Learn to Be A True Muslimah

Khatam Al-Qur’an – Ujian Niha-i – Tasmi’ Akbar

Posted on: 5 April 2012

Bismillah..

Banyak orang menganggap kalau sudah khatam al-qur’an di mahad tahfidz itu, berarti kegiatan menghafal sudah selesai. Padahal tidaklah demikian. Masih ada tahap2 yang lain.

Apa saja tahapannya?

1. KHATAM AL-QUR’AN

Khatam Al-Qur’an sebenarnya adalah baru tahap pertama yang harus dicapai oleh santri di mahad tahfidzul qur’an. Untuk meraihnya, santri wajib ziyadah (menambah hafalan) dan muraja’ah di hadapan ustadz/ah pengajarnya.

2. UJIAN NIHA-I

Ujian akhir untuk dinilai hafalannya oleh pengajar tahfidz. Biasanya santri yang sudah sampai tahap ini, sudah lancar hafalannya dan jika diminta untuk membacakan hafalannya, ia hanya perlu membuka mushaf sebentar. Yang dinilai adalah dalam hafalannya itu ada yang salah atau tidak. KAlau ada yang salah berbati mengurangi nilainya. Oleh karena itu, nilai hafalan tiap juz bisa berbeda2.

3. TASMI’ AKBAR 30 JUZ

Membacakan hafalannya 15 juz selama dua hari, ada juga yang 30 juz dalam satu hari (tergantung peraturan di mahad). Pada saat ini, santri disimak oleh seluruh santri di mahad. Ada beberapa santri yang diberi tugas khusus untuk menyimaknya, fungsinya adalah untuk memberitahu kalau ada yang salah dan memberitahu yang benar kalau benar2 tidak tahu. Maklum, namanya juga santri baru saja hafal qur’an.. Masih ada yang salah di beberapa tempat.

Untuk mencapai derajat memiliki hafalan qur’an tanpa ada satu pun kesalahan, semua bacaannya sesuai kaidah tajwid dan dapat membacakan hafalan qur’an kapanpun diminta tanpa berpikir panjang, maka perlu belajar lagi mencari sanad al-qur’an dari ustadz/ah yang memiliki sanad quran terpercaya.

= = = =

Beberapa hari yang lalu, alhamdulillah saya bertemu dan mendapatkan info dari salah seorang sahabat. Bagi santriwati yang sudah khatam dan ingin mendapatkan sanad bisa belajar ke mahad tahfidz di Bogor dengan Ustadzah Ahlam (kalau tidak salah, beliau dari Yaman). Guru dan urutan sanadnya selisih satu tingkat dengan Syekh Ali Bashfar (yang bacaannya sangat fasih dan jelas makharijul hurufnya).

Syekh Ali Bashfar belajar mengambil sanad langsung dari Syaikh Ayman Rusydi. Ustadzah Ahlam belajar dan mengambil sanad dari Syaikhoh Rihab (istri dan murid Syaikh Ayman). Jadi, kalau dibuat silsilah atau urutannya dari 4 para hafidz pemegang sanad tersebut kurang lebih sbb:

sanad ke 28: Syaikh Ayman Rusydi

sanad ke 29: Syaikh Ali Bashfar dan Syaikhoh Rihab (murid Syaikh Ayman Rusydi)

sanad ke 30: Ustadzah Ahlam (murid Syaikhoh Rihab)

Wallahu A’lam

5 Tanggapan to "Khatam Al-Qur’an – Ujian Niha-i – Tasmi’ Akbar"

Tw ustdzh romlah, mbk??
Kata’y bliau jg dah bersanad. Tmn ana da yg tahfidz sm bliau.. Tp bliau bkn orng arab2 gt sih,, Heheh,,

Iya, ana adalah salah satu murid terbaik beliau di angkatan pertama..🙂 Kalau tentang sanad, ana belum pernah bertanya langsung. Kalau tidak salah, beliau urutan ke-29

Al-Qur’an kan bukan hanya untuk orang Arab saja ukhti, Ustadz Mudhawi yang punya sanad ‘aly di Mahad Umar bin Khoththob Surabaya juga bukan orang Arab..

assalamu’alaykum
ma’had apa namanya yg ukhti bilang ada ustadzah ahlam? bs mnta alamat ma’had&CP nya?
kalau mau belajar qiroat yg bersanad, dima’had mana ya?
juzity khair

Wa’alaikumus salam wr wb. Ukhti pakai bahasanya campur2 ya.. Salah satu impian ana adalah menguasai beberapa bahasa asing untuk kmajuan ilmu pengetahuan.
Namanya Ma’had ELKID Wadi Mubarak di BOGOR. Alamatnya: Jl. Raya Puncak RT.01 RW.01 Ds. Kuta Kec. Megamendung, Bogor-Jawa Barat 16750. Di sana ada Usadzah Ahlam yang memiliki sanad qiroat ke-29. Semoga saja beliau masih di sana, karena beliau bukan orang Indonesia, suatu saat akan kembali ke negaranya.. makanya bagi muslimah yang masih punya kesempatan, manfaatkan sebaik-baiknya untuk belajar pada beliau.. Hanya saja perlu diketahui, beliau termasuk orang yang tidak mudah memberi sanad kecuali pada orang2 yang benar2 sudah menguasainya dengan sangat baik.. Dan ini biasanya akan didapatkan oleh orang yang sangat sabar dalam menuntut ilmu.

Jazakillah khoir ukht, infonya..
Oh ya ukht ana jg mau tanya, kalau di usth. Ahlam, apakah khusus utk yg sdh slesai hafalannya dan mencari sanad, atau yg hafalannya blm selesai jg bs y ukht?
Oh ya, anti skrg belajar di ma’had tsb kah?
Syukron

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,205 hits
%d blogger menyukai ini: