Learn to Be A True Muslimah

Suara Berisik pada Radio, Mengapa?

Posted on: 26 November 2012

bismillah.. 

Pertanyaan Fisika:

Mengapa radio itu kalau dipindah salurannya timbul suara berisik?

Ketika didekati oleh manusia, suara berisik itu berkurang. Lalu jika radionya dipegang dengan tangan, suara yang keluar dari radio itu menjadi lebih jernih dan tidak terdengar suara berisiknya lagi.

 

Jawabannya:

Ketika kita memindahkan saluran radio, proses itu disebut  tuning yaitu meyesuaikan antara  frekuensi yang dikirim dengan frekuensi yang  diterima. Suara terdengar dengan jelas apabila frekuensi tersebut sama.

Suara berisik sebenarnya  adalah noise yang dibawa pada frekuensi yang lain. Ketika  posisi frekuensi yang diinginkan tidak tepat, maka nilainya bisa saja menjadi tepat secara random ketika tangan kita memegang antena radio karena nilai impedance tersebut menjadi berubah ketika tersentuh.

Begitu pula ketika tubuh kita mendekat, yang menyebabkan terjadinya perubahan refleksion pada antenna.  Tubuh kita selain bersifat refleksion juga bersifat absorbsion terhadap gelombang elektromagnetik khususnya gelombang rf dan microwave.

Karena itulah kadangkala gelombang microwave digunakan untuk kesehatan misalnya mendeteksi bagian dalam tubuh yang disebut tomografi ataupun untuk radar, mendeteksi posisi seseorang yang disebut localization di suatu ruangan atau dibalik dinding sekalipun.

Selain itu dengan mengubah posisi antenna atau radio maka suara akan terdengar lebih jelas, karena energi yang diterima antena lebih banyak.

Tuning artinya mengubah nilai impedance ( L, inductance dan C, capasitance) pada antena  tersebut, misalnya dengan memutar lingkaran kecil di radio, agar frekuensinya bernilai tepat seperti digambarkan pada rumus:

  2.pi.fr = 1/(L.C)^0.5

fr = resonans frequency, L dan C adalah inductance dan capasitance

Tuning juga disebut dengan ” proses impedance matching ” pada antena, artinya  meyesuaikan nilai impedance pada antena agar dapat menerima sinyal pada frekuensi resonansnya.

Ilmu ini ( Elektro Magnetik ) sudah Allah siratkan dalam surat An Nur untuk dipelajari hanya kita tidak menyadari  untuk mempelajari lebih dalam. Cahaya hanyalah bagian kecil dari Gelombang Elektromagnetik.Wallahu A’lam bish Shawab.

1 Response to "Suara Berisik pada Radio, Mengapa?"

assalamualaikum kak niken, bgmn halnya dgn radio online? apakah berlaku jg atau gimana ?

kak niken… bisa diberi tips2 saat kakak dulu menyetorkan hafalan waktu di ma’had tahfidz, biar bisa lancar dan tidak macet2 di hadapan ustadzahnya..

syukron..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Statistik Blog

  • 513,001 hits
%d blogger menyukai ini: