kedatanganku ke pelatihan itu salah satunya adalah untuk merevolusi diri agar lebih bersemangat dalam mengkhatamkan hafalan qur’an.

= = =

Sebelum acara berakhir, kami diminta memberi saran, pesan dan kesan. Ana maju untuk membacakannya. (calon orang sukses harus suka maju ke depan kan..🙂 ).

Menurut saya, pelatihan ini hebat dan menggugah, dapat menambah rasa percaya diri dan benar2 memotivasi seseorang untuk merevolusi diri menuju sukses. Saya juga sudah membuang rantai gajah dari hati saya, meskipun secara fisik kertas tadi masih saya simpan.. Allaahu Akbar!!

Ana pulang membawa energi baru dan 2 doorprize dari panitia .. 🙂

Alhamdulillahirobbil ‘aalamiin..

2 Tanggapan to "Hadiah Nobel di Kotak Pensilku"

rantai gajah tu apa maksudnya ya..?

maksudnya adalah sesuatu yang sebenarnya tidak ada dalam kenyataan tapi ada dalam pikiran kita.. Gajah itu awalnya diikat dengan rantai gajah yang terbuat dari besi sehingga ketika lari, gajah itu terjatuh. KArena sudah lama tahu rantai itu menghambatnya, maka gajah itu lama-kelamaan tidak lari karena masih ada rantainya.. Beberapa waktu kemudian, rantai besi itu diganti dengan rantai plastik, tapi bentuknya sama. Si gajah mengira rantai besi itu masih ada (dalam pikirannya). Padahal rantai besi itu (dalam kenyataannya) sudah tidak ada/tidakmengikatnya. Padahal jika ia mau lari, rantai plastik akan hancur. Hanya saja, rantai gajah itu sekarang sudah berpindah, yaitu dari pergelangan kaki ke otak si gajah.. begitu maksudnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,007 hits
%d blogger menyukai ini: