Learn to Be A True Muslimah

Orientasi Santriwati Baru

Posted on: 14 September 2011

bismillah..

Alhamdulillah, kemarin hari Selasa (13/09/11) telah diadakan orientasi santriwati baru di mahad tahfidz almanar.. Kegiatan di ma’had almanar memang istimewa. Why? Karena kalau ada kegiatan, maka para santriwati akan membentuk panitia, lalu membuat ruang kelas yang luas itu menjadi ruang kegiatan yang indah dan sejuk.. dimulai dari membuat tulisan2 untuk background kegiatan, penataan sound system, dan penataan tanaman2 hias di dalam kelas.. dari tanaman kecil hingga tanaman yang cukup besar. Tanaman2 itu adalah tanaman2 hias masjid almanar yang dipinjam panitia..🙂 (Jadi, panitia harus ngangkat2 pot tanaman dari lantai satu ke lantai dua)

Acara dimulai sejak pagi hingga sore sekitar pukul 08.00 – 14.00. Peserta kegiatan ini selain para santriwati ma’had tahfida,juga para alumni yang sudah lulus dan diwisuda. Mereka memakai seragam berwarna ungu. Para panitia sibuk mengurus kegiatan ini.. ada ketua, pembawa acara dan seksi konsumsi yang mengurus snack untuk peserta dan pembicara. Pembicaranya adalah dua ustadz amcf, yaitu Ustadz Syukur dan Ustadz Sholihin.

Ustadz Syukur memberi taushiyah tentang apa itu AMCF dan rencana2 ke depan ma’had tahfidz yang berhubungan dengan dakwah dan pengajaran. Banyak dari alumni AMCF yang mengajar di berbagai daerah. Target ada 1000 huffadz, dan beberapa tahun ini baru terealisasi sebagiannya.

Ustadz Sholihin memberi nasihat kalau menghafal alquran itu jangan hanya sekedar hafal saja, tetapi juga dipahami maknanya.. trus nanti kalau sudah berumah tangga, jangan hanya ngurus hafalan saja tapi urusan keluarga terbengkalai.. misalnya yang pernah terjadi adalah ke mana-manaa.. megang quran terus.. muraja’ah hafalan terus.. tapi tidak tahu kalau anaknya.. masuk sumur. “Ha? benarkah seperti itu?”, tanyaku kaget pada sahabatku.

Acara lain adalah penyerahan ijazah kepada para alumni ma’had tahfidz. Ijazah asli dari AMCF Pusat dan beberapa copyannya yang sudah dilegalisir dimasukkan dalam map plastik bening. Ana meminjamnya dari salah satu sahabatku, memegang dan melihatnya, ingin juga bisa lulus dan dapat ijazah seperti itu.

Acara terakhir adalah pembentukan kepengurusan yang baru, baik pengurus ma’had atau pengurus asrama. Ketua ma’had yang terpilih adalah alumni UGM yang melanjutkan ke ma’had tahfidz almanar. Ia baru menjadi santri tahfidz sekitar tiga bulan yang lalu dan sekarang tinggal di kamar kos yang dulu kutempati di Kos Gamma dekat asrama. Sedangkan ketua asrama adalah alumni sebuah pondok pesantren di Jawa yang juga baru masuk beberapa bulan yang lalu. Salah satu peraturan untuk santri asrama adalah tidak boleh menghidupkan hp pada hari aktif masuk. Hp harus diserahkan ke ketua asrama untuk disimpan sementara agar tahfidznya tidak terganggu. Mereka boleh menghidupkan hp pada hari Sabtu dan Ahad untuk menghubungi keluarga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,007 hits
%d blogger menyukai ini: