Learn to Be A True Muslimah

Belajar dan Mengajar di Jawa Timur

Posted on: 22 Agustus 2012

Bismillah..

“Ke Jawa timur?”, tanyaku dalam hati. Ini seperti dalam mimpi saja. Karena tidak pernah terpikirkan olehku bahwa aku akan ke Jawa Timur untuk kedua kalinya.

“Ko bisa ke sana, ukh?”, tanya sahabatku.

“Mudir pondok datang ke mahad, mencari guru tahfidz lalu ustadzah menawarkan pada murid2nya yang sudah khatam 30 juz,” jawabku.

Awalnya kami semua yang ditawari ustadzah tidak ada yang menerima karena Jawa Timur itu jauh. Tapi, entah kenapa tiba2 suatu saat timbul keinginan kuat dari hatiku untuk datang ke sana. Alasannya, karena di sana tempatnya sangat sejuk, sehingga sangat kondusif untuk menghafal. Selain itu, di sana juga ada pondok tahfidz dan kami diberi kesempatan untuk muraja’ah di pondok itu. Aku berharap, nanti bisa bertemu dengan hafidzah yang mahir dalam ilmu tahsin dan tajwid di sana.. Alhamdulillah, inilah kesempatanku untuk belajar dan mengajarkan al-Qur’an..

Pertama kali pergi ke Jawa Timur adalah saat aku masih kecil, mungkin usiaku saat itu masih 5 tahun. Karena jauhnya perjalanan, aku mengantuk hingga akhirnya tertidur di atas pangkuan nenek. Saat itu aku berkata dalam hati, “Ternyata Jawa Timur itu jauh sekali, kayaknya setelah ini aku tidak akan ke Jawa Timur lagi..  soalnya jauuh bangeet..”

Dua bulan yang lalu aku ke Jawa Timur untuk menghadiri Wisuda anak2 SMP di kota Batu, SMP Al-Izzah Boarding School, sekolah sekaligus pondok pesantren. Mungkin kalau di Solo seperti pondok pesantren modern As-Salam.  Selain menghadiri wisuda akhir tahun, aku juga diminta untuk mengikuti acara Program Kerja Tahunan para guru2 di sekolah itu. Memang aku diminta untuk mengajar di sana, terutama mengajar tahfidz qur’an karena di sana juga ada kelas takhasus yang menitikberatkan pada program hafalan qur’an.

WISUDA AKHIR TAHUN

Acara wisuda akhir tahun itu sangat meriah, kalau tidak salah dilaksanakan di lantai 4 sebuah gedung. Sebagian besar panitia dari acara ini adalah anak2 SMP itu sendiri dibimbing oleh para guru. Ada banyak pertunjukan menarik di sana dan yang lebih menarik adalah presenternya menggunakan bahasa Arab dan Inggris. Memang sekolah ini merupakan sekolah yang dirancang untuk menjadi sekolah internasional. Jadi, penguasaan bahasa asing adalah salah satu kemampuan yang ditekankan.

PROKER TAHUNAN

Dalam acara ini disajikan hasil kerja dalam setahun lalu, evaluasi kerja, dan program kerja yang akan dilaksanakan setahun ke depan. Di sana juga ada target2 yang diusahakan bisa teraih, termasuk prediksi prestasi apa saja yang akan diraih murid2 pada tahun depan. Ada hal baru dalam rapat ini, yaitu dirapatkan juga kira2 perkembangan apa yang bisa diraih tiap anak di tahun depan. Jadi, perhatiannya sampai pada taraf individu, tidak hanya murid secara umum.

GURU FISIKA DAN GURU AGAMA

Insya Allah dalam waktu dekat aku akan ke Jawa Timur lagi, diantar ayah. Sebenarnya aku berusaha menutup identitasku bahwa aku adalah seorang sarjana lulusan fisika. Hal ini ada alasannya, agar aku bisa konsentrasi untuk memantapkan hafalanku tanpa terbagi ke bidang lain, jadi khusus ngajar tahfidz saja. Aku ingin masuk pondok tahfidz lagi di sana yang diasuh oleh Ustadzah Kautsar, istri dari Ustadz Sufyan (salah satu pemilik sanad al-qur’an tertinggi di dunia saat ini).

Namun, akhirnya ketahuan juga oleh para petinggi di sana bahwa aku jurusannya Fisika dan pernah mengajar Fisika di sebuah sekolah ternama. Akhirnya, aku diminta untuk mengajar di Kelas Eksplorasi Fisika.. Mungkin inilah takdirku.. Memang aku dulu pernah meminta pada Allah agar mendapatkan keduanya, belajar ilmu agama dan ilmu umum secara bersamaan.. dan dapat mengembangkan keduanya bersamaan pula..

SEJARAH ISLAM

Selain mengajar tahfidz dan fisika, aku juga diminta untuk mengajar salah satu pelajaran agama, yaitu Pelajaran Sirah (Sejarah Islam). Memang, untuk orang yang menghafal al-Qur’an, selain belajar tafsir sebaiknya juga belajar tentang sejarah umat Islam zaman dulu. Misalnya,

jika menceritakan tentang kisah Ammar bin Yasir, maka dibacakan Surat An-Nahl

jika membacakan kisah Abu Lahab, maka dibacakan Surat Al-Lahab,

jika menceritakan kisah Umar maka dibacakan Surat Thaha,

jika menceritakan kisah Perang Badar dan Perang Uhud maka dibacakan Surat Ali-Imran dan Surat Al-Anfal,

jika menceritakan tentang Perang Tabuk, maka dibacakan Surat At-Taubah,

jika menceritakan tentang Perang Khandaq, maka dibacakan Surat Al-Ahzab,

jika menceritakan tentang Hijrahnya Nabi Muhammad Saw, maka dibacakan Surat Al-Qashas,

jika menceritakan tentang Kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Bilqis, maka dibacakan Surat An-Naml,

jika menceritakan tentang Kisah Nabi Yunus dan doanya yang mustajab, maka dibacakan Surat Al-Anbiya’

jika menceritakan tentang isi dari surat kenegaraan yang dikirim Nabi ke negara2 lain seperti negara Habsyi, Persia, dan Romawi, maka dibacakan Surat Ali-Imron

jika menceritakan tentang umat2 terdahulu ( kaum Nabi Nuh, kaum ‘Ad, kaum Tsamud,  kaum Nabi Syu’aib) dan jenis hukuman/adzab yang ditimpakan maka dibacakan Surat Hud..
dst.

Ana pernah membaca artikel yang berisi pertanyaan: Mengapa orang2 Barat takut dengan pendidikan Islam saat ini? karena sekarang anak2 diajarkan al-Qur’an dan Sejarah Islam yang benar..

8 Tanggapan to "Belajar dan Mengajar di Jawa Timur"

Barakallahufiiki ya ukhti….🙂

ditunggu tulisannya yang lain mbak, menginspirasi ^^

nunggu ada waktu yg luang, tapi judul2 dan isinya dah ana siapkan.

mbak di ma’had almanar berapa orang yang mondok disana? brati mbak udah g di ma’had almanar lagi?

yg aktif sekitar 30 orang dg 2 ustadzah. ana mau ke mahad lagi sekitar 4 bulan lagi atau 1 tahun lagi, pas liburan, insya Allah..

Mantab!! semoga suatu saat bisa bertemu ama mbak niken ya :))

Wih makasih infonya menarik gan, seru😀

Ayo gabung dan berpatisipasi di Kompetisi Cerdas Cermat Online se-Jawa Timur seri yang ke-2. Gratis!! Hadiah menarik dan jutaan rupiah serta Tablet PC, buruan ikut !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,205 hits
%d blogger menyukai ini: