Learn to Be A True Muslimah

Konduktor, Kenapa Tidak Nyetrum?

Posted on: 24 November 2012

Bismillah..

Alhamdulillah, ada sebuah pertanyaan menarik yang ingin saya ‘abadikan’ di blog ini. Saya sangat menyukai fisika dari hati saya yang sangat dalam sebagaimana saya sangat mencintai bahasa Arab. Semoga suatu saat nanti saya bisa bertemu dengan para ahli fisika di universitas2 ternama tingkat dunia. (hmm, kapan ya?)

Apa pertanyaannya?

Begini pertanyaannya: kenapa colokan pada charger hp yang dihubungkan dengan hp itu, tidak membuat kita kesetrum ketika dipegang dengan tangan? bukankah itu logam yang bersifat konduktor?

Jawabannya:

Itu karena tegangan tinggi AC sebesar 220 V sudah diubah ke tegangan  DC sebesar 5 V pada charger hp tersebut dan  tegangan DC 5 Volt tidak berefek ke tubuh kita. Isi charger hp tersebut adalah adapter yang terdiri dari transformator dan penyearah arus.

Jawaban singkat di atas mudah kita pahami, bukan?

Tinggalkan Balasan

Arsip

Statistik Blog

  • 513,001 hits
