Learn to Be A True Muslimah

Juara Karya Tulis Ilmiah

Posted on: 28 September 2011

Bismillah..

Alhamdulillah, ana ikut senang atas keberhasilan adik ana dalam memenangkan lomba karya ilmiah tingkat SMA se-Jawa Tengah di Ungaran. Insya Allah adik ana dan salah satu rekannya akan dikirim ke Jakarta untuk mengikuti kompetisi yang lebih tinggi, mewakili Jawa Tengah.

Makanya beberapa pekan ini adikku agak lebih sibuk dari biasanya. Ia sering lembur di sekolah, katanya mengerjakan makalah karya tulis dan presentasi power pointnya. Karya ilmiah adikku berisi tentang pemanfaatan sampah/limbah rumah tangga menjadi pupuk di sebuah kabupaten. Karyanya ini dibuat dengan metode studi pustaka dan wawancara langsung dengan nara sumber di tempat yang dijadikan objek penelitian.

Pembuatan karya ilmiah itu merupakan salah satu kegiatan wajib yang diadakan sekolah. Tiap kelompok terdiri dari dua orang. Sekolah mendatangkan pembimbing dari luar agar hasil karyanya benar2 berkualitas. Ternyata benar, program sekolah pun berhasil. Ada satu kelompok yang dikirim ke tingkat Jawa Tengah dan akhirnya menjadi pemenang. Alhamdulillah.. ini semata-mata adalah karunia Allah Subhanahu wa Ta’ala.

= = = = =

Ana teringat, dulu juga pernah ikut lomba karya tulis dan dipanggil ke Bogor. Saat itu lombanya adalah tingkat SMA se-Jawa dan Bali. Alhamdulillah, kami bisa presentasi dengan baik dan lolos lomba2 berikutnya. Kalau tidak salah, ada tiga lomba lagi yang harus kami ikuti untuk bisa maju ke babak selanjutnya.

Selain presentasi di depan para juri, kami juga harus mengerjakan soal-soal yang sangat banyak, membutuhkan waktu yang sangat lama dari pagi hingga sore mendekati maghrib. Selain itu, ada lomba unik, yaitu tiap peserta diberi kertas kosong dan diperintahkan untuk melakukan sesuatu seperti isi tulisan di dalamnya. Ada yang disuruh akting jadi penjual makanan, roti, dll.

Saat itu isi tulisan di tanganku adalah ana disuruh…. marah-marah selama 10 menit!! Masya Allah, ana benar2 diuji Allah. Padahal saat itu ana sedang mendalami hadits tentang menahan amarah.. Eh, malah disuruh marah2 tanpa sebab. Meskipun hanya pura2, ana tidak mau. Karena itu melanggar prinsipku, dan hatiku tidak mau melakukannya. Supporter yang mendukungku berteriak, “Ayo Nik, akting!!”. Ana hanya menggeleng. Ana tidak bisa. Lalu aku pun berpikir, bagaimana kalau hanya karena mempertahankan prinsip akhirnya aku kalah.. bagaimana kalau nanti kelompokku kalah gara2 aku..?  Padahal kan cuma pura2 marah saja.. Bukan marah beneran.. Akhirnya setelah waktu hampir habis, ana baru mulai berbicara.. mengucapkan sebuah kalimat, “Astaghfirullah, apa yang kamu lakukan.”. Setelah itu aku menangis dalam hati.. karena akhirnya.. aku marah..😦

Setelah itu, pengumuman babak selanjutnya. Nilai reguku selisih sedikit dengan kelompok yang masih bisa lolos ke babak final. Ya sudah… Mungkin salah satu point terendah adalah ketika lomba marah itu. Namun, alhamdulillah, tidak ada yang memarahiku saat itu.. alhamdulillah, tidak ada yang menyalahkanku..

Ketika pulang ke Solo, salah satu Pak Guru yang mengantarku dengan mobil sekolah berkata. “Ini lho, Ken.. yang namanya Jakarta.”. Maklum lah.. ana akan orang desa, tidak tahu kota besar. Saat itu malam hari dan kami pulang dari Bogor ke Solo melewati kota Jakarta. Karena malam hari.. yang terlihat hanya lampu2nya saja. Sekarang ini, Pak Guru yang mengantarku dulu menjadi Kepala Sekolah di SMA Al-Islam 1 Surakarta.

= = = =

Alhamdulillah.. Semoga nanti adikku nanti bisa lebih melejitkan potensinya. Aamiin..

 

4 Tanggapan to "Juara Karya Tulis Ilmiah"

Assalamu’alaikum wr wb
ukhti….

kalo berkenan, saya ingin diberi tips2 tentang karya ilmiah yang baik.
Saya tunggu….
Terima kasih….

Wassalamu’alaikum wr wb

Wa’alaikumus salam wr wb. Mungkin sedikit yang bisa saya tuliskan ukhti.. (1) bikinlah: judul karya tulis, intisari, dan awal2 paragraf itu adalah sesuatu yang HEBOH, DAHSYAT, HEBAT, TERKINI, dan SEMENARIK mungkin sehingga memancing juri itu membuka dan membaca karya tulis itu lebih dalam. (2) Gunakan referensi dari jurnal ilmiah terbaru, kalau bisa JURNAL ILMIAH INTERNASIONAL dari PAKAR ILMUnya atau dari Jurnal Ilmiah yang telah mendapat HAK PATEN. Referensi dari buku dan internet juga tidak apa, hanya baiknya jangan terlalu banyak dan benar2 bisa dipercaya (3) Gabungkan antara studi pustaka dengan PENELITIAN ILMIAH atau OBSERVASI di lapangan dan wawancara dengan narasumber terpercaya. (4) Isi karya tulis baiknya bukan hanya cerita/pendapat2, tapi juga FAKTA. bukan hanya data kualitatif, tapi juga data2 KUANTITATIF. (5) Gunakan foto/gambar dari hasil penelitian / observasi. Gunakan juga tabel, grafik, atau tabel. (6) Pelajari dan laksanakan aturan pembuatan karya tulis dengan sebaik2nya, misal: ukuran kertas, size, spasi, model cover, warna cover dll.. Semoga bermanfaat.

Saya dulu sangat suka membuat karya tulis. Bahkan ini hobi saya. Semoga nanti mendapat kesempatan lagi untuk sekolah sehingga bisa berkarya lebih banyak lagi.

Aamiiiiin…..
Semoga Alloh membalas kebaikan anti…
Sebenarnya saya rencana bikin Karya Ilmiah Ekonomi, tentang kenaikan BBM. Waktunya mepet, semoga tetap terkejar. Klo ukhti berkenan, boleh diberi contoh karya ilmiah yg baik itu?
Syukron sebelumnya…..

Oh, karya ilmiah sosial ya? ana juga sangat suka pelajaran sosial, terutama Ekonomi..🙂 Mungkin ukhti perlu membuat semacam kumpulan / kliping dari berbagai surat kabar tentang kenaikan BBM, lihat perkembangannya berdasarkan waktu, analisis masalahnya, dan tawarkan solusi yang ‘wah’, yang mungkin tidak terpikirkan oleh juri. Sebaiknya ukhti dan tim berdiskusi dengan guru/dosen untuk mendapatkan wawasan lebih jauh. Contoh karya ilmiah yang baik bisa ukhti cari, pilah, dan baca2 di perpustakaan. Itu yang dulu biasa saya lakukan..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,001 hits
%d blogger menyukai ini: