Learn to Be A True Muslimah

Keuntungan Menyimak Hafalan Santri

Posted on: 21 Oktober 2012

Bismillah..

 

Alhamdulillah, saya bisa merasakan kalau menyimak hafalan santri itu benar2 bisa menambah kuatnya hafalan. Padahal, dulu saya kira kalau sudah khatam trus jadi guru tahfidz, hafalannya akan luntur karena waktu untuk muraja’ah berkurang.

 

Awalnya saya tidak menyadari, tapi setelah beberapa lama akhirnya terasa juga. Alhamdulillah, saya bisa mengetahui dan membenarkan hafalan santri tanpa melihat mushaf, misalnya:

-bisa mengetahui kalau ada yang salah panjang pendeknya, contoh: ada santri yang membaca ‘jannatin’, padahal seharusnya ‘jannaatin’ (lihat surat al-muddatstsir)

kurang satu huruf, contoh: ada santri yang membaca ‘yuqootiluu’, padahal seharusnya ‘yuqootiluuna’ (kurang huruf nun berharakat fat-hah) (lihat surat al-muzzammil)

kelebihan satu huruf, misalnya: ada santri yang membaca ‘wa-innahuu’, padahal yang benar adalah ‘wa-innaa’ (lihat surat al-Haqqoh)

salah huruf, contoh: ada santri yang membaca ‘washbir’, padahal yang benar adalah ‘fasbir’ (menggunakan huruf fa’, bukan wawu) (bandingkan surat almuddatstsir dan al-muzzammil)

salah harakat, contoh: yaumi-idzin dibaca yauma-idzin (lihat surat al-Ma’arij)

Hanya saja ini baru bisa saya lakukan di juz 29 dan 30.. karena baru juz itu yang hampir semua santri sudah setorkan ke saya..🙂

 

Ada sedikit cerita. Suatu saat saya menyimak bacaan santri surat al-Ma’arij. terdapat kesalahan pada harakatnya. Santri membaca:

“Minallaaha..”, saya menggelengkan kepala sebagai isyarat bahwa bacaannya salah. Santri tersebut tetap saja membaca seperti bacaannya yang awal meskipun sudah dibenarkan. Akhirnya saya minta mushafnya untuk dicek. Ternyata ada kesalahan cetak di mushafnya..!?

 

Oh ya, setelah sedikit saya pelajari, ada syarat yang harus dipenuhi agar aktivitas menyimak itu bisa meguatkan hafalan, yaitu:

– kita menyimak dengan penuh perhatian

– suara santri terdengar dengan baik/jelas oleh telinga kita

dan yang perlu diingat, semua ini adalah karena pertolongan Allah.

Tinggalkan Balasan

Arsip

Statistik Blog

  • 513,205 hits
