Learn to Be A True Muslimah

4 Macam Kepribadian – Tanda Kekuasaan Allah

Posted on: 16 Juli 2012

Bismillah..

Salah satu tanda-tanda kekuasaan Allah pada diri kita adalah Allah ciptakan manusia dalam berbagai ras, warna kulit, dan kepribadian. Yang akan kita bahas panjang lebar dalam tulisan ini adalah kepribadian.

Tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang memiliki kepribadian yang sama, meskipun mereka adalah kembar identik. Namun, menurut penelitian dalam bidang psikologi, kepribadian manusia dapat dibagi menjadi 4, yaitu:

1.  Sanguinis

2. Melankolis

3. Koleris

4. Phlegmatis

Masing-masing kepribadian tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kalau kita sudah mengetahui jenis kepribadian kita, maka kita pun akan mengetahui titik-titik kelebihan dan kelemahan yang kita miliki.. Terhadap kelebihan yang dimiliki, hendaknya kita kembangkan seoptimal mungkin sehingga dapat memberi kontribusi positif bagi diri sendiri maupun orang lain. Sedangkan terhadap kelemahan yang dimiliki, hendaknya kita berupaya me-minimalisir nya sehingga tidak menghambat pengembangan diri kita.

Selain untuk pengembangan diri sendiri, pengetahuan tentang jenis kepribadian juga diperlukan dalam hubungannya dengan orang lain. Kita tidak akan merasa tersakiti jika berhadapan dengan orang berkepribadian sanguinis atu koleris. Kita pun tidak akan merasa bosan bila berhadapan dengan orang berkepribadian melankolis ataupun phlegmatis. Dengan demikian, kita akan bisa fleksibel dan merasa enjoy dalam berhadapan dengan siapa saja. Dalam kaitannya dengan dakwah, kita akan mampu menentukan metode dakwah yang tepat bagi masing-masing obyek dakwah.

Satu hal yang perlu dicatat, bahwa setelah kita berhadapan dengan risalah Islam, maka kita tidak lagi mengenal pembagian jenis kepribadian ini. Yang kita kenal dan harus kita miliki adalah kepribadian seorang muslim yang telah disebutkan dalam al-Qur’an dan telah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Apapun jenis kepribadian kita, kita berupaya untuk memiliki kepribadian seorang muslim sejati.

Namun, perlu diakui, masing-masing individu membutuhkan waktu dan proses yang berbeda-beda dalam hal upayanya untuk menjadi sosok yang berkepribadian muslim. Ini tergantung juga dengan jenis kepribadian yang ia miliki. Sebagai contoh orang sanguinis lebih mudah menjadi sosok pemaaf daripada orang melankolis. Sebaliknya, orang melankolis lebih mudah menjadi sosok yang menepati janji daripada orang sanguinis.

Begitu pentingnya pengetahuan tentang kepribadian dalam kehidupan sehari-hari,, maka penulis terdorong untuk menyusun makalah sederhana yang diambil dari  berbagai sumber. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca khususnya, bagi para aktivis dakwah, dan orang-orang yang berkomitmen untuk menjalin eratnya tali persaudaraan (ukhuwah Islamiyah).

= = = =

Penulis adalah kakak tingkat saya di Ma’had Tahfidz Al-Manar Solo yang sudah khatam 30 juz. Kami dulu main games kepribadian ini bersama teman2..🙂

= = = =

Bingung menentukan jenis kepribadian?

Berikut ada cara mudah untuk mengetahui jenis kepribadian kita. Berilah tanda (dilingkari/ diberi garis atau tanda centang, tentu kalau sudah diprint.. J ) setiap sifat yang kita miliki lalu jumlahkan ke bawah.

Nilai terbesar menunjukkan dominasi kepribadian kita. Jika ada dua nilai yang sama atauhampir sama menunjukkan bahwa kepribadian kita merupakan perpaduan dari dua jenis kepribadian. Selamat mencoba..!!

SANGUINIS

1-Senang berbicara

2-suka humor

3-ekspresif

4-periang

5-antusias

6-sukarelawan

7-suka kegiatan baru

8-kreatif

9-rasa ingin tahu tinggi

10-spontanitas tinggi

11-mudah berteman

12-tidak suka administrasi

13-tidak bisa diam

14-mudah minta maaf

15-bukan pendendam

 

MELANKOLIS

1-analitis

2-tekun

3-penuh perencanaan

4-perfeksionis

5-ekonomis

6-mendalam

7-perasa

8-tertib dan rapi

9-serius

10-teliti

11-hati-hati dalam berteman

12-nomor satu dalam kualitas

13-senang hal-hal detail

14-suka memendam

15-perhitungan

 

KOLERIS

1-dominan

2-tegas

3-orientasi ke hasil

4-bicara inti persoalan

5-kemauan kuat

6-cepat dalam bertindak

7-mandiri

8-berpikir secara global

9-aktif

10-bertindak rasional

11-suka mengatur

12-tidak suka basa-basi

13-tidak merasa bersalah

14-tidak suka monoton

15-suka tantangan

 

PHLEGMATIS

1-mudah adaptasi

2-sabar

3-sederhana

4-baik dalam tekanan

5-tenang

6-teguh

7-menhindari konflik

8-ramah

9-suka mengamati

10-santai

11-mudah sepakat

12-nyembunyiin emosi

13-emosi stabil

14-pakaian seadanya

15-punya kekuatan

 

NB: baiknya no 1-15 di atas dibuat 4 kolom ke kanan sehingga nanti lebih mudah untuk dihitung dan dibandingkan jumlahnya.

 

1 Response to "4 Macam Kepribadian – Tanda Kekuasaan Allah"

Aku punya bukunya. Tapi aku lebih bisa menilai diri aku dari cerita-cerita tentang masing-masing tipe kepribadian daripada dari tes. Kalau dari cerita-cerita, aku langsung bisa merasa mana yang paling mirip dengan aku. Kalau dari tes, aku merasa semuanya ada dalam diri aku, tapi kadarnya berbeda-beda, yang paling banyak yang mana, aku nggak yaklin, karena semua “datang dan pergi” secara bergantian atau bersamaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,205 hits
%d blogger menyukai ini: