Learn to Be A True Muslimah

Metode Tahfidzul Qur’an di Al-Izzah

Posted on: 21 Oktober 2012

Bismillah..

 

Target hafalan quran di semester 1 ini minimal 3,5 juz yaitu juz 30, juz 29, juz 1 dan setengah juz 2. Metode tahfidzul qur’an yang kami terapkan di sekolah Al-Izzah, terutama kelas 7 takhasus, antara lain:

 

METODE UMUM

Ada 3 kegiatan utama, yaitu

 

1/. ZIYADAH

satu hari menghafal 1 halaman. Santri boleh menyetor langsung 1 halaman, atau satu halaman dibagi 3, baru kemudian disetorkan:

-1/3 halaman ke-1 disetorkan setelah shubuh

-1/3 halaman ke-2disetorkan setelah ashar

-1/3 halaman ke-3 disetorkan setelah maghrib

 

2/. MURAJA’AH

Juz yang dihafal dimulai dari juz 30, juz 29 lalu juz 1, juz 2 dst. Untuk juz 30, banyak santri yang sudah hafal. Untuk manajeman waktu agar semua santri bisa maju maka santri boleh setor maksimal 1/4 juz. Muraja’ah juz 30 dilaksanakan setiap akan sholat dhuhur (Senin-Jum’at) dan setelah sholat maghrib (Sabtu) bersama-sama di masjid.

Untuk juz 29, jika seorang santri sudah menyetorkan sebuah surat, maka syarat diperbolehkan menambah hafalan surat berikutnya adalah harus mampu membaca surat yang baru saja dihafal tadi secara utuh dari awal sampai akhir. Karena biasanya mereka setornya tiap 5 ayat atau tiap 10 ayat untuk sekali pertemuan. Artinya, untuk bisa ziyadah surat berikutnya, santri harus muraja’ah dulu hafalan yang baru saja dihafal. Selain itu, muraja’ah juz 29 dilaksanakan pada hari kamis siang secara berkelompok. Beberapa santri maju untuk membaca 1 atau 2 surat secara bergantian, disaksikan oleh teman2nya.

Untuk juz 1, muraja’ahnya adalah 1-2 halaman sebelumnya. Misal: seorang santri setor halaman ke 7, maka muraja’ahnya halaman ke 6 dan ke-5. Kadang sistemnya saya ubah: ziyaadah 1 halaman diselesaikan waktu ashar sehingga maghrib khusus utk muraja’ah seluruh ayat yang sudah dimiliki di juz 1, ditambah qiro’ah (membaca alqur’an) dimulai dari ayat yang belum dihafal hingga akhir dari juz 1 (surat al-Baqarah ayat 141)

 

3/. QIRO’AH (membaca Al-Qur’an)

Qiro’ah ini diperuntukkan bagi santri yang muraja’ahnya kurang lancar dan masih perlu  banyak dibenarkan. Karena memang secara umum menambah hafalan beberapa ayat itu lebih mudah daripada muraja’ah satu surat yang terdiri dari berpuluh-puluh ayat.

 

METODE PENILAIAN

Penilaian yang dilakukan bukan hanya kualitatif (kelancaran hafalan), tapi juga kuantitas hafalan.

 

Penilaian kelancaran hafalan:

-Nilai 9 : hafalan sempurna, tanpa kesalahan

-Nilai 8 : hafalan lancar, terdapat beberapa kesalahan

-Nilai 7: hafalan terbata-bata, dituntun ustadzah

 

Penilaian capaian hafalan:

-ziyadah 1-5 baris / hari = C

-ziyadah 6-10 baris / hari = B

-ziyadah 11-15 baris  / hari = A

-ziyadah > 15 baris / hari = A +

 

Awalnya, masih ada santri yang masih mendapat nilai C. Namun, karena mereka bisa melihat bagaimana perkembangan tahfidz teman2nya dari hari ke hari di buku perkembangan tahfidz.. alhamdulillah, kemampuan menghafal mereka meningkat sedikit demi sedikit, misalnya yang awalnya:

– 5 baris menjadi 6 baris, 6 baris menjadi 7 baris, dst

– 1/3 halaman (5 baris) menjadi 1/2 halaman (7-8 baris)

– 2/3 halaman (10 baris) menjadi 1 halaman (15 baris)

Akhir2 ini, alhamdulillah tidak ada satu pun yang mendapatkan nilai C, nilai B hanya 1 atau 2 orang, sisanya semua mendapatkan A atau A+.  Bahkan, ada santri yang mendapatkan nilai A++ (ziyadah lebih dari 2 halaman / hari) dan A+++ (ziyadah lebih dari 3 halaman / hari).

Untuk capaian hafalan, alhamdulillah selama 6 pekan ini capaian hafalan santri yang terendah sudah sampai surat Al-Haqqoh di juz 29 (khatam 1 juz) dan capaian maksimalnya sudah sampai surat Al-Baqoroh di juz 3 (khatam 4 juz).

2 Tanggapan to "Metode Tahfidzul Qur’an di Al-Izzah"

Al Izzah di mana, ukhti?

di kota Batu, search aja insya Allah ketemu website dan alamatnya..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,205 hits
%d blogger menyukai ini: