Learn to Be A True Muslimah

Mengubah Koran Bekas Menjadi Kerajinan yang Cantik dan Bernilai

Posted on: 8 Juli 2012

Alhamdulillah, kemarin siang ana dan beberapa teman mahad menghadiri acara Book Fair di Goro As-Salam. Kami belajar bagaimana mengubah koran bekas -yang biasanya dibuang atau dijual di rongsokan dengan harga murah- menjadi barang bermanfaat dan memiliki nilai jual.. Alhamdulillah, kegiatan ini sangat cocok bagi para muslimah karena bisa dikerjakan di rumah.

Pembimbing kami adalah Ibu Rosiena, pemilik dan pengelola Sanggar Nisrina. Kami diajari tiga teknik pemnafatan koran, yaitu

1. teknik membuat kepang. 1 halaman koran dibagi 8, lalu kita ambil 3 kertas panjag untuk dibuat kepang. Kepangan yang baik adalah yang rapat dan padat sehingga ketika sudah jadi lalu kita tarik tidak mudah putus.

2. teknik menggulung: 1 halaman korang dibagi 2 lalu digulung pada sebuah tongkat kecil dan panjang (bisa juga menggunakan tusuk sate, untuk mendapatkan gulungan yang lebih kecil).

3. teknik mengayam: kita perlu mendapatkan beberapa gulungan kortas koran dari teknik menggulung, lalu kita potong kecil2 dalam jumlah ganjil untuk anyaman yang berdiri, sedangkan untuk anyaman yang mendatar, kita gunakan satu gulungan yang disambung terus-menerus hingga ketinggian yang diinginkan..

Kami diberi bahan2 dan disediakan alat2 yan diperlukan, sehingga peserta tidak hanya pmendengar penjelasan, tapi juga praktek sekaligus.. Alhamdulillah, hasil karya kami nanti bisa dibawa pulang..

Alhamdulillah, hasil karya kami kalau sudah selesai, hampir sama dengan ada di gambar ini, no 2 dan no 4.

http://lifestyle.kompasiana.com/urban/2011/10/11/5-kreatifitas-dari-koran-bekas/

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,205 hits
%d blogger menyukai ini: