Learn to Be A True Muslimah

Rahasia Wajah yang Bercahaya

Posted on: 17 Desember 2011

Bismillah..

Memiliki wajah bercahaya adalah keinginan dari semua wanita. Wajah bercahaya bukan berarti harus berwajah cantik. Banyak wanita yang memiliki wajah cantik, tetapi tidak sedap dipandang mata. Sebaliknya banyak wanita yang memilki wajah yang biasa saja, tetapi terlihat menarik di mata orang lain. Bentuk wajah, warna kulit dalam batas tertentu memang meberikan keindahan. Namun, telah terbukti ada hal lain yang membuat seseorang menjadi indah. Kita bisa membagi keindahan batin dan keindahan lahir. keindahan batin adalah zat yang dicintai, seperti keindahan ilmu, akal, kemurahan hati, keberanian, ksatria dan lain-lainnya.

Keindahan batini ini menghiasi rupa lahir sekalipun tidak indah. Orang yang memiliki  keindahan batin walaupun berpakaian bagus, kemuliaan dan kharisma akan terasa bila ruhnya tertanam sifat-sifat tersebut. Siapa yang melihatnya akan merasa enggan kepadanya dan siapa yang bergaul dengannya akan merasa nyaman. Barangkali anda pernah lihat orang yang secara fisik berkulit hitam, tidak elok tapi karena memiliki sifat-sifat terpuji dan rajin shalat malam maka dengan sendirinya akan terlihat bagus rupa, menyenangkan dan wajahnya bercahaya cemerlang.

Ana pernah melihat seseorang yang wajahnya bercahaya, yaitu guru Al-Qur’an ana ketika di SMA dulu. Masya Allah, wajah beliau tampak bersinar seperti bulan purnama..! Ketika mengajar di kelas, beliau tidak pernah marah sama sekali pada murid2nya. Yang paling ana ingat dari nasihat beliau adalah hasungan untuk selalu menjadi hamba yang bersyukur dan qana’ah.

Apa ya rahasianya agar wajah bisa bercahaya?

1. Rahasia pertama adalah berbuat kebaikan

“Sesungguhnya kebaikan itu membuahkan semburat cahaya di wajah, lentera di hati, meluasnya rezeki, kuatnya badan, rasa cinta di hati orang. Dan sungguh dalam keburukan terdapat kepekatan di wajah, kegelapan di kubur, kelemahan badan, kurangnya rezeki, dan kebencian di hati orang.” (Abdullah bin Abbas)

Kalau berdasarkan atsar Ibnu Abbas di atas, berarti salah satu penyebab wajah bercahaya adalah Berbuat Kebaikan. Orang yang suka berbuat baik, maka hatinya menjadi tentram dan akan keluar sebuah senyuman yang murni dan tulus dari hatinya yang baik. Kebaikan hati itu pun terpancar melalui wajahnya.  Ini terbukti ketika salah satu sahabat sejati ana memberi hadiah buah pisang.

Setelah memberikan hadiah itu, ana melihat wajahnya menjadi lebih berseri dari sebelumnya.. atau lebih bercahaya dari sebelumnya. Ini baru contoh kecil, bagaimana kalau kebaikan itu dilakukan terus-menerus? Anda bisa menebaknya sendiri.

2. Rahasia kedua adalah shalat tahajud

Ulama kharismatik kota Basrah, Al Hasan Al Basri pernah ditanya orang, “Kenapa orang-orang yang membiasakan diri salat tahajjud di malam hari mukanya tampah cerah, berseri-seri dan berwibawa?“Beliau menjawab, “Karena mereka selalu bercengkerama dengan Tuhan yang Maha Penyayang di kegelapan malam, maka Dia pun memberikan kepada mereka cahaya dari cahaya-Nya“.

Abdul Aziz bin Umair menggambarkan kecantikan dan kewibawaan orang yang rajin salat tahajjud dengan mengatakan, “Anda akan melihat cahaya kebesaran pada mereka, Anda juga akan melihat bekas-bekas pengabdian di antara kedua mata mereka. Sesungguhnya orang yang mau memutuskan sebagian kepentingan duniawinya. Demikian juga dengan orang yang memutus hubungan dengan-Nya, Allah juga akan memperlihatkan bekas-bekasnya kepadanya “.

Dalam kaitan ini Said bin Al Musayyab ra berkata, “Sesungguhnya orang yang selalu salat malam, Allah akan menjadikan pada wajahnya sinar, sehingga dia dicintai oleh seluruh umat, bahkan orang yang belum mengenalnya sekalipun. Orang akan berkata, “Aku sungguh menyenangi orang ini “.

Orang yang memiliki wajah bercahaya itu, waktu malamnya digunakan untuk bermunajat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ia terbangun dari tidur yang menyelimutinya. Apabila siang menjelang, merekajauh dari kehidupan yang serba nikmat. Allah lah yang memberikan cahaya pada orang yang menggunakan waktunya dengan baik dan memperbaiki kesalahan-kesalahannya. Yang matanya disibukkan dengan tangis karena merasa melakukan hal-hal yang diharamkan. Lisannya tertahan -dalam diamnya- dari hal-hal yang menghancurkan. Tangannya tertahan, karena takut terjerumus syahwat. Langkahnya terkendali dengan muhasabah.

3. Rahasia ketiga adalah berwudhu

Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi, kedua tangan dan kaki mereka bercahaya, karena bekas wudhu’.” (HR. Al Bukhari no. 136 dan Muslim no. 246)

Dapat dipastikan tak ada satu produk kecantikan pun yang mampu menandingi cahaya yang terpancar dari wajah orang-orang yang terjaga wudhu’nya. Karena cahaya dari air wudhu tak hanya dirasakan di dunia tapi di hari kiamat pun mereka akan mudah dikenali Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits, “Bagaimana engkau mengenali umatmu setelah sepeninggalmu, wahai Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam? Kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Tahukah kalian bila seseorang memilki kuda yang berwarna putih pada dahi dan kakinya diantara kuda-kuda yang yang berwarna hitam yang tidak ada warna selainnya, bukankah dia akan mengenali kudanya? Para shahabat menjawab: “Tentu wahai Rasulullah.” Rasulullah berkata: “Mereka (umatku) nanti akan datang dalam keadaan bercahaya pada dahi dan kedua tangan dan kaki, karena bekas wudhu’ mereka.” (HR. Mslim no. 249)

4.Rahasia keempat adalah berpuasa

Beberapa tahun lalu salah seorang muslimah melihat seorang wanita yang memancarkan wajah yang berbeda dari wanita lain. Orang-orang senang dengan kehadirannya dan merasa kehilangan ketika dia tidak ada. Sebenernya wajah wanita itu biasa saja bahkan berkulit hitam. Awalnya muslimah itu mengira hanya dia yang mempunyai prasangka tentang pancaran wajahnya. Ternyata temen-temannya pun menyatakan hal yang sama. Dia pun berusaha untuk mencari tahu. Apa yang membuat wajah wanita ini begitu menarik.

Muslimah itu curiga, dia pasti melakukan ibadah sunah secara rutin. Ketika ada kesempatan, hal itu ditanyakan kepadanya. Awalnya wanita yang memiliki wajah bercahaya itu tidak mau menjawab. Setelah didesak, dia baru mengaku bahwa selama lima tahun, dia terus menerus puasa senin-kamis dan apabila haid pada hari itu,dia menggantinya dengan puasa daud. Wanita ini juga hampir setiap malam salat tahajud. Luar biasa. Ini adalah salah satu bukti, bahwa kedekatan kita kepada Allah akan menimbulkan pancaran keagungan wajar karena apa saja yang mendekati sumber cahaya, dia akan terkenan pancaran cahaya.

= = = = =

Masya Allah, ternyata ketaatan seorang hamba dapat terlihat pada wajahnya. Apakah Anda ingin wajah Anda bercahaya?

http://www.facebook.com/note.php?note_id=133476176732038

http://www.facebook.com/notes/tahajjud-community/indahnya-berkah-shalat-tahajjud/137587409607309

http://titah-motivasihatinurani.blogspot.com/2011/06/wajah-bercahaya.html

= = = =

Wajah yang Tak Bercahaya

Ada seorang ustadz melihat seorang pemuda. Beliau merasa aneh dengan wajah pemuda tadi, lalu dipanggillah pemuda tadi, “Nak ke sini!”

Setelah mendekat, pemuda tadi ditanya, “Jawab dengan jujur, kamu sholat apa tidak?”

Pemuda itu menjawab dengan pelan dan agak takut2, “Tidak, ustadz.”

“Sudah berapa lama?”, ustadz itu bertanya lagi.

“Sudah lama, Ustadz. Saya sudah tidak sholat sejak SMP, SMA, hingga kuliah.”, jawab pemuda itu.

Lalu ustadz melanjutkan, “Mungkin saat itu tidak ada yang menasihati kamu. Baiklah, sekarang kamu sudah diberitahu. Apakah kamu mau sholat lagi?”.

“Ya, ustadz. Saya bertaubat, saya mau sholat lagi.”

= = = =

Masya Allah, bagaimana ustadz itu tahu ya.. kalau pemuda itu sudah lama tidak sholat.. Beberapa tahun sebelumnya, ana mengikuti kajian di sebuah masjid. Ustadz pemateri juga tahu bahwa salah satu yang menghadiri kajiannya adalah orang yang rajin melakukan puasa Daud, dengan melihat wajahnya saja. Masya Allah..

 

32 Tanggapan to "Rahasia Wajah yang Bercahaya"

Terima kasih atas informasinya Ukhti, sungguh bermanfaat untuk saya.

Subhanallah,Ini Artikelnya “WAH” Sekali.Semoga Kita Semu diberkati oleh ALLAH SWT.Amin..

Ahamdulillaah, segala puji bagi Allah..

ijin Share ya🙂

Subhanallah bagus sekali informasi nya.. Apakah orang yang sering berlaku maksiat atau bahkan tidak pernah shalat sama sekali dan kemudian dia bertaubat kepada Allah dan dia melakukan apa yang Allah perintahkan, apakah wajahnya akan menjadi bercahaya?

Insya Allah.. karena baik dan buruknya seseorang itu dilihat dari akhir hidupnya.. Wallahu a’lam

senantiasa bertasbih padaMU ya ALLAH…

subhanallah. . . . sudh lam sya mencri artkel sepert nie. ..trmh ksh

Subhanallah..sangat inspiratif sekali

Alhamdulillaah.. semoga Allah mengaruniakan nikmat yang besar ini pada kita para hamba-Nya.. Aamiin..

ustadznya rajin solat tahajud dan berbuat baik jadi Allah memberinya Rahmat sehingga beliau bisa mengetahui org lain dari wajahnya.

saya juga pernah tau ttg ini. banyak para orang soleh yang bisa baca orang lain

Puasa daud adalah termasuk amalan nabi daud yang di sunnahkan oleh nabi muhammad disamping sholat malam, dua amalan ini lebih dicintai allah Swt. faedahnya kita akan di cintai Allah Swt, amalan lain itu untuk kita pribadi, sedangkan puasa untuk allah Swt sehingga allah Swt yang akan memberikan pahalanya itu sendiri kepada kita yang berpuasa, baik berupa harta, tahta dan lainny, namun perlu diingat bahwa cinta allah swt tetap menjadi utama. salam dari Komunitas Sunnah Daud Sumatera Selatan. M. Hamdani, AMKep, SKM, M. Kes (Biomed)…. buat kawan-kawan pencari cinta allah swt kita buat acara buka bersama yoo… tanggal 20 Mei 2013 di sekretariat KSD Sumsel. infak Rp 10.000,- kalau mau ikut sms ke 0711 790 8 790 aja. target kita ada 500 orang pengamal sunnah daud, sholat malam dan puasa daud.

sukron ya ukhti ….
sngt brmnfaat bgt:)

‘afwan.. wa iyyakum..🙂

sangat bermanfaat terimaksih:)

ya, sama2 ukhti fillah..

setuju dengan ente (y)

assalamualaikum ,slam kenal semua ,nama aq ismail p. ,emang bener tuch aq juga terobsesi banget sama perempuan yang rutin qiyamulailnya apalagi sampai bisa tahfidz…..,subhanallah ,ya Allah wahai Tuhanku menjadi sesuatu keberkahan dan suatu kenikmatan bagi diriku bila bisa mepersunting akhwat seperti itu ,tp gman y aq kan bukan ustadz .to the point z ,aq lagi mencari nich wanita yang seperti itu…..,tolong dibantu ,umurku 29 th ,sarjana t.elektro sdg merintis usaha,mukim d bekasi,hfalnku juz 30 dan 29 ,syarat utama wanita idaman rutin qiyamul lail(setidaknya seminggu 3-4 kali) ,mohn maaf klo terkesan kurang sopan ,aq hanya lelaki biasa ciptaan Allah yang menginginkan dan mengharapkan mendapatkan perhiasan terbaik di dunia yaitu wanita solihah ,tolong dibantu y mas,mba,pak,akh,ukh,bu
hp 08176719476/083877592036
email .iprayn@gmail.com/service.trias@yahoo.com

wassalammualaikum wrwb

wa’alaikumus salam wr wb. Aamiin.. semoga dimudahkan.. berdoalah kepada Allah dan hubungilah orang2 sholih di sekitar antum (yang sudah menikah) dan yang bisa dipercaya untuk mencarikan jodoh antum.. teruslah berdoa dengan khusyu’ dan penuh keyakinan.. jaga keikhlasan dan husnudhon selalu pada-Nya, insya Allah dimudahkan karena Allah itu sesuai persangkaan hamba-Nya..

Subhanallah trimaksih sudah mau berbagi, informasi yang bermanfaat.

Cakep nian ini bro..!! Tambah lagi dong informasinya …!! I really like it.

syukron untuk informasinya.. insya Allah bermanfaat

Subhanallah,indahnya tlisan ini ukh.
jazakumullah khairan kathsiran.
Mohon ijin share ukhti.:)

syukran mbak

Trima ksih atas uraianx, smga bermnf’at bgku!

Subahanallah…membaca keluar mata ana sendiri…walaupun kita solat fardhu setiap..ternyata itu masih xcukup….ya Allah ampunilah dosa2 kami yg lalai ini…..

Iya ukhti.. mari kita sama2 saling mendoakan kebaikan….

Terima kasih
Sangat membantu

Saya ingin bertanya. Kenapa seorg tu sembayang tidak penah tinggal puasa pun tidak penah tggal. Cuma kadang kala orang nya ego. Tapi muka nya msih tk bercahaya nampak gelap dan berbintik hitam.

biasanya org yg bisa melihat spt itu adalah org yg memiliki bashiroh ukhti.. dan yg mengetahui taqwa dlm hati adlh Allah.. Wallahu a’lam..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,205 hits
%d blogger menyukai ini: