Learn to Be A True Muslimah

Metode Tahfidz untuk Orang Sibuk

Posted on: 18 Desember 2011

Bismillah..

Ana ditanya oleh seorang muslimah dari Samarinda. Beliau seorang guru TIK dan wali kelas 9 SMP. Kadang beliau diminta menggantikan guru tahfidz jika guru tersebut tidak hadir. Hal itulah yang menjadi salah satu pendorongnya untuk lebih baik dan lebih cepat menghafal qur’an meskipun dalam kondisi sibuk.

(Di sini ana menjawab singkat saja, karena waktu ana di warnet sangat terbatas, barangkali bisa membantu para sahabat yang sibuk tapi punya keinginan kuat untuk menghafal qur’an..🙂 )

Pertanyaan:

Kira-kira metode tahfidz apa yang paling cocok saya gunakan ya..mba? saya ingin bisa istiqomah dalam menghapal meskipun aktivitas skrg padat. tapi saya merasa mungkin ini karena saya saja yang belum menemukan cara manajemen waktu yang terbaik, terutama kurang meluangkan waktu untuk menghafal.

Jawaban:

[1] Sebaiknya ukhti punya qur’an saku dan mp3 yang bisa dibawa ke mana saja (kecuali ke kamar kecil).

Manfaatkan waktu senggang, misal: saat2 menunggu, perjalanan pergi-pulang untuk menghafal atau mendengarkan murattal. Targetkan 1 bulan bisa dapat minimal 1 surat di juz 29 atau 28. Ini sudah bagus. Yang penting mudah dilaksanakan dan istiqomah.

[2] Kalau hari2 biasa, targetkan 1 hari menghafal 1-2 ayat tiap hari. Kalau ayatnya pendek2, bisa menghafal 5 ayat per hari. Nah, di akhir pekan, luangkan waktu untuk mengulang2 hafalan qur’an sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh dan mantap.

Atau bisa juga membuat metode yang lebih terorganisir, misalnya 1 pekan menghafal 1 halaman. Satu halaman terdiri dari 15 baris (di quran pojok/mushaf madinah). Targetkan 1 hari menghafal 3 baris, maka 1 halaman itu bisa selesai dalam 5 hari. Hari ke-6 (Sabtu) dan ke-7 (Ahad) digunakan untuk muraja’ah dan memantapkan hafalan. Jika sudah mantap di hari Sabtu, lakukan pemantapan lagi di hari Ahad sambil memuraja’ah hafalan lama yang sudah dimiliki.

Nah, dalam proses menghafal 3 baris dalam satu hari itu, gunakan lagi trik khusus. Misal:

-jika 3 baris itu terdiri dari 6 ayat, maka hafalkan 3 ayat di pagi hari sebelum shubuh, dan 3 ayat di sore hari menjelang maghrib.

-jika 3 baris itu terdiri dari 4 ayat, maka hafalkan 2 ayat di pagi hari dan hafalkan 2 ayat selanjutnya di sore hari.

Jika ini dilakukan rutin, bisa hafal 4 halaman = 2 lembar = 1/5 juz dalam 1 bulan.. atau dengan kata lain, hafal 1 juz dalam 5 bulan.. atau hafal 4-5 juz dalam 2 tahun. Alhamdulillah.. ini sangat baik daripada hanya berangan2 menjadi penghafal qur’an.

[3] Hal yang mendukung lancarnya hafalan: surat yang dihafal itu dibaca setiap hari selama proses menghafal. Misal ukhti sedang menghafal surat al-Insan. maka bacalah surat itu setiap hari selama satu bulan. Insya Allah hafalan ukhti akan sangat lancar. Bahkan, tidak sampai sebulan sudah lancar dan sudah hafal di luar kepala, insya Allah..🙂

= = = =

Pertanyaan:

Murojaah hapalan surah2 yg sudah dhapalnya bagusnya gmn? Hafalan ana sudah hampir 2 juz. Di tiap sholat sunnah kah…apa harus habis seluruh hafalan itu 1 hari..?

Jawab:

Muraja’ah hafalan terbaik adalah saat sholat tahajud. Selain itu, juga di sholat sunah yang lain, misal: sholat dhuha, sholat rawatib, atau sholat sesudah berwudhu, atau sholat mutlak. Bisa juga muraja’ah dilakukan di luar sholat. Ssebenarnya ada aturannya, berapa jumlah juz yang harus dimuraja’ah jika telah mencapai jumlah tertentu. Seingat ana:

1- jika hafal 1-5 juz, maka muraja’ahnya 1/2 juz per hari

2- jika hafal 5-10 juz, maka muraja’ahnya 1 juz per hari

3- jika hafal 10-15 juz, maka muraja’ahnya 1,5 juz per hari

4. jika hafal 15-20 juz, maka muraja’ahnya 2  juz per hari

5. jika hafal 20-25 juz, maka muraja’ahnya 2,5  juz per hari

6. jika hafal 25-30 juz, maka muraja’ahnya 3 juz per hari

Hanya saja, nanti kalau sudah hafal 30 juz, maka muraja’ah minimal yang harus dilakukan adalah 5 juz per hari.

= = = =

Ini hanya jawaban singkat ana saja, sebagian berdasarkan pengalaman ana sebelum masuk mahad tahfidz. Barangkali ada pembaca yang ingin menambahkan, silahkan..

Oh ya, bulan Januari 2012 ada ujian akhir semester di mahad ana. Ujian bisa berlangsung sekitar 1 bulan dan dilakukan lebih awal dari jadwal untuk antisipasi. Jika dihitung2, sebenarnya ana merasa baru benar2 full di mahad tahfidz selama 1 tahun 2 bulan hingga bulan Desember 2012 ini.

Memang di tengah2 menghafal banyak sekali ujian, tantangan dan rintangan hidup yang dialami. Entah berapa ratus air mata yang menetes, entah berapa peluh keringat yang mengalir, berapa kesedihan hati yang dirasakan.. Namun, semoga akhir dari perjuangan ini adalah sebuah kebahagiaan, kebahagiaan yang hakiki dan abadi.. Aamiin

Insya Allah akhir Desember ini ana sudah hafal 28 juz. Alhamdulillah, ini semata-mata karunia Allah. Haadzaa min fadhlillaaah..

Insya Allah ana posting lagi di akhir bulan Januari 2012, jika Allah masih memberikan umur pada hamba-Nya yang dhaif ini..

= = = =

Ya Allah, hamba rela menderita dan bersusah payah untuk mendapatkan ilmu. Ya Allah, keridhaan-Mu lah yang kami harapkan.. Luruskan hati, ucapan, dan perbuatan kami, Ya Allah. Rabbanaa afrigh ‘alainaa shabran wa tawaffanaa muslimiin.. Aamiin..

14 Tanggapan to "Metode Tahfidz untuk Orang Sibuk"

Semoga Allah memudahkan Muslimah yang ber Azzam menjadi Hafidzah aamiin Ya Mujibassailin ^^

syukron sharenya ukht
mudah2an ujian lancar dan diberkahi smua upaya yg tekah dijalankan
sibuk bukan alasan untuk tdk melakukan kebaikan
apalagi jika setiap kesibukkan adalah kebaikan, MasyaAllah

“……. daripada hanya berangan2 menjadi penghafal qur’an.”
betul sekali ukh.

ana mau tanya, apa di ma’had ukhty ada kelas untuk anak putri usia SMU, terus bagaimana dengan sekolahnya.
atau barangkali ukhty ada link ma’had lain, tentunya dengan biaya yang ringan, ato kalo bisa gratis.. syukron

bismillah..
utk mendaftar minimal lulus dari SMU atau sederajat. jadi, mereka sudah selesai sekolah menengahnya. ma’had lain adalah ma’had ulul albab, tapi ana belum tahu lokasi dan info pendaftarannya.

Blom bisa.. ngamalkan. mudah-mudahan diberi kekuatan ya….. yang di atas2 bantu do’anya njih…. sukron

bismillah..

Ya.. mari kita sesama muslim saling mendoakan untuk bisa hafal alqur’an. Coba dulu “menghafal 1 ayat tiap hari“. Caranya: sebelum tidur, bacalah ayat yang akan dihafal 20 kali; setelah bagun tidur, diulang lagi 20 kali, kemudian dihafal. Mudah, bukan? Kalau tiap hari menghafal 1 ayat, bisa hafal QS. Al-Mulk dalam 1 bulan.. atau hafal QS At-Tahrim dan Ath-Thalaq dalam 1 bulan..

Mengulang 1 ayat 40 kali seperti di atas, lalu dihafal, itu mudah.. insya Allah. Kalau ulama zaman dulu malah sampai 80 kali mengulangnya atau bahkan ratusan kali untuk tiap ayatnya..

Kalau sudah terbiasa, nanti suatu saat Anda akan merasa menghafal 1 ayat/hari itu terlalu ringan dan ingin menambah jumlah hafalan menjadi 2 ayat, dan seterusnya. Biasanya orang itu mudah ngafal kalau tilawabnya lancar.. Jadi, kalau dalam 1 hari saja masih belum bisa ngafal 1 ayat, coba ditingkatkan dulu tilawahnya..

Jangan sampai pemuda seperti kita kalah sama nenek2 ya..🙂

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh….
Kak, saya mau bertanya mengenai menghafal qur’an. Bagaimana caranya agar saya bisa hafal qur’an 30 juz dalam waktu 2 tahun lebih? Mohon bantuannya…Terima kasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Wa’alaikumus salam warahmatullahi wabarakaatuh..
Ukhti bisa menargetkan hafal minimal 1 juz tiap bulan, insya Allah selesai dalam 30 bulan = 2,5 tahun. Caranya, pagi hari menghafal 1 halaman (1 muka) tiap hari; Sore hari dimuraja’ah lagi + menyiapkan hafalan untuk besoknya. Baiknya disetorkan ke keluarga atau hafidzah yang tempat tinggalnya dekat dengan rumah ukhti, seperti cerita dalam tulisan ini.

makasih jawabannya ukhti ^^

Wa iyyakum.. Semoga dimudahkan tahfidznya.. Allah telah menjamin kemudahan Al-Qur’an untuk dihafal.. Wa laqod yassarnal qur’aana lidz-dzikri fahal in muddakkir..🙂

Mkasih ya ukht. sangat membantu dan menginspirasi..

apakah bapak, sudah hafal

wah, kalo dah menghadapi ujian gmna yah ?

Subhanallah, caranya sederhana. Mudah2an bisa menjadi amal jariyah strateginya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,205 hits
%d blogger menyukai ini: