Learn to Be A True Muslimah

Orientasi Mahasiswa Baru – Februari 2012

Posted on: 8 Februari 2012

bismillah..

Alhamdulillah, hari ini sudah dilaksanakan orientasi mahasantri baru sekaligus tasmi’ al-qur’an untuk para alumni. Ada enam santri baru yang mendaftar di semester ini. Jumlah ini bisa bertambah karena di tengah2 semester pun ustadzah masih berkenan untuk menerima pendaftaran.

Pada awalnya, ustadzah memberikan penjelasan mengenai peraturan2 ma’had, baik ketika kegiatan di mahad maupun di asrama. Setelah itu, penyerahan hadiah kepada mahasantri yang berprestasi: dapat memenuhi target hafal 2 juz tiap bulan dan mampu mengujikan seluruh hafalannya saat ujian semester yang lalu. Kemudian dilanjutkan tasmi’ alqur’an oleh para alumni.

Saat tulisan ini ditulis, sudah ada delapan alumni ma’had yang menyelesaikan ujian ni-ha-i. Kami dibagi menjadi enam kelompok untuk menyimak hafalan mereka karena yang dapat hadir baru lima alumni dan satu santri yang sudah selesai setoran tapi belum ujian. Tasmi’ Al-Qur’an dilakasanakan berlangsung sekitar pukul 09.15 s,d 14.35. Sebelum sholat ashar, waktu singkat itu diisi dengan laporan pertanggungjawaban pengurus lama kepada forum, baik dari pengurus ma’had maupun pengurus asrama.

Setelah sholat ashar, acara selanjutnya adalah taujih dari Ustadz Syukur sebagai koordinator tahfidz AMCF di Surakarta. Beliau memberikan informasi mengenai AMCF dan motivasi2 dalam menghafal al-Qur’an. Di antara nasihat beliau adalah agar kita meluruskan niat dalam menghafal.. sehingga di manapun kita menghafal.. tidak masalah.. bahkan di rumah pun bisa. Selain itu beliau juga berpesan agar kami: (1) menjaga keikhlasan, (2) bermujahadah atau tekun dalam menghafal quran karena yang dinilai Allah adalah usahanya, dan (3) bersabar dalam menjalaninya.. meski berat.. sehingga tidak sedih atau kecewa dan dapat menepis kebosanan.

Setelah taujih, Ustadz Syukur memberikan informasi bahwa bagi mahasantri ma’had Al-Manar yang telah lulus ujian ni-ha-i 30 juz mendapatkan kesempatan untuk memperoleh besiswa dari Ma’had Lughoh Abu Bakar: gratis biaya SPP dan uang pangkal.. :)  (tapi ini belum termasuk dana nasyat/kegiatan dan uang buku tiap semester).

Setelah mendapatkan informasi itu, lalu muncullah pertanyaan di benakku. Lalu ana pun bertanya, “Ustadz, jika ada santriwati lulusan almanar mau melanjutkan ke ma’had Bahasa Arab, tapi di kota lain, misalnya ma’had di Bandung, apakah juga akan memperoleh beasiswa itu?” Beliau dengan bijaksana kurang lebih menjawab, “Ya, insya Allah bisa, karena kita satu jaringan AMCF, sehingga hal ini akan diatur dari pusat.” Mendengar jawaban itu, hati ana gembira.

Tidak berapa lama, salah satu sahabatku mencolekku lalu bertanya, “Ukh, emang antum mau ke Bandung?”. Lalu ana pun menjawab, “Mm.. iya, ana ingin ke Bandung, biar nanti bisa sekolah di ITB. Tapi tetep bisa belajar Bahasa Arab yang merupakan kerinduanku sejak SMA..🙂 ”

Setelah itu, acara dilanjutkan penyerahan bingkisan kecil pada para alumni yang telah berkenan hadir dalam acara Reuni Alumni dan Tasmi’ Al-Qur’an ini. Hanya saja, yang masih hadir sampai sore hanya dua orang, jadi hanya dua alumni orang yang dapat bingkisan. Sedangkan alumni yang lain yang kebanyakan ummahat sudah izin pulang lebih dulu sebelum ashar.

Alhamdulillah..

= = = = =

Oh ya, besok Kamis pagi pukul 09.00 sudah masuk untuk setoran hafalan!! Harus siap2 nih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,007 hits
%d blogger menyukai ini: