Learn to Be A True Muslimah

Sanad Al-Qur’an Tertinggi di Dunia

Posted on: 1 Juni 2011

Bismillah..

Hari ini ana search bentar di internet tentang sanad alqur’an. Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa sanad al-qur’an tertinggi di dunia saat ini adalah sanad ke 28, yaitu Syeikh Bakri At Tharabiisyi di Syria.. Artikel ini menyebutkan bahwa ada orang Indonesia yang mendapatkan sanad ke-31 hanya dengan menyetorkan hafalannya dalam waktu sekitar satu bulan. Beliau usianya selisih satu tahun dengan ana, adik sahabat ana  ketika di SMA dulu. Berikut artikelnya:

= = = = =

Sanad merupakan salah satu kelebihan umat ini, demikian dikatakan oleh seorang ulama bernama Abu Ali Al Jiyyaaniy. Berangkat dari kecintaan yang mendalam pada Al Quran, Faris Jihady Hanifa yang juga putra kedua dari Ustadz Mutammimul Ula, SH ini berhasil meraih sertifikat Sanad Syathibyah dalam bacaan (qira-ah) Hafhs dari Aashim. Tidak lebih dari tiga bulan setelah dikurangi dengan berbagai waktu jeda, ujian, libur semester, sakit dan lain-lainnya, sehingga kalau diakumulasi secara total, tidak lebih dari satu bulan ia selesai menuntaskan setoran hafalannya di hadapan Syeikh Hasan Awaajiy, di sebuah masjid mungil di bilangan Kompleks Perumahan Dosen King Saud University, Riyadh. Berita gembira ini, terjadi tepatnya pada hari Senin sore menjelang maghrib 23 Rabi-ul Akhir 1432 H lalu. Suasana begitu mengharukan, saat sang Syeikh menyerahkan sertifikat tersebut kepada Akh Faris sembari memberikan taushiyah, kiranya ia bisa menjadi salah seorang penjaga Kitabullah di tanah Nusantara.

Perlu diketahui, bahwa Akh Faris yang tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Tarbiyah di King Saud University ini -yang beberapa hari sebelumnya juga terpilih menjadi ketua Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia cabang Riyadh- menjadi rawi (pemegang sanad) pada urutan ke 31. Syeikh Hasan pada urutan ke 30, dan beliau mendapatkan sanad ini dari dua orang Syeikh yakni Dr. Nabil bin Ismail aalu Ismail di Mekkah (urutan 29) dan dari seorang Syeikh lagi. Dr. Nabil mendapatkan sanad ini dari Syeikh Bakri At Tharabiisyi di Syria (urutan 28), yang pada saat ini adalah pemegang sanad tertinggi di dunia (sanad terdekat dengan Rasulullah).

Dalam beberapa hari ke depan, Akh Faris yang juga salah satu dari 10 Bersaudara Bintang Al Quran (sebuah buku inspiratif tentang kisah nyata sebuah keluarga yang membesarkan anak-anak mereka menjadi hafiz Al Quran dan berprestasi) juga berencana akan mengambil Sanad Thayyibatun Nasyr dalam bacaan (qira-ah) Hafhs dari Aashim. Perbedaan prinsipil dari kedua sanad (thariq) ini adalah dalam hal bacaan maad (panjangnya bacaan), khususnya maad jaa-iz munfashil. Sukses selalu buat Akh Faris, semoga semakin membawa keberkahan untuk sesama khususnya seluruh Bangsa Indonesia. Dan bagi yang belum, semoga bisa meniru dan mengikuti jejaknya sembari berharap semoga Allah memudahkan dan menguatkan tekad kita untuk semakin dekat dan mencintai Al Quran, amiin.

= = = = =

http://www.islamedia.web.id/2011/05/ketika-si-bintang-al-quran-meraih-sanad.html

Ana kapan ya dapat sanad?

Ana juga ingin dapat sanad, karena kalau punya sanad alqur’an, lebih sempurna dan ideal dalam mengajarkan bacaan al-qur’an. Apalagi jika sanadnya tinggi (dekat dengan Rasululah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam). Apalagi penghafal al-qur’an dari kalangan perempuan umumnya jumlahnya lebih sedikit daripada penghafal al-Qur’an dari kalangan laki-laki..

Ya Allah, mudahkanlah.. Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahla, wa Anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahla.. Aamiin

15 Tanggapan to "Sanad Al-Qur’an Tertinggi di Dunia"

afwan untuk mengambil sanad diwilayah jakarta dimana ya?

kalo wilayah solo ada yang tau gak?

Iya, kalau ingin dapat sanad di Solo juga bisa. Kalau putra di ma’had tahfidz Abu Bakar Ash-Shiddiq cabang Masjid ‘Ibadurrahman, dgn ustadz Syafi’ul Anam Al-Hafidz.

ya Allah enaknya,,,
ustad doakan aku segara khatam dengan lancar

tmn saya 15 thn jg dah dpt sanad, antara bliau dgn nabi 29 rijal..

Alhamdulillah, berarti adik memiliki sanad ke-30 ya.. Haadzaa min fadhlillaah.. Semoga suatu saat ana juga bisa.. Aamiin..

Boleh d sebutkan urutan sanadnya?

Semoga lebih banyak lagi pembawa suluh penerang di negeri ini, aamiin..

ana berminat untuk megambil sanad, mohon bantuan ikhwan semuanya utnuk memandu ana yang masih awam, sekarng ana sedang proses menghafal alquran sudah hampir setengahnya, lokasi di bekasi, kalau ada tempat yang pas untuk ana, kalau boleh mungkin ada berkenan untuk memberitahu ana tentang firdaus sanad alquran hafidz di jakarta selatan syukron……

bagi pembaca yang tahu infonya, barangkali bisa membantu saudara kita ini..

iya akhi kalu mau cari sanad diwilayah jakarta itu mana ajah,,,dan apasih fadzilah kalau sudah punya sanad….bayyin ilayya.

Download Murottal Syaikh Dr. Aiman Rosyadi Suwaid Lengkap 30 Juz http://wp.me/p2ARan-Ig

Ana udah lama bangat pengen punya sanad tahsin.apalagi sanad tahsin seperti ustad faris tersebut.masya allah.. ana mau nanya,,
Cara / sistem Pengambilan sanad sama ustad faris itu bagaimana ustad / ustadzh??

yang mengetahui informasinya bisa dishare di blog ini.. tafadhol..

Tinggalkan komentar

Arsip

Statistik Blog

  • 886.872 hits