Learn to Be A True Muslimah

Muhasabah Umur

Posted on: 15 Juli 2012

Bismillaahirrahmaanirrahiim..

Dengan menyebut nama Robbku yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,

Andaikan Alloh sang pemberi kehidupan, memberikan umur kepadaku hingga 60 tahun, dan diri ini adalah seorang pemuda berumur 25 tahun maka diri ini mempunyai sisa waktu 35 tahun lagi. dan jika dalam 1 hari diriku melakukan kesalahan 2 kali yang disengaja, maka di akhir hayatku aku akan menanggung kesalahan, yang harus  kupertanggungjawabkan lebih dari 25000 kesalahan.

Ya Robb, jika 5 dari sholat wajibku kulakukan ,dan 2 diantaranya tidaklah baik.tidak khusyuk ibadahku kepada Mu , tidak tepat waktu aku menghadap kepadaMu, maka aku harus mempertanggungjawabkan 25000 sholatku yang tidak khusyuk itu.

Akankah aku kuat menanggung ini semua, dan disaksikan kelak kesalahan ini dihadapan seluruh makhluk Mu.Disaksikan teman temanku, ayahku ibuku….. handai taulanku.

Jika dalam satu hari ada 2 orang yang hatinya kusakiti maka akan datang 25000 orang yang akan menanyakan tentang perbuatanku, menanyakan kembali akan kejinya kata kataku, dihadapan Engkau, di hadapan para malaikah dan disaksikan Rasullullah, sang lelaki yang kami dambakan untuk bertemu. Alangkah malunya aku, jikalau kelak Rasulullah, laki laki mulia itu menyaksikan perbuatanku dengan pandangan sedih, akankah dia akan memberi syafaatnya untukku dan aku hanya bisa tertunduk malu dan tidak bisa membela diriku. Betapa malunya diri ini jika kelak akan mengecewakan Rasulullah.

Biarkan kami menangis pada hari ini mengingat kembali semuanya, meneteskan air mata kami ditengah kesendirian kami dan ketidak berdayaan kami. Biarkan kami malu saat ini dihadapan diri kami dan Engkau, daripada kami harus malu kelak di hadapan seluruh makhluk-Mu.

Karenanya Wahai Rabb kami, Yang Maha pemurah, kurniakan kekuatan Ruh pada kami untuk  memperbaiki kesalahan kesalahan kami. Kurniakan kekuatan jiwa untuk beramal soleh sehingga Ada yang bisa kami persembahkan kepada Mu dengan hati yang ikhlas sebelum datang saatnya menghadap kembali kepadaMu.

Tuntun diri kami menjadi makhlukMu yang bersih hatinya, bening jiwanya dan tulus niatnya. Sesungguhnya Engkaulah Rabb kami yang Maha Penyayang.. dan maafkan, ampunkan kesalahan kami. Karena jika Engkau tidak mengasihani kami, maka kami adalah orang2 yang merugi.

Semoga Alloh menerima Amalan kita, meridhoi kita dan mengampuni kesalahan yang telah lampau.

Amin Ya Robbal ‘Aalamiin.

= = = =

sumber: sebuah tulisan dari sahabatku yang sangat baik.

Semoga kita jadi lebih tahu kekurangan diri dan lebih jujur pada diri sendiri bahwa ternyata masih banyak yang harus diperbaiki dan banyak bekal yang harus disiapkan untuk menuju kehidupan yang abadi. Wa ta’aawanuu ‘alal birri wat taqwaa wa laa ta’aawanuu ‘alal itsmi wal ‘udwaan.. Wat taqullaah..  InnallaaHa syadiidul ‘iqoob.

4 Tanggapan to "Muhasabah Umur"

inna lillahi wa inna ilaihi raji’un…
hidup itu hanya sementara. jadikanlah hidupmu bermanfaat bagi dirimu sendiri dan bagi orang lain. tak lupa hiasilah amal perbuatanmu dengan amalan yang selalu diridhoi Allah…..

Tak satupun perbuatan yang tak berbalas, tinggal pilih mau berbalas baik atau buruk ?

alhamdulillaah, ana sangat2 setuju..

nice..article. boleh copy khan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,001 hits
%d blogger menyukai ini: