Learn to Be A True Muslimah

Make Habits So Habits Make You

Posted on: 30 Januari 2012

Bismillah..

Salah satu motto hidup saya ketika di SMA dulu adalah: Make Habits, so Habits Make You.. Buatlah kebiasaan, maka kebiasaan akan membentukmu..

Kebiasaan yang saya bentuk saat itu adalah tidur 3 jam sehari. Kenapa? karena waktu yang lainnya sebagian besar digunakan untuk belajar dan saya harus mengejar ketertinggalan saya dari teman2 yang merupakan lulusan sekolah Islam dan pondok pesantren. Sedangkan saya lulusan sekolah umum lalu ketika kenaikan kelas, saya meminta izin pada wali kelas dan guru BP untuk memindahkan saya dari kelas umum ke kelas Aliyah pada saat akan memasuki kelas dua.

Saya terinspirasi oleh ayah saya. Beliau seorang pekerja keras, sangat kutu buku, sangat suka membaca al-Qur’an, dan tidurnya dalam sehari hanya 3 jam saja. Saya melihat beliau seperti orang yang tidak pernah lelah dalam bekerja dan belajar. Kadang saya malu, karena beliau yang sudah tidak sekolah (formal) saja masih saja membaca buku setiap hari. Apalagi saya yang masih sekolah.. harusnya membaca lebih banyak lagi! Mungkin salah satu misi yang akan saya terapkan pada anak saya nanti adalah dia harus sangat suka baca buku dan menguasai ilmu dalam buku itu dengan sebaik-baiknya.

Alhamdulillah, buah dari kebiasaan saya itu adalah peningkatan pesat dalam hal kecintaan membaca buku dan mengkhatamkannya. Saat itu saya sangat suka Fisika, Kimia, dan Matematika. Target saya, harus mengkhatamkan dan mengerjakan seluruh soal di buku diktat lebih cepat daripada yang lain.. agar saya punya waktu lebih banyak untuk belajar pelajaran agama: Al-Qur’an, Hadits, Fiqih, Bahasa Arab, dan Sejarah Kebudayaan IsIam. Yang paling menyita waktu adalah pelajaran menghafal ayat dan hadits.

= = = =

Sedangkan setelah khatam hifdz nya nanti, saya juga akan membuat suatu kebiasaan, insya Allah.. karena kemungkinan orang yang sudah khatam hafalan itu ada 2: semakin dhobit (kuat hafalannya) karena memiliki kebiasaan yang terpelihara dengan baik (dengan pertolongan Allah).. ataukah semakin lemah hafalannya..

Apa kebiasaannya?

(insya Allah ana jawab beberapa pekan lagi)

= = = = =

Taburkanlah suatu PIKIRAN, maka engkau akan menuai Perbuatan..

TaburkanLah suatu PERBUATAN, maka engkau akan menuai Kebiasaan..

Taburkanlah suatu KEBIASAAN, maka engkau akan menuai KARAKTER..

= = = = =

Jadilah seseorang yang kakinya menghujam di bumi..

Sedangkan cita-citanya setinggi bintang-bintang di langit..

ALLAAHU AKBAR!!

4 Tanggapan to "Make Habits So Habits Make You"

mau’dhu’ jaadzib ya ukhti…
langsung ikutan deh biar bs sgera update infonya.
lakin limadza ‘beberapa pekan lagi’?

karena ana harus mengamalkannya dulu.. dan itu tidak bisa langsung dikerjakan, ana harus naik tangga satu demi satu lebih dulu secara bertahap.. Oh ya, ada artikel menarik yang terkait hal ini, bisa dilihat di sini.

di share hasilnya ya….
Soalnya saya jga harus bisa tidur 3 jam sehari. Mungkin g ya? selama ini hari ketiga sudah ngantuk banget. tp mungkin saya terlalu mengasihani diri sendiri. Selamat mencoba, jangan lupa cerita ya….. ^_^

Bismillah..
Mungkin saja, trik agar bisa tidur tiga jam sehari ana tulis di komentar terakhir di tulisan ini.
Tidur tidak harus lama, tapi berkualitas (= sesuai sunnah, baik sebelum maupun sesudah tidur). Ma’an najah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 821.185 hits
%d blogger menyukai ini: