Learn to Be A True Muslimah

Festival Remaja Sholihah

Posted on: 22 November 2012

Alhamdulillah, menjelang bulan Muharram 1434 H, sekolah mengadakan acara lomba untuk para santri SMP dan SMA. Acara ini diberi nama FRESH (Festival Remaja Sholihah), dilaksanakan dari hari Rabu sore – Sabtu malam tanggal 14-17 November 2012.

Lomba-lomba yang diadakan antara lain:

1. Tahfidzul qur’an

Juz yang dilombakan adalah juz 30 dan 29. Menggunakan sistem gugur: begitu sekali diberi pertanyaan tidak bisa menjawab, langsung gugur/tidak ikut lomba lagi

2. Hafalan Hadits

Materi yang dilombakan adalah hadits2 terpilih yang diambil dari Kitab Arba’in. Peserta lomba diminta menyebutkan matan hadits dan maknanya.

3. Tartil qur’an

Membaca Al-Qur’an dengan tartil/perlahan-lahan dan memperhatikan hukum tajwidnya. Para peserta diminta untuk memilih sendiri surat atau ayat mana yang akan dibaca.

4. Tebak Mufrodat

Sekali bertanding ada 3 kelompok yang maju, tiap kelompok terdiri dari 2 orang. Mereka diminta untuk mencocokkan antara gambar dengan mufrodat (kosa kata bahasa arab) yang sesuai lalu ditempelkan di styrofoam. Tulisan mufrodat dan gambarnya diletakkan di tempat yang berbeda sehingga selain adu kecerdasan bahasa, juga adu kecepatan dan ketangkasan (karena harus lari-lari..πŸ™‚ dari wadah gambar ke wadah mufrodat lalu ditempelkan).

5. Tebak Tokoh

Tujuan lomba ini adalah agar para santriwati bisa lebih mengenal, mengagumi, dan meneladani para sahabat dan shahabiyah nabi serta para cendekiawan muslim. Contoh soal babak penyisihan (sistem gugur):

Siapakah aku? Aku adalah seorang sahabat. Aku dikenal sebagai orang yang sangat mirip dengan Rasulullah.

Siapakah aku? Aku adalah seorang ilmuwan muslim dalam bidang Matematika. Aku menemukan teori Aljabar.

Untuk babak final, ada 3 kelompok yang maju, adu cepat dengan menekan saklar sehingga lampu indikator menyala. Jika jawaban benar, mendapat nilai 100. Jika jawabannya salah, nilainya dikurangi 50.

6. Cerdas Cermat

Babak penyisihan mengerjakan 25 soal dalam waktu 15 menit. Babak semifinal diberi pertanyaan, siitem soal lemparan. Babak final: sistem adu cepat dengan saklar yang dihubungkan dengan lampu.

7. Speiza Voice

Sekelompok santri berbaris lalu menyanyikan nasyid sambil bergerak dengan ritme yang teratur dan indah. Biasanya Speiza Voice juga ditampilkan sebagai acara hiburan dalam rangkat penyambutan tamu ketika acara2 penting atau wisuda kelulusan.

8. Puisisasi

Semacam drama yang dialognya berupa lagu, untuk gambarannya, seperti film ipin dan upin tentang cerita penggembala yang suka berbohong. Pemenang Speiza Voice adalah dari angkatan kelas 7, dengan judul “Ibu”

9. Tari Saman

Tari Saman sebagian besar geraknya dilakukan dengan duduk berbaris rapi sambil menggerakkan tangan. Letak keindahannya adalah ketika gerakan itu dilakukan bersamaan, terlihat kompak dan teratur. Tari yang santun dan menghibur.

10. Senam

Lomba senam bertujuan agar para santri bisa berkreasi membuat gerakan senam yang menyehatkan dan sesuai untuk muslimah. Senam yang baik terdiri dari pemanasan, inti dan pendinginan.

11. Syar’i Fashion Show (Parade Busana Muslimah)

Lomba ini bertujuan agar para santri tahu bagaimana berbusana muslimah yang syar’i ketika melakukan berbagai aktivitas. Busana yang dilombakan adalah busana kerja, busana belanja, busana pesta, busana olahraga, dan busana pengantin..πŸ™‚

12. Hujrotiy Jannatiy (Kamarku Surgaku = kamar terbersih)

Ini adalah lomba antar kamar di seluruh asrama SMP dan SMA. Yang dinilai adalah kebersihan, kerapian, estetika dari 3 ruangan, yaitu ruang utama, kamar mandi, dan tempat jemuran. Beberapa indikasi kamar yang bersih antara lain:

-Lantai bersih dan sudah dipel, tidak ada debu atau barang2 tidak semestinya di atas lantai.

-Ruangan bau wangi, tidak ada bau yang tidak sedap, termasuk di kamar mandi.

-Jemuran disusun rapi. Semua detergen, pewangi, dan ember, dan sandal ditata dengan rapi.

Saya menemani juri ketika menilai. Kamar yang bersih benar2 mengkilat lantainya (sehingga bisa utk bercermin..πŸ™‚ ), pakaian di dalam lemari sangat rapi, tidak ada debu, tidak berbau, tidak ada serangga, tidak ada air menggenang, dan pakaian yang dijemur disusun rapi seperti pakaian yang disusun di toko2 baju. Hmm.. Masya Allah.. Kamarku benar2 surgaku..πŸ™‚

13. Drama Siroh

Para santri menampilkan drama dengan cerita yang diambil dari sejarah orang-orang shalih zaman dahulu, yaitu:

-Kisah Bilal bin Rabbah yang disiksa tuannya

-Kisah Hamzah dan Hindun

-Kisah Umar dan Gadis Penjual Susu yang Jujur sehingga dari garis keturunannya lahir seorang yang shalih, Umar bin Abdul ‘Aziz

-Kisah Pemuda hafal qura-‘an yang bermimpi di surga dan bertemu dengan bidadari ‘Ainul Mardhiyah

====

Alhamdulillah, banyak pelajaran berharga yang diperoleh dari kegiatan ini.. Learn to be a True Muslimah..πŸ™‚

2 Tanggapan to "Festival Remaja Sholihah"

assalamualaikum ustadzah, saya tiba-tiba nemu blog ustadzah saat search tentang FRESH di UM, ternyata yang keluar malah yang di Al-IzzahπŸ™‚ Saya alumni sana ustadzah, angkatan ke 4, baru lulus kemarin, adik saya di sana kelas 8. Seneng aja gitu nemu blog ternyata isinya tentang Al-Izzah. Mungkin Ustadzah masuk setelah angkatan saya ya, hehe. Syukron Ustadzah atas info di blog nya, wassalamualaikum.

wa’alaikumus salam wr wb. Iyaa.. benar sekali.. saya datang lho pas acara wisuda amgkatan ke 4 nya adek..πŸ™‚ itu pertama kali saya datang ke al-izzah..πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,205 hits
%d blogger menyukai ini: