Learn to Be A True Muslimah

Pesantren Kilat Ramadhan di Insan Cendekia

Posted on: 21 Agustus 2011

Bismillah.

Alhamdulillah, tanggal 17, 18, dan 19 Agustus 2011 kemarin (hari Rabu, Kamis, Jum’at) sekolah IC mengadakan pesantren kilat untuk para murid SMP dan SMA. Anak-anak tinggal di sekolah selama 3 hari 2 malam. Mereka dibekali ilmu2 agama dan materi2 yang menggugah hati dan membakar semangat mereka sebagai seorang pelajar dan pemuda.

Materi2 yang diberikan pada para murid antara lain:

1. Ideologi Islam

Di sini mereka diajari tentang makna cita2 yang hakiki dan apa tujuan hidup yang sesungguhnya.

2. Meng-up grade Diri dengan Sholat

Pada acara ini murid2 diajari bagaimana gerakan sholat yang benar sesuai sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam.. sejak takbiratul ihram hingga salam secara teori dan praktek. Misalnya:

-posisi telapak tangan ketika takbir, menghadap ke kiblat, boleh setinggi telinga, pundak, atau dada

-bagaimana merapatkan shaf: bagian sisi telapak kaki, mata kaki, betis, pundak.. saling menempel. Ujung2 jari kaki menghadap kiblat.

-bagaimana ruku’ dan i’tidal yang benar

-bagaimana duduk tahiyat awal dan akhir yang benar, posisi jari telunjuk ada 3 macam

-salam dan bacaannya

3. Adab Makan, Makan dan Minum Berpahala

Materi ini berisi berbagai adab makan sesuai sunnah dan bagaimana caranya agar mendapatkan pahal dari aktivitas makan dan minum.

4. Indahnya Berbhakti pada Orang Tua..

Banyak murid menangis ketika mengikuti kegiatan ini. Mereka diingatkan tentang jasa2 orang tua mereka dan contoh2 tentang anak2 yang durhaka dan anak2 yang berbhakti. Setelah mengikuti materi ini, ternyata bisa dirasakan bahwa berbhkati pada ortu itu benar2 indah..🙂

5. Nikmat Allah yang sangat besar

Murid2 diingatkan akan segala nikmat yang mereka miliki dan diperlihatkan anak2 di tempat lain yang jauh lebih menderita karena kekurangan makanan. Selain itu, merka juga diperlihatkan bagaimana kondisi pemuda di tempat lain yang gigih mempertahankan agamanya.

6.Wanita dan Haid (putri), Ihtilam dan Istimna’ (putra)

Pemateri acara ini adalah seorang dokter untuk mengupas masalah dari segi medis. Beliau juga ditemani seorang ustadzah yang membahas dari segi agama dan dalil2nya.

7. Pemuda Generasi Masa Depan

Materi ini benar2 sangat menggugah. Murid2 hampir tidak ada yang ngantuk karena slide presentasinya benar2 seru. Semangat mereka dinyalakan. Di akhir acara, ada renungan yang membuat banyak murid menangis menyadari apa yang telah lalu.

8. Lomba Membuat Kartu Lebaran

Murid2 benar2 kreatif. Bagus2 kartu lebaran yang mereka buat. Bahan utamanya kertas karton atau kertas asturo. Bahan penghiasnya kain wol, kancing baju, pastel warna, spidol, cat air, manik2, payet, dan bunga2 dari pita.

Selain materi, ada juga acara baksos ke lokasi PPAP Seroja, yaitu lembaga yang salah satu kegiatannya adalah menangani anak2 jalanan di kota Solo. Di sana kami bertemu dengan para pengasuh dan pengajar, serta anak2 yang semangat belajar namun tidak mampu sekolah. Di antara mereka ada juga yang mendapat beasiswa agar bisa bersekolah di sekolah dasar atau sekolah menengah.

Murid2 dibangunkan pada pukul 02.15 lalu mereka bersiap-siap untuk sholat tarawih berjama’ah. Entah kenapa yang ditunjuk menjadi imam sholat adalah murid SMA. Barangkali untuk latihan mereka juga. Tapi kalau shalat wajib, yang menjadi imam adalah ustadz yang biasanya.

Acara terakhir kegiatan ini adalah buka bersama dengan para wali murid. Kami berbuka puasa di lapangan rumput hijau di tengah sekolah. Lapangan itu dibagi dua, dipisahkan oleh kain hijab berwarna hijau sebagai pemisah tempat makan putra dan putri. Di sana sudah ada beberapa meja bundar berlapis kain putih yang dikelilingi oleh kursi2 merah. mirip seperti meja di restoran..🙂.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,205 hits
%d blogger menyukai ini: