Learn to Be A True Muslimah

Menjadi Hafidz Qur’an, Mungkinkah?

Posted on: 16 Juli 2012

Bismillaahirrohmaanirrohiim,

Di sini ada sebuah kisah perjuangan beberapa mahasiswa dalam menghafal qur’an di sela-sela waktu kuliahnya. Selamat membaca, semoga terinspirasi.. 🙂

= = = = =

Di sebuah kota besar di Indonesia, yang kehidupan metropolitan masih dapat dirasakan, di satu sisi kadangkala ditemukan hal hal yang sangat bersifat religius.

Di sana Penulis sempat menemukan sekelompok pemuda yang sangat akrab dengan Al Qur’an, seakan-akan Al-Quran adalah bagian dari dirinya. Di saku baju atau di tas mereka akan selalu ditemui sebuah Al-Quran kecil. Mereka juga adalah pemuda yang sangat akrab dengan Masjid. Pada saat shubuh mereka hadir di masjid dan di waktu petang mereka telah ada kembali di masjid, di samping kehidupan mereka sebagai mahasiswa.

Yang sangat berkesan bagi penulis adalah bagaimana mereka mencuri waktu untuk dapat menghafal Al Quran atau membaca Al Quran. Ada di antaranya yang mencuri waktu di sela sela waktu stop lampu merah (ampel/traffick light sedang merah ) membuka Al Quran di sakunya untuk sekedar melihat beberapa ayat Al Quran, ketika sedang mengendarai motor.

Ada juga yang mengambil waktu luang ketika mereka sedang berada di kendaraan umum untuk menghafal Al Quran. Agar tidak diketahui ia sedang membaca Al Quran oleh orang sekitarnya, Al Quran tersebut dibungkus dengan sampul buku biasa. Seakan akan orang mengira ia sedang membaca buku. Mereka lakukan untuk menjaga keikhlasannya.

Ada juga yang membawa kaset murrotal Al Quran mendengarkan di waktu luang/free, orang lain mengira ia sedang mendengarkan musik biasa. (Mungkin disaat sekarang dapat digunakan usb MP3 yang lebih praktis)

Dan yang lebih menarik ada yang memfotokopi Al Quran pada halaman tertentu, kemudian dibawa dan agar lebih praktis dengan mudah dihafal seperti note. Subhanallah…..

Adalah sesuatu yang sulit dibayangkan jika pada masa sekarang, di mana kehidupan semakin keras dirasakan, masih ada orang yang melakukan hal demikian, menghidupkan Al Quran. Setidaknya hal tersebut memberikan inspirasi bagi kita untuk lebih akrab dengan Al Quran.

Mimpi orang orang demikian untuk menjadi seorang hafidz Quran bukanlah omong kosong. Jika mereka adalah pemuda yang berumur 20 tahun, maka perlahan tapi istiqomah, ketika ia menjadi seorang ayah berumur 40 tahun, sangat mungkin baginya menjadi seorang penghafal Al Quran. Ia akan mendidik anaknya menjadi seorang hafidz Quran juga. Andaikan mereka adalah seorang yang berumur 40 tahun maka perlahan tapi tetap istiqomah, di waktu ia menjadi seorang tua  berumur 60 tahun ,dirinya sudah siap menghadap Alloh sebagai seorang hafidz Qur’an.Ia akan siap mendidik cucunya menjadi seorang Hafidz Quran.

Rasulullah bersabda bahwa pada hari akhir kelak, orang tua para penghafal Al Quran tersebut akan memperoleh penghargaan besar, yaitu akan mendapatkan sebuah mahkota cahaya.

”Barangsiapa yang membaca al-Qur’an dan mengamalkannya maka akan dipakaikan kepada kedua orang tuanya mahkota yang sinarnya lebih terang daripada sinar matahari di dunia pada hari kiamat nanti, kalaulah sekiranya ada bersama kalian, maka apa perkiraan kalian tentang orang yang mengamalkannya (al-Qur’an)?”

(HR. Ahmad, Abu Daud, Al-Baihaqi, dan Al-Hakim)

Tentu kita juga tergiur untuk memberikan Hadiah bagi orang tua kita, sebuah hadiah berupa penghargaan dari Alloh SWT. Terlebih jika orang tua kita telah pergi,untuk mengobati kerinduan kita kepadanya kelak di hari Akhir akan kita berikan berita bahagia bagi mereka bahwa anaknya adalah seorang hafidz Quran. Memang benar pendapat bahwa menghafal Al-Qur’an tidak mudah, tapi setidaknya ada yang bisa kita persembahkan kelak, sesuatu yang berat dan diperlukan kesabaran, sesuatu yang indah sebelum Menghadap kepada Nya dan mempersiapkan mahkota cahaya untuk Bapak dan Ibu kita,….Menjadi Penghafal Al Quran, Hafidz Qur’an.

“Ya Alloh, tuntun diri kami ke jalan yang lurus sebagaimana jalan orang orang yang Engkau beri petunjuk ”

Aamiin..

= = = =

Mungkinkah kita menjadi penghafal al-Qur’an?

Insya Allah…

-Man jadda wajada.. Barangsiapa yang bersungguh-sungguh, ia akan mendapatkan.

-Where there is a will, there is a way..  Di mana ada kemauan, di situ ada jalan.

-Inna ma’al ‘usri yusroo.. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.

-Walaqod yasssarnal qur’aana lidz-dzikri fahal min muddakkir.. Sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk dihafal, adakah yang mau menghafalnya?

-Dengan doa, keyakinan, kesungguhan, dan kesabaran, sesuatu yang nampaknya tidak mungkin bisa menjadi mungkin. bi idznillaah.. Allaahu Akbar!!

= = = =

NB:

Insya Allah blog ini akan ana off-kan beberapa waktu lagi karena akan memfokuskan diri pada bulan Ramadhan agar lebih baik dari Ramadhan tahun sebelumnya. Semoga masih ada umur bagi kita semua untuk menambah dan memanen kebaikan dan Ridho Allah di masa datang. Semoga dengan makin bertambah hari..  semakin baik ibadah kita kepada-Nya dan makin mendalam cinta kita kepada-Nya. Aamiin..

8 Tanggapan to "Menjadi Hafidz Qur’an, Mungkinkah?"

Selamat menyambut Ramadhan AlMubarak ya anti. Semoga mendapat keberkahan di bulan Rahmat ini. Terima kasih dengan cerita-cerita yang baik begini.

Ya, sama2. Semoga sahabat2 pun bisa merasakan nikmat dan indahnya ibadah di bulan Ramadhan ini. Aamiin..

Mbak mungkinkah hafal dalam 1 hari 1 lembar?? Saya pernah hafalin 1 halaman sehari aja rasanyaa pol polan gimanaa gituu :)), kasih tips mbak biar g bosenn gitu pas ngafalin..
Padahal pingiiin banget hadiahi mahkota tuk kedua orang tua,,

Dengan doa, keyakinan, kesungguhan, dan kesabaran maka sesuatu yang nampaknya tidak mungkin akan menjadi mungkin,, bi idznillaah.. Ana sudah membuktikannya ukh.. Insya Allah ukhti pun bisa. Allaahu Musta’an.

yang saya impi-impikan sejak kecil semoga tercapai,,,mohon do’anya…

mohon doanya juga.. mudah2n tetap istiqomah..

Aamiin.. agar bisa istiqomah, sebaiknya jangan menghafal sendiri. carilah teman yang sama2 mau menghafal atau orang yang lebih banyak hafalannya, untuk tempat setor hafalan.. lebih baik lagi kalau setor ke seorang hafidz..

saudara2 bantu do’anya agar saya bisa cepat menghafal al-qur;an dengan lancar dan dgn murottal yang baik, mudah2an tidak ada hambatan ketika kuliah nanti utk tetap menghafal dan menjaganya, Aamiin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,205 hits
%d blogger menyukai ini: